Cara melatih burung parkit agar mau mandi sendiri

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Cara melatih burung parkit agar mau mandi sendiri –Parkit kerap termasuk salah satu jenis burung yang paling mudah dirawat. Burung ini juga mudah beradaptasi, cepat jinak, dan