Cucak hijau Gajah Mungkur orbitan pebalap sepeda gunung dari Blitar

Cara merawat burung cucak hijau Gajah Mungkur –Latar profesi, ekonomi, maupun pendidikan rekan-rekan kicaumania memang sangat beragam. Salah satunya adalah Om Mochamad Farid Ashari, kicaumania asal Blitar yang juga atlet balap sepeda gunung (MTB) berprestasi. Om Farid memiliki cucak hijau Gajah Mungkur yang juga berprestasi dalam berbagai lomba burung kicauan di Blok Timur. Bagaimana cara merawat cucak hijau Gajah Mungkur?

cara merawat burung cucak hijau Gajah Mungkur
Cucak hijau Gajah Mungkur: Dibeli di Cirebon, langganan juara di seputaran Blitar.

Om Farid yang kerap dipanggil Famoy oleh istrinya menjelaskan, cucak ijo Gajah Mungkur diperolehnya saat mengikuti kejuaraan MTB di Cirebon. Usai lomba, iseng-iseng dia main ke Pasar Burung Kanoman, Cirebon.

“Pengen nyari cucak hijau, eh… kebetulan menemukan burung prospek. Langsung saja saya beli seharga enam ratus ribu rupiah,” tutur Om Farid.

tips perawatan burung cucak hijau
Om Farid bersama sepeda gunung kesayangannya.

Dengan perawatan seadanya, namun konsisten, cucak hijau Gajah Mungkur terus mengorbit di tangan Om Farid. Burung ini kerap menjuarai lomba di Blitar dan sekitarnya, bahkan hingga Surabaya.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

“Kalau hari libur, saya dan istri sering pulang ke rumah mertua di Surabaya. Biasanya cucak hijau Gajah Mungkur juga saya bawa, agar bisa berkompetisi dengan burung-burung hebat di Kota Pahlawan,” kata Om Farid yang juga anggota Armada BC Blitar.

tips merawat burung cucak hijau
Sebagian bukti prestasi cucak hijau Gajah Mungkur.

Beberapa even yang pernah dijuarai Gajah Mungkur antara lain PBI Cup I Blitar, Ronggolawe Surabaya, Kawulo Alit Cup, dan sebagainya.Burung ini pernah dua kali mencetak kemenangan hattrick serta sekali double winner.

Cucak hijau Gajah Mungkur memiliki gaya khas roll-tembak, dengan power mantap, ditunjang tonjolan cililin, sepah raja, konin, dan burung gereja.

Bagaimana suara burung cucak hijau Gajah Mungkur, silakan lihat cuplikan video berikut ini:

Cara merawat burung cucak hijau Gajah Mungkur

Ditanya bagaimana cara merawat burung cucak hijau andalannya ini, Om Farid dengan nada merendah mengatakan biasa-biasa saja. Artinya, burung ini tidak diistimewakan. Kalau diistemewakan, kinerjanya malah tidak maksimal, bahkan nggak mau jalan.

cara merawat cucak hijau
Om Farid (kir) dan perawat cucak hijau Gajah Mungkur.

Berikut ini tips perawatan cucak ijo Gajah Mungkur, baik harian maupun setelan lomba:

  • Perawatan harian diterapkan sejak Senin hingga Jumat.
  • Setiap pagi, mulai pukul 07.00 hingga 10.00, burung dijemur.
lama penjemuran cucak ijo
Penjemuran burung cucak hijau Gajah Mungkur.
  • Setelah itu diangin-anginkan sebentar, sambil diberi jangkrik 2 ekor.
  • Burung mandi dalam karamba sekitar 3 jam (10.00 – 13.00).
  • Selanjutnya, cucak hijau Gajah Mungkur diangin-anginkan hingga pukul 17.00.
  • Sebelum dimasukkan ke dalam rumah, burung diberi jangkrik sebanyak 2 ekor.
  • Pakan utama berupa pisang kepok putih.
  • Khusus hari Senin, Selasa, dan Rabu, cucak ijo Gajah Mungkur masuk kandang umbaran selama 2 jam (13.00-15.00). Setelah itu, burung dipindah lagi ke sangkar harian untuk diangin-anginkan hingga pukul 17.00.
  • Setelan lomba dimulai pada H-1 (Sabtu). Perlakuannya masih sama seperti harian, tapi dengan penambahan extra fooding (EF) berupa kroto ukuran jumbo sebanyak 10 butir.
perawatan jelang lomba cucak hijau
Cucak ijo Gajah Mungkur: Setelan lomba baru dimulai pada H-1.
  • Pada Hari-H (Minggu), kalau main pagi, burung dijemur pada pukul 07.00-08.00, kemudian diberi 2 ekor jangkrik dan pisang kepok putih.
  • Habis dijemur, burung diangin-anginkan selama 20 menit. Setelah itu, langsung masuk karamba mandi, agar di lapangan tidak didis.
  • Selesai mandi, burung dimasukkan ke dalam sangkar, full kerodong, dan siap berangkat lomba.
  • Sekitar 3 sesi sebelum naik gantang, burung kembali diberi jangkrik, kali ini sebanyak 5 ekor.
  • Kalau main sore, penjemuran dilakukan sampai pukul 09.00. Habis dijemur, dianginkan sampai pukul 12.00, kemudian masuk karamba sekitar satu jam. Selanjutnya, cucak hijau dkerodong dan siap dibawa ke lapangan. Sekitar 3 sesi sebelum naik gantang, burung diberi 5 ekor jangkrik.
cucak hijau juara lomba
Cucak hijau Gajah Mungkur siap menuai prestasi kembali.

Om Farid belum berniat menjual cucak ijo Gajah Mungkur. Beberapa waktu lalu, salah seorang rekannya ingin meminangnya, dengan menawarkan mahar sebesar Rp 12 juta.

“Saya memang belum mau melepasnya. Lebih baik saya mainkan sendiri, dan itu lebih menguntungkan,” tandas Om Farid. (neolithikum)
Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.