Launching Radjawali Indonesia DPC Blora: Duta Piala Nahkoda dan Kebo Hitam SF juara umum

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Duta Piala Nahkoda tampil sebagai juara umum bird club (BC) dalam lomba burung berkicau Launching Radjawali Indonesia (RI) DPC Blora yang berlangsung di Taman Sarbini, Blora, Minggu (14/05). Adapun juara umum single fighter diraih Kebo Hitam SF.

Launching Radjawali Indonesia DPC Blora
Suasana penggantangan lovebird dalam Launching RI DPC Blora, Minggu (14/5).

Acara launching dihadiri ketua RI DPD Jateng /  DIY, Om Jeffry Sebastian, yang juga ketua Mahkamah Organisasi Radjawali Indonesia Pusat. Hadir pula Om Toro Morgan selaku kepala Divisi Juri RI Jateng/ DIY. Juri dan IP yang bertugas merupakan gabungan dari beberapa dari di Jateng dan utusan dari pusat.

Panitia membuka lima kelas (Radjawali, Indonesia, Blora, Mustika, dan Spesial) dengan melombakan 22 sesi. Even berlangsung lancar sejak awal hingga akhir  yang ditandai dengan pembagian aneka doorprize seperti dua ekor kambing dan puluhan hadiah menarik lainnya.

Tampilnya Duta Piala Nahkoda sebagai jura umum BC antara lain berkat penampilan cemerlang murai batu Tarzan orbitan Om Shandy (juara 1), cendet Zulfikar juga milik Om Shandy (1, 2), cucak hijau Hatori koleksi Om Aeng (1) dan Sengkuni besutan Om Felix /  Ari Temon (2, 2), serta lovebird balibu Beat milik Om Ipin (2).

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
Duta Piala Nahkoda juara umum bird club (BC).
Duta Piala Nahkoda juara umum bird club (BC).

Menurut Om Shandy, murai batu Tarzan dan cendet Zulfikar memang sudah disiapkannya untuk tampil dalam even akbar Piala Candi Borobudur di Magelang, Minggu (21/5) mendatang. Jadi, sekalian dijajal di Launching RI DPC Blora.

Om Sandy dan murai batu Tarzan
Om Shandy saat menurunkan murai batu Tarzan dari gantangan.

“Dalam kesempatan ini, saya mengharap kehadiran rekan-rekan kicaumania dalam Piala Nahkoda yang akan berlangsung di Juwana, Pati, tanggal 9 Juli mendatang. Kemasan tiketnya murah, namun hadiahnya mewah dan berlimpah,” tutur Om Udin. mewakili Duta Piala Nahkoda.

Kebo Hitam SF Pati yang dinahkodai Om Mimpi meraih trofi juara umum single fighter, setelah beberapa gaconya moncer di peringkat teratas. Bahkan kacer Noisy Boy meraih double winner. Gaco andalan lain adalah cendet Bazoka (1, 2, 2), murai batu The Brandal (juara 2, 4), dan cucak hijau Bianglala (2).

Kebo Hitam SF
Kebo Hitam SF juara umum single fighter.

Selain kacer Noisy Boy, ada dua burung lainnya yang menyabet doube winner, yaitu kenari Melody milk Om Fajar Bagus (Gendhis SF) dan cucak hijau SJR jagoan Om Mail (Kijing SF).

Pada Kelas Radjawali, cucak hijau SJR mengungguli Sengkuni dan Arjuna orbitan Om Aan (Ancaman SF). Kelas Indonesia juga dimenangi SJR, mengalahkan Bianglala dan Upin-Ipin besutan Om Yudi (Kebab SF).

Kelas Special dimenangi cucak hijau Arjuna milik Om Aan (Ancaman SF), diikuti Sengkuni dan Cabe Rawit orbitan Om Markoni (Blora Raya). Cucak hijau Hatori andalan Om Aeng (Duta Piala Nahkoda) terbaik di Kelas Blora, disusuk Arjuna dan Si-Ngo milik Om Narsandis (NGBC Sale).

Hasil yang diraih cucak hijau SJR membuat Om Mail senang. Apalagi dua pekan lalu, burung ini moncer pula di Latpres SBS BC. “Saya cukup puas melihat kinerja SJR yang ngotot. Baru beberapa bulan di tangan saya, tapi penampilannya selalu memuaskan,” ungkap Om Mail yang datang bersama keluarganya.

Om Mail dan cucak hijau SJR
Om Mail (Kijing SF) moncer bersama cucak hijau SJR.

H Komar, penggerak utama Ancaman SF, mengakui penampilan Arjuna tidak sebagus biasanya. “Kurang maksimal. Tapi saya bersyukur, Arjuna bisa menang di Kelas Spesial yang hadiahnya lumayan,” tuturnya.

Ancaman SF dan cucak hijau Arjuna
Ancaman SF juara 1 melalui cucak hijau Arjuna di Kelas Spesial.

Kenari Melody tampil ciamik, dengan menjuarai Kelas Indonesia. Juara 2 dan 3 diraih Setan Alas orbitan Om Ucok (Samen BC) dan Senja Utama besutan Om Heru Prsetyo (Sank petualang SF).

Om Fajar Bagus
Om Fajar Bagus (kanan) double winner melalui kenari Melody.

