BHS BF Surabaya: Breeding murai batu dan lovebird bukan berarti berhenti lomba

Di kalangan kicaumania terdapat dua sosok yang sama-sama dikenal dengan nama Om Bambang Honda. Pertama, Om Bambang Honda yang berdomisili di Bojonegoro, ketua Pelestari Burung Indonesia (PBI) Cabang Bojonegoro, sekaligus pemilik kacer Hipnotis serta Predator. Kedua, Om Bambang Honda yang mukim di Surabaya, atau dikenal dengan nama Bambang Honda Surabaya (BHS).

Kali ini, omkicau.com ingin membahas aktivitas terkini Om BHS yang juga punggawa BHS SF. Om BHS dikenal aktif mengikuti lomba burung kicauan, sejak tahun 2005 sampai sekarang. Berbagai even regional dan nasional pernah diikutinya, terutama di kelas murai batu, lovebird, dan cucak hijau.

Om Bambang Honda Surabaya (BHS)
Om BHS (kiri) bersama kru BHS SF aktif mengikuti lomba regional dan nasional.

Salah satu gaco andalannya di lapangan adalah murai batu Dewa Ruci. Burung ini mempunyai gaya sujud ketika tampil di lapangan, tidak banyak tingkah, namun sanggup menekan lawan-lawannya secara full power, didukung volume suaranya yang kristal dan tembus.

Dengan berbagai keunggulannya, tidak heran apabila murai batu Dewa Ruci kerap menyita perhatian para juri yang kemudian memberinya bendera koncer.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Namun, Om BHS merasa kurang lengkap kalau aktivitasnya di dunia kicauan hanya sebatas rajin mengikuti lomba. “Lebih afdol, ya sekalian beternak murai batu trah juara, sekaligus melakukan regenerasi terhadap murai-murai jawara yang sudah tua,” tutur Om BHS kepada omkicau.com.

Apa yang diucapkannya tidak lagi berada dalam tataran gagasan atau rencana, melainkan sudah mewujud dengan berdirinya BHS Bird Farm Surabaya. Selain murai batu, BHS BF juga beternak lovebird.

Anakan murai batu Dewa Ruci
Anakan murai batu Dewa Ruci siap dipoles dan diorbitkan di lapangan.

Saat ini, Om Bambang Honda Surabaya sudah memiliki 6 petak kandang murai batu, 20 kandang battery untuk lovebird, serta 1 kandang koloni lovebird. Semua materi indukan yang ada di kandang merupakan trah juara.

Materi induk murai batu bukan hanya Dewa Ruci, tetapi juga murai-murai hebat lainnya seperti Pemburu, Kaji Blorok, New Bledek, dan GTR 150.

Breeding murai batu BHS BF Surabaya
Murai batu Kaji Blorok, salah satu indukan BHS BF.

“Meski sudah menjadi indukan, murai batu Dewa Ruci masih saya ikutkan dalam lomba. Namun frekuensinya tidak sesering dulu. Dewa Ruci termasuk salah satu indukan yang cukup produktif,” lanjut Om BHS.

Breeding murai batu BHS BF Surabaya
Murai batu Pemburu: Setia menunggu induk betina yang sedang mengerami telurnya.
Breeding murai batu BHS BF Surabaya
Setiap induk betina rata-rata menghasilkan 2-3 ekor anakan murai batu.

Adapun materi indukan lovebird yang ada di kandang ternak BHS BF antara lain Santana, Wewe, Bianglala, Eka Karunia, dan beberapa lovebird prestasi lainnya.

Sama seperti murai batu, beberapa indukan lovebird juga sesekali masih dimainkan di lapangan. Sebab, menurut Om BHS, breeding murai batu dan lovebird yang dilakoninya saat ini tidak akan membuatnya berhenti mengikuti lomba.

Breeding lovebird BHS BF Surabaya
Om BHS di depan kandang lovebird model battery.
Breeding lovebird BHS BF Surabaya
Indukan lovebird di kandang koloni: Lebih praktis!

Selain main di kelas murai batu dan lovebird, kini Om BHS mencoba keberuntungannya bermain di kelas cucak hijau. Ada dua jagoannya yang mulai mengorbit dalam even-even regional, yakni cucak hijau New Sonic dan Sniper.

Wah, kalau kedua cucak hijau jawara itu sudah mendekati tua, tentu bakal diternak juga ya Om? (OK-1)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.