Lima cara mengatasi burung kicauan yang suka mengacak-acak pakan

Perilaku mengacak-acak pakan dapat ditemukan pada hampir semua jenis burung kicauan. Kalau kita membiarkan masalah ini, tentu dapat mengotori sangkar yang digunakannya. Jika sangkar kotor, tentu potensi kehadiran jamur, bakteri, dan parasit sangat tinggi, dan berakibat burung mudah terserang penyakit. Untuk menanganinya, berikut ini lima cara mengatasi burung kicauan yang suka mengacak-acak pakan.

voer burung
Voer, salah satu jenis pakan utama untuk burung kicauan di Indonesia.

Burung yang selalu mengacak-acak pakan dalam cepuk umumnya disebabkan beberapa hal, antara lain kekurangan pakan, jenis pakan tidak cocok, atau kebiasaan pemilik lama yang selalu memasukkan serangga dalam cepuk pakan.

Jika ini tersebut dibiarkan, maka kebiasan buruk itu akan terus berlanjut selama dalam masa perawatannya. Selain itu ceceran pakan akan berserakan di lantai rumah, dan yang tergawat adalah burung rentan mengalami sakit.

Agar sangkar selalu bersih, pakan tidak mubazir, dan burung terhindar dari berbagai penyakit, berikut ini lima cara mengatasi burung kicauan yang sering mengacak-acak pakan.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

1. Ganti cepuk pakannya

Anda bisa mengganti wadah pakan dengan model cepuk yang memiliki pembatas di bagian tepinya: model tertutup, atau cepuk pakan yang memiliki penutup seperti gambar di bawah ini:

Model tempat pakan dengan tutup bisa mengurangi perilaku burung yang mengacak-acak pakannya
Model cepuk pakan dengan tutup bisa mengurangi perilaku burung yang mengacak-acak pakan.

Hal ini dapat membantu mengurangi perilaku burung yang suka mengacak-acak pakannya. Selain membuat pakan tidak mudah berceceran, cepuk pakan dengan model seperti ini mudah diperoleh di pasaran dengan warna-warna yang cantik.

2. Menambah alas / karpet sangkar

Anda juga bisa menambah alas / karpet yang diletakkan di bagian dasar sangkar. Hal ini akan mempermudah kita saat hendak membersihkan kotoran pada sangkar.

Alas yang terbuat dari potongan kertas koran maupun karpet itu dapat menjadi penampung kotoran maupun pakan yang berceceran, sehingga tidak langsung mengotori sangkarnya. Hal tersebut tentu membuat sangkar akan selalu terjaga kebersihannya. Selain itu, cara membersihkannya pun relatih mudah dan cepat.

kotoran-burung
Penggunaan alas koran memudahkan kita saat membersihkan kotoran.

3. Cepuk pakan diletakkan pada posisi lebih tinggi

Solusi lainnya adalah meletakkan cepuk pakan pada posisi yang lebih tinggi daripada biasanya. Cara seperti ini bisa membantu mengurangi perilaku burung yang gemar mengacak-acak pakan. Jika masih saja mengacak-acak pakan, Anda bisa mencoba cara lain dengan meletakkan cepuk pakan pada dasar sangkar.

4. Gunakan sangkar yang sesuai

Di toko perlengkapan burung, Anda bisa menjumpai berbagai jenis dan merek sangkar yang ditawarkan. Salah satu rekomendasi omkicau.com adalah, pilihlah sangkar yang memiliki penampung kotoran lebih lebar atau mempunyai jarak dari dasar jeruji sangkarnya.

Dengan adanya jarak tersebut, maka kotoran dan pakan yang berceceran tidak mudah menumpuk / menggumpal, sehingga lebih mudah dibersihkan. Hal ini tentu tidak dapat ditemukan pada sangkar dengan penampung kotoran yang jaraknya terlalu sempit / mepet dengan permukaan bawah sangkarnya.

5. Jangan berlebihan memberi pakan

Solusi lainnya adalah jangan memberi pakan terlalu berlebihan dalam cepuknya. Salah satu metode terbaik adalah memberikan pakan hanya untuk hari itu saja. Dengan demikian, pakan lebih terjamin kesegaran dan kebersihannya.

Bagaimana caranya? Berikan pakan secukupnya misalnya 1/2 atau 1/3 dari tinggi cepuk. Selain membuat pakan tak mudah berceceran, hal ini juga dapat melatih burung agar tidak terlalu rakus makan sehingga dapat mencegahnya dari kegemukan (obesitas).

Apakah sobat-sobat kicaumania punya pengalaman lain dalam mengatasi burung kicauan yang gemar mengacak-acak pakan? Silakan share di kolom komentar…

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.