Kelas Blora dimenangi kenari Romeo milik Om Liesbi (Kentos SF), mengungguli Ken-Z jagoan Om Subur (Ngawen BC) dan Casper andalan Om Tomo (Samen BC). Sesi terakhir, Mustika, kembali dikuasai kenari Melody, diikuti Casper dan Senja Utama.

Om Liesbi dan kenari Romeo
Om Liesbi: Kenari Romeo terbaik di Kelas Blora.

Calon peserta perlu memahami sistem penjurian RI

Setelah gelaran launching, para pengurus Radjawali Indonesia DPC Blora di bawah pimpinan Bang Jabrig akan rutin mengadakan berbagai even latber, latpres, maupun lomba burung dengan menggunakan Tim Juri RI (Radjawali Indonesia). Karena itu, setiap calon peserta perlu memahami sistem penjurian RI.

Launching Radjawali Indonesia DPC Blora
Sebelum lomba, korlap membacakan aturan lomba kepada para peserta.

Seperti diketahui, sistem penjurian RI di kelas lovebird menggunakan bendera poin sehingga lebih akurat dan transparan. Bendera terdiri atas tiga warna: kuning, biru dan merah. Warna bendera menunjukkan perbedaan poin dan durasi ngekek.

Untuk lovebird dewasa, warna kuning (3-7 detik) diberi poin 15, biru (8-15 detik) dengan 40 poin, serta merah (16-21 detik) mendapat 100 poin.

Untuk lovebird paud, warna kuning (1-3 detik), biru (4-6 detik), dan merah (7-9 detik), dengan mendapat poin masing-masing 15, 40, dan100.

Penilaian lovebird sistem RI
Masing-masing juri mengambil bendera poin.
Launching Radjawali Indonesia DPC Blora
Om Toro Morgan (2dari kiri) ikut memantau rekap penjurian.

Untuk penilaian lovebird, setiap blok dikuasai seorang juri. Dalam setiap lapangan akan ditempatkan dua orang IP. Sistem penilaian non-lovebird lebih fleksibel, di mana juri bisa menilai bloknya terlebih dahulu, lalu berpindah ke blok lain secara zigzag dan bergantian.

Dalam even Launching RI DPC Blora, kepanitiaan dipimpin langsung oleh Bang Jabrig, disokong Om Nardi (ketua pelaksana) dan Om Iwan IBF.

Bang Jabrig, ketua Radjawali Indonesia DPC Blora
Bang Jabrig, ketua Radjawali Indonesia DPC Blora.

Cikal-bakal RI DPC Blora bermula dari gelaran Bal’s BC yang diketuai Om Dwix Blackmamba. Klub burung ini kemudian mendapat dukungan dari Om Nardi dan Om Iwan IBF, di mana penilaian mulai menerapkan sistem RI. Ternyata antusias kicaumania Blora makin besar. Setelah Bang Jabrig bergabung, akhirnya DPC Blora terbentuk sempurna.

Launching Radjawali Indonesia DPC Blora
Suasana penjurian di kelas kacer.

Acara launching ini makin spesial karena bertepatan dengan ultah pertama Radjawali Indonesia dan berbarengan pula dengan milad Om Sofyan Juandi, panglima Radjawali Indonesia. Sabtu (13/5) malam lalu digelar sarasehan dan potong tumpeng sebagai ucapan rasa syukur setahun berdirinya RI.

HUT Ke-1 Radjawali Indonesia
Potong tumpeng memperingati HUT Ke-1 Radjawali Indonesia.

“Radjawali Indonesia kita hadirkan di sini untuk memberi nilai lebih dalam gegap-gempita lomba burung, khususnya di Blora. Selain itu, kami ikut mempromosikan pariwisata Blora, serta menumbuhkan UMKM di Blora. Makanya, lokasi lomba kita pilih Taman Sarbini, agar para kicaumania bisa berlomba, sekaligus nyaman mengajak anak dan istrinya,” tandas Bang Jabrig.

Launching Radjawali Indonesia DPC Blora
Para kicaumania bisa mengajak keluarganya di Taman Sarbini Blora.

Mewakili seluruh kru panitia dan segenap pengurus RI DPC Blora, Bang Jabrif mengucapkan terimakasih atas kehadiran para kicaumania. Mohon maaf apabila masih ada kekurangan selama acara berlangsung. (neolithikum)

Selanjutnya, baca Daftar Juara Launching Radjawali Indonesia DPC Blora (klik saja).

Queen SF
Queen SF berjaya bersama lovebird Sofie (juara 1 dan 2).
RSW SF dan murai batu Casanova
RSW SF orbitkan murai batu Casanova (juara 1 dan 4).
Launching Radjawali Indonesia DPC Blora
Pembagian aneka doorprize menarik.
Launching Radjawali Indonesia DPC Blora
Penyerahaan doorprize kambing pertama.
Launching Radjawali Indonesia DPC Blora
Penyerahaan doorprize kambing kedua.
Om Jeffry Sebastian
Om Jeffry Sebastian, ketua RI DPD Jateng-DIY.
Mbak Via, juri perempuan
Mbak Via, juri perempuan yang jadi idola para peserta. Ya iyalah….
Launching Radjawali Indonesia DPC Blora
Banner ketua dan wakil ketua Radjawali Indonesia DPC Blora.
Launching Radjawali Indonesia DPC Blora
Kesibukan panitia di bagian ticketing.
Launching Radjawali Indonesia DPC Blora
Panitia lomba dan pengurus Radjawali Indonesia DPC Lomba.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.