Pengembunan rutin kunci utama perawatan kacer

Cari Artikel Berdasar Kategori

Anda suka kucing? Cek saja...

Sukakucing.com - Blog Referensi Para Pecinta Kucing

Sebagai burung yang memiliki sifat agresif, kacer membutuhkan perhatian ekstra dalam perawatannya, mulai dari pemenuhan kebutuhan nutrisinya (pakan utama dan extra fooding), hingga mandi, jemur, dan pengembunan secara rutin. Pengembunan rutin termasuk kunci utama perawatan kacer agar performanya bisa stabil.

Manfaat pengembunan untuk membuat kacer tetap stabil
Pengembunan bisa membuat penampilan burung kacer tetap stabil.

Bagi burung kicauan, pengembunan adalah proses membiarkan burung untuk menghirup udara bebas pada waktu fajar atau sebelum matahari terbit. Tahapan ini biasa dilakukan kicaumania untuk menjadikan momongannya tetap sehat dan lebih rajin berbunyi. Udara pagi hari yang masih bersih dan segar bisa menjadi salah satu bentuk terapi yang sangat baik untuk menjaga kondisi burung.

Kacer dikenal sebagai burung yang memiliki sifat teritorial dan sangat agresif. Perawatan yang kurang tepat dapat membuat kacer mengalami over birahi dan / atau perubahan karakter. Kalau burung kacer yang kerap dilombakan memiliki birahi dan emosi yang berubah-ubah, pasti penampilannya kurang maksimal di lapangan.

Karena itu, penting sekali menjaga kestabilan birahi dan emosinya, sehingga burung selalu dalam kondisi siap lomba. Selain mengatur pakan tambahan / extra fooding (EF), pengembunan menjadi kunci utama yang dapat membantu menjaga kondisinya tetap stabil.

Lihat pula Manfaat pengembunan untuk burung kicauan

Banyak kicaumania, terutama pemain lomba, yang menjaga kondisi kacernya dengan melakukan pengembunan tiap hari. Bagi mereka, pengembunan menjadi pembuka rawatan hariannya. Setelah matahari terbit, perawatannya pun mulai diterapkan sesuai dengan kebiasaan masing-masing.

Berikut ini beberapa tips pengembunan agar burung kacer selalu dalam kondisi sehat, aktif, dan lebih rajin berbunyi.

  • Keluarkan kacer setiap pagi untuk pengembunan. Selama pengembunan, sangkarnya digantang pda tempat yang mudah terpantau dan akan terkena sinar matahari langsung ketika terbit.
  • Setelah matahari terbit, berikan pakan tambahan (EF) seperti jangkrik dengan porsi sesuai dengan kebiasaan (setelan) selama ini.
  • Selanjutnya, kacer dimandikan dengan cara disemprot hingga basah kuyup, atau boleh juga menggunakan bak / karamba mandi. 
  • Setelah dianginkan sebentar, kacer dijemur di bawah sinar matahari langsung dengan durasi sekitar 1 jam atau disesuaikan dengan kondisi cuaca saat itu.

Semoga bermanfaat.

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.

REKOMENDASI OM KICAU:

  1. Promosikan bisnis penangkaran burung, jual beli burung dan segala bisnis terkait hobi burung Anda secara PREMIUM di omkicau.com untuk menjangkau ribuan kicaumania di seluruh Indonesia. Cek caranya di halaman Promo Kicau. Untuk iklan jual beli burung GRATIS, tulis saja di halaman Iklan & Promo Gratis.
  2. Jika ingin bertanya masalah burung atau hal lain terkait hobi burung atau penggunaan produk Om Kicau, sampaikan melalui halaman Curhat/ Tanya Om Kicau & Tim.
  3. Selalu cek update daftar artikel berisi file MP3 audio untuk didownload di link ini (klik saja).




Aplikasi Android omkicau.com gratis

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
SCAN SAJA ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE
BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.