Cara merawat burung cendet New Port milik Om Felix Purnomo

Om Felix Purnomo, kicaumania asal Blora, memiliki koleksi burung cendet cukup banyak. Sebagian di antaranya kerap menjuarai lomba, termasuk New Port. Kali ini, Om Felix Purnomo ingin berbagi tips cara merawat burung cendet New Port.

Selain New Port, Om Felix juga memiliki cendet jawara lainnya, yaitu Santa, Marcopolo, January, New JJ, Sentanu, Chrismast, Congyang, dan Armagedon.

cara merawat cendet New Port
Cendet New Port termasuk jenis cendet gepeng dan langganan juara.

Cendet New Port boleh dibilang termasuk jenis cendet gepeng. Apa itu? Cendet gepeng adalah jenis cendet di mana saat juri berada tepat di bawah gantangannya, maka suara burung cendet terdengar lirih. Tetapi saat didengarkan dari jarak jauh, suara cendet justru terdengar tembus. Dengan kata lain cendet New Port memiliki tipe suara melengking.

Om Felix memperoleh burung cendet ini dari salah satu temannya di Bojonegoro. Nilai maharnya saat itu hanya Rp 3,5 juta. Tidak terlalu mahal, karena dibeli saat baru saja selesai mabung.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Kelebihan cendet New Port antara lain main satu titik (nagen), dengan materi lagu cukup komplet, antara lain kapas tembak, cucak jenggot, burung gereja, kenari, dan lovebird.

cara merawat cendet lomba
Om Felix Purnomo (tengah), pemilik cendet New Port.

“Pembawaan lagunya licin dan sering lepas. Karena nagen, terkadang New Port juga ngetem, kendati pada akhirnya tetap juara karena materi lagu yang dibawakannya lebih dominan saat digantang,” ujar Om Felix.

Prestasi yang diraih New Port sudah banyak, terutama dalam even-even di sekitar Blora, Bojonegoro, Rembang, dan Pati. Sejak April 2016 hingga Januari 2017, gaco ini hampir tiap minggu meraih juara. Beberapa even yang pernah dimenanginya antara lain Ngawen BC Blora (juara 1, 1), Latpres Blora Utara BC Blora (juara 1, 2), Ngraho Cup Bojonegoro (1, 2), Kartini Cup Rembang (3), Bupati Cup Blora (5), Sale Noyo Gimbal Rembang (2), Samen BC Blora (3), dan sebagainya.

cara merawat burung cendet
Sebagian koleksi trofi dan piagam kemenangan cendet New Port.

Pembawaan Om Felix yang kalem di lapangan justru membawa hoki. Dia tak banyak terucap, apalagi berteriak-teriak meneriaki gacoannya agar dipantau juri. Berbeda dari kebanyakan pemain lain yang terkadang terlampau over, sehingga mengesankan kurang percaya terhadap kinerja juri.

Cara merawat burung cendet New Port

Dalam merawat cendet New Port, Om Felix lebih sering melakukannya sendiri, tapi sesekali dibantu Om Mujib Belor yang menjadi perawat untuk sejumlah burung koleksinya.

Om Mujib Belor, perawat cendet New Port
Om Mujib Belor (kiri), perawat cendet New Port.

Berikut tips perawatan cendet New Port yang digambarkan Om Felix sangat sederhana dan murah, karena perawatan sejak Senin hingga Sabtu relatif sama. Perbedaan hanya pada hari lomba saja.

  • Setiap pagi, mulai pukul 07.00, cendet mandi semprot. Jadwal mandi 2-3 hari sekali: Senin, Kamis, dan Sabtu.
  • Pakan berupa voer kasar merk tertentu.
cara merawat burung cendet lomba
Cendet New Port mandi dengan cara disemprot: Cukup 2-3 hari sekali.
  • Extra fooding (EF) jangkrik masing-masing 5 ekor pada pagi dan 5 ekor lagi pada sore hari.
  • Kerodong diterapkan selama 24 jam. Saat burung diberi jangkrik, resliting kerodong hanya dibuka sedikit. Kalau mandi, kerodong dibuka full.
cara merawat cendet jawara
Penjemuran cendet hanya 1 jam, dalam kondisi dikerodong.
  • Penjemuran sekitar 1 jam dalam kondisi full kerodong, di garasi belakang rumah.
  • Pemasteran cendet dilakukan menggunakan burung hidup yaitu kenari hitam (village indigo), lovebird, dan burung gereja. Penggunaan kenari hitam sebagai burung master agak langka, karena jarang dijumpai di pasaran. “Ini juga salah satu kunci perawatan cendet New Port,” kata Om Felix.
cara memaster burung cendet
Kenari hitam, salah satu rahasia masteran cendet New Port.

Pada Hari-H (Minggu), perawatan hampir sama seperti harian. Namun pakan utama voer dilepas dan diterapkan full jangkrik dan ulat hongkong (sepuasnya), sekitar satu sesi sebelum naik gantang.

Saat ini sudah ada beberapa penawaran terhadap cendet New Port. Yang tertinggi baru di kisaran Rp 20 juta, dan itu masih jauh dari yang diharapkan Om Felix.

“Untuk sementara saya pakai sendiri dulu, karena saya masih suka. Tetapi kalau ada yang meminang 50 juta lebih, kemungkinan saya lepas,” tandas Om Felix yang memiliki usaha penginapan dan distributor obat. (neolithikum)

cara merawat burung pentet
Putri Om Felix foto bersama cendet New Port (sangkar kanan).

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.