Meracik ubi jalar dan wortel sebagai pakan bermanfaat untuk kenari

Salah satu cara untuk merawat dan menjaga agar warna bulubulu kenari tetap indah dan tak mudah kusam adalah memberikan pakan alami yang mengandung beta karotene, seperti ubi jalar dan wortel. Untuk menambah wawasan Anda, berikut ini tips meracik ubi jalar dan wortel sebagai pakan bermanfaat untuk burung kenari.

Ubi jalar dan wortel dapat diracik menjadi pakan kaya manfaat untuk burung kenari
Ubi jalar dan wortel dapat diracik menjadi pakan yang bermanfaat untuk burung kenari.

Karotenoid merupakan pigmen organik yang ditemukan dalam kloroplas dan kromoplas tumbuhan serta kelompok organisme lainnya. Zat ini pula yang berperan penting dalam pembentukan warna pada bulu-bulu burung kenari. Makin sering burung mengkonsumsi pakan yang mengandung zat tersebut, makin terjaga pula keindahan warna dan bulunya.

Beta karotene termasuk salah satu jenis karotenoid yang sangat bermanfaat untuk merawat / menjaga warna bulu-bulu kenari agar tetap cerah dan tidak mudah kusam. Zat ini banyak terkandung dalam ubi jalar dan wortel. Bahkan pemberian pakan tersebut secara teratur dapat membantu memulihkan kenari yang kurus / dada nyilet, maupun untuk mempercepat pemulihan burung yang stres.

Tidak hanya diberikan dalam bentuk mentah saja, ubi jalar dan wortel juga dapat diracik menjadi pakan yang kaya nutrisi . Berikut ini tips meracik ubi jalar dan wortel sebagai pakan tambahan yang bermanfaat untuk kenari.

Bahan yang digunakan:

  • 1 buah ubi jalar. Pilihlah ubi yang berwarna oranye lebih tua, karena makin gelap warnanya, makin tinggi pula kandungan beta karotennya.
  • 1 buah wortel.
  • 24 butir kacang pistachio yang telah dikupas kulitnya.

Proses pembuatan:

  • Sebenarnya resep awal pakan racikan ini menggunakan ubi dan wortel mentah. Namun banyak kenari mania yang menganjurkan agar kedua bahan itu sebaiknya direbus dulu agar lebih mudah dicerna oleh burung.
  • Setelah direbus, ubi jalar dikupas kulitnya dan dipotong kecil-kecil.
  • Masukkan potongan ubi jalar dan wortel ke dalam mesin food processor atau blender.
  • Kacang ditumbuk hingga menjadi serbuk, kemudian dicampu bersama bahan-bahan lainnya.
  • Semua bahan diproses agar menjadi pakan yang siap saji.

Pakan racikan ini disajikan dalam cepuk terpisah. Apabila burung kenari teratur mengkonsumsinya setiap beberapa hari sekali, maka warna-warna bulunya menjadi lebih tegas, cerah, dan tidak mudah kusam.

Namun perlu diperhatikan, jangan memberikan pakan racikan ini secara berlebihan, karena bisa membuat burung rentan mengalami kegemukan. Tapi untuk terapi pemulihan kenari yang kurus atau berdada nyilet, pakan racikan ini bisa diberikan setiap hari.

Semoga bermanfaat.

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.




Aplikasi Android omkicau.com gratis

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
SCAN SAJA ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE
BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Jika Anda kesulitan mencari artikel di blog ini, silakan dicari dengan memasukkan kata kunci artikel yang Anda cari, pada kolom kosong yang tertera pada halaman ini.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.