Kenari Batigol nyaris hattrick, Duta Pakualam pun juara umum Launching Ronggolawe DPC Bantul

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Duta Pakualam dan SR Surabaya tampil sebagai juara umum bird club (BC) serta single fighter (SF) dalam lomba burung berkicau Launching Ronggolawe DPC Bantul di Gantangan KM Cepoko Mulyo, Dukuh Cepokojajar, Desa Sitimulyo, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul, Minggu (12/3).

Launching Ronggolawe DPC Bantul
Launching Ronggolawe DPC Bantul berlangsung meriah, diikuti lebih dari 1.000 peserta.

Kemenangan Duta Pakualam antara lain berkat penampilan apik kenari Batigol andalan H Astono. Turun di semua (4) kelas standar kalitan, Batigol sukses menjuarai dua kelas, serta dua kali runner-up.

Persaingan kelas kenari standar cukup seru, terutama antara Batigol, Green Boy milik Om Anto Gontenk (Omah Gudeg SF), New Prof orbitan Om Yudha (Tani Jaya), dan Oralit kepunyaan Es Teh (Terminator).

Batigol terbaik di kelas utama Ebod Strong, mengungguli New Prof dan Green Boy. Di Kelas Ronggolawe, Batigol mengalahkan Oralit dan Idola besutan Om Arya (Omah Gudeg SF).

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Green Boy kemudian menjuarai Kelas Miltih, sekaligus membalas kekalahannya dari Batigol yang berada di posisi kedua. Juara ketiga kenari Oralit. Batigol dan Green Boy lalu meraih juara 2 dan 3 Kelas Cepoko Mulyo (tidak ada juara 1).

Standar bebas dimainkan dua sesi. Kenari Najun besutan Om Dipas / Herdi (Duta Piala Borobudur) harus berjibaku menghadapi Sultan andalan Om Zujat (Zha Production). Keduanya saling mengalahkan.

Kenari Najun terbaik di Kelas Ronggolawe, unggul atas Sultan dan Bintang Owen milik Om Ronald Owen (Duta Pakualam). Kelas Miltih dimenangi kenari Sultan, disusul Najun dan Sabotase andalan H Dhidots (Duta Pakualam).

Duta Pakualam
Duta Pakualam juara umum bird club (BC).

Persaingan kelas lovebird bahkan lebih memanas. Panitia membuka tujuh sesi lovebird, dua di antaranya lovebird paud. Hampir semua sesi full gantangan. Pemilik dan joki, serta penonton terlihat riuh, sehingga panitia beberapa kali menghentikan lomba sampai suasana kembali kondusif.

Penilaian lovebird dilakukan secara terbuka dengan menggunakan bendera kecil yang sudah diberi poin, sehingga semua peserta dan penonton dapat menyaksikan penilaian secara fairplay.

Launching Ronggolawe DPC Bantul
Penilaian lovebird menggunakan metode bendera kecil dengan poin,

Tujuh sesi lovebird dijuarai burung-burung yang berbeda. Kelas Ebod Strong dan Ronggolawe dimenangi LB Juleha milik Om Dho Dho (Poncoseno) dan Nirmala orbitan Om Sony Bintari (Duta Candi Borobudur).

Poncoseno dan lovebird Juleha
Poncoseno sukses bersama lovebird Juleha (juara 1 Kelas Ebod Strong).

Kelas Miltih A dan B dijuarai lovebird Sakera milik Cak Hasan dan Felisha MKBF milik Om Moxer 5758, keduanya dari Duta Pakualam. Lovebird Gladiator andalan Dewi RBF (Duta Piala Ngayogyokarto) terbaik di Kelas Cepoko Mulyo.

“Sebelumnya, Gladiator menjadi juara dua dalam even BKM (Bantul Kicau Mania) Cup, 5 Maret lalu. Alhamdulilah, sekarang bisa juara pertama dalam persaingan yang sangat ketat,” ujar Mbak Dewi.

Lovebird Gladiator
Mbak Dewi dan Om Rief moncer bersama lovebird Gladiator dan Liquid.

