Seluk beluk perawatan merbah jambul ketika macet bunyi

Cari Artikel Berdasar Kategori

SEMPATI BIRD SHOP

Meski bukan plasma nutfah Indonesia, burung merbah jambul atau kutilang jambul juga dipelihara oleh sebagian kicaumania di Tanah Air. Mereka biasanya mendapatkannya dari rekan-rekan / saudara yang bekerja di Malaysia, atau melalui agen burung impor. Burung ini memang memiliki wilayah persebaran di kawasan Oriental, yakni mulai dari wilayah utara India hingga Asia Tenggara, namun hanya sampai Thailand, Myanmar, dan Malaysia.

Burung merbah jambul atau kutilang jambul
Burung merbah jambul atau kutilang jambul

Merbah jambul / red-whiskered bulbul (Pycnonotus jocosus) merupakan kerabat dekat burung kutilang yang banyak dijumpai di Indonesia. Itu artinya juga masih berkerabat dekat dengan cucakrowo dan trucukan.

Di Malaysia dan Thailand, merbah jambul sangat digemari sebagai burung kelangenan maupun untuk dilombakan. Sebagaimana burung trucukan, merbah jambul memiliki suara ngerol dengan gaya berkicau yang khas.

Karena minimnya informasi, banyak penggemar mengaku kesulitan dalam menerapkan perawatan merbah jambul, terutama ketika burung mengalami macet bunyi. Sebagai panduan, berikut ini seluk beluk perawatan merbah jambul ketika macet bunyi.

Dalam situasi alami, burung ini jarang sekali berbunyi ketika staminanya menurun, terutama saat mabung dan sakit. Namun ketika tidak sedang mabung atau sakit, merbah jambul juga bisa mengalami macet bunyi, terutama akibat stres, ngedrop mental, dan salah pakan.

Macet bunyi juga dapat terjadi ketika burung menyelesaikan masa mabungnya, khususnya jika perawatan mabung tak diterapkan sebagaimana mestinya. Untuk mencegah munculnya masalah tersebut, maka ketika burung sedang menjalani masa mabungnya, Anda perlu menerapkan beberapa perawatan berikut:

  • Semasa mabung, yaitu ketika burung sedang meluruhkan bulu-bulunya, penjemuran untuk sementara dapat dihentikan, atau minimal durasinya dikurangi.
  • Setelah bulu baru mulai muncul, penjemuran dapat dilakukan lebih rutin.
  • Kurangi pemberian voer dan utamakan pemberian pakan buah-buahan.
  • Sesekali mandikan burung di tengah guyuran hujan. Jika tidak ada hujan, Anda bisa merekayasanya seperti pernah dijelaskan dalam artikel ini.

Untuk mengatasi burung merbah jambul yang macet bunyi karena stres atau suara hilang / serak, maka perawatan yang diberikan adalah sebagai berikut:

Burung stres karena terinfeksi kutu

Macet bunyi pada merbah jambul dapat terjadi akibat bulu-bulunya terinfeksi kutu. Untuk mengatasinya, Anda bisa menerapkan perawatan berikut ini:

  • Mandikan burung secara rutin dengan menggunakan air bekas cucian beras. Namun cara ini bisa berlangsung lebih lama.
  • Cara paling efektif adalah menyemprot burung menggunakan larutan FreshAves.
  • Berikan pula pakan sayuran seperti tomat, mentimun, dan sebagainya.

Macet bunyi akibat suara hilang atau serak

  • Masalah suara hilang / serak pada burung merbah jambul dapat diatasi dengan memberikan air minum yang telah dicelupkan dengan sebatang serai yang telah ditumbuk.

Berikut ini pola rawatan harian burung merbah jambul ketika macet bunyi agar kembali rajin berkicau:

  1. Rutin melakukan pengembunan, disertai pemberian kroto sebanyak 1 sendok teh.
  2. Untuk memancing burung agar berbunyi, Anda dapat memotong cabai menjadi ukuran kecil-kecil, lalu campur bersama voer.
  3. Berikan pisang yang diolesi madu, dengan frekuensi 1-2 kali seminggu.
  4. Berikan buah dan sayuran secara berselang-seling setiap hari.
  5. Berikan mengkudu matang sebagai bentuk terapi macet bunyi.
  6. Memperbanyak mandi dan penjemuran.

Itulah seluk beluk perawatan burung merbah jambul ketika mengalami macet bunyi.

Semoga bermanfaat.

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.

EH, PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

REKOMENDASI OM KICAU:

  1. Promosikan bisnis penangkaran burung, jual beli burung dan segala bisnis terkait hobi burung Anda secara PREMIUM di omkicau.com untuk menjangkau ribuan kicaumania di seluruh Indonesia. Cek caranya di halaman Promo Kicau. Untuk iklan jual beli burung GRATIS, tulis saja di halaman Iklan & Promo Gratis.
  2. Jika ingin bertanya masalah burung atau hal lain terkait hobi burung atau penggunaan produk Om Kicau, sampaikan melalui halaman Curhat/ Tanya Om Kicau & Tim.
  3. Selalu cek update daftar artikel berisi file MP3 audio untuk didownload di link ini (klik saja).




Aplikasi Android omkicau.com gratis

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
SCAN SAJA ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE
BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.