Kacer Kiai Kanjeng kembali tampil memikat. Gaco andalan Om Ismanto (Jogja Istimewa) ini memborong dua kelas yang dilombakan: Ronggolawe dan Miltih. Posisi kedua pada kedua sesi ini ditempati kacer P Mentaok milik Om Deddy (Jogja) dan The Guardian orbitan Om Luqman LMJ (Gudeg Bromo SF).

Anis merah Densus milik Om Priyanto (Kraton) nyaris double winner. Burung ini menjuarai Kelas Cepoko Mulyo, serta runner-up Kelas Miltih yang dimenangi Galnet 53 milik Om Lindu Sampluk (Jogja).

“Seru melihat persaingan di kelas anis merah. Hampir semua bagus-bagus, dengan gaya teler yang sama-sama mengagumkan. Syukurlah, Densus bisa meraih trofi juara satu dan dua,” tutur Om Priyanto.

Anis merah Densus
Om Priyanto dan anaknya moncer bersama anis merah Densus.

Hal serupa juga dialami murai batu Bisma milik SR Surabaya. Kelas Miltih berhasil dimenanginya, namun harus puas di posisi kedua Kelas Ebod Strong. Kelas utama ini dimenangi MB Pay milik Om Dawis AT dari Pay Drumband. Murai batu Hamer andalan Om Aris Srandakan terbaik di Kelas Ronggolawe.

Murai batu Hamer
Murai batu Hamer terbaik di Kelas Ronggolawe.

Branjangan Gabrus besutan Om Endro SR (Prambanan) tampil paling stabil di kelasnya. Burung ini juara 1 di Kelas Cepoko Mulyo A. Pada sesi berikutnya, Gabrus menempati posisi kedua di bawah branjangan Raja Apung milik Om Micko dari Gambiran.

Sejumlah cendet terbaik di seputaran Jogja juga tampil di sini. Misalnya cendet Lali Jiwo milik Om Yohan Hantu Laut (Duta Pakualam) yang meraih juara 2 Kelas Cepoko Mulyo dan juara 3 Kelas Miltih, kemudian cendet Riddick andalan Om RD Jogja (nyeri juara 3).

Gerobag SF Jogja cukup mendominasi tiga kelas cendet. Tim ini moncer bersama cendet Beatles (juara 1, 5), Mandala (juara 2, 10), Predator (juara 6, 7), Gerhana (juara 7, 8), dan Filusuf (juara 9).

Anis kembang dan cucak jenggot hanya dibuka satu kelas, tetapi suasana persaingan juga tak kalah seru. Anis kembang Kalipare milik Mr Zeen (JPK) dan cucak jenggot Lady Rose andalan Om Yudhi (CJM) tampil sebagai juara pertama.

Anis kembang Kalipare milik Mr Zeen
Anis kembang Kalipare milik Mr Zeen terbaik di kelasnya.
Om Yudhi dan cucak jenggot Lady Rose
Om Yudhi bersama cucak jenggot Lady Rose.

Panitia sebenarnya juga membuka kelas jalak suren dan ciblek. Sayangnya, karena minim peserta, kedua jenis burung itu batal dimainkan. Meski demikian, secara keseluruhan even ini berlangsung ramai, diikuti lebih dari 1.000 peserta.(Galuh Candra)

SR Surabaya
SR Surabaya tampil sebagai juara umum single fighter.

Selanjutnya, baca Daftar Juara Launching Ronggolawe DPC Bantul (klik saja).

Launching Ronggolawe DPC Bantul
Para peserta saat menggantang jagoannya di kelas cendet.
Gantangan KM Cepoko Mulyo
Area Gantangan KM Cepoko Mulyo nyaman bagi para kicaumania.
Launching Ronggolawe DPC Bantul
Cuaca panas tak menyurutkan antusias peserta.
Launching Ronggolawe DPC Bantul
Panitia sedang menulis data juara.
Launching Ronggolawe DPC Bantul
Ruang pengambilan trofi bagi para pemenang.
Launching Ronggolawe DPC Bantul
Juara umum BC dan SF foto bareng usai lomba.
Launching Ronggolawe DPC Bantul
Juri dan panitia Launching Ronggolawe DPC Bantul.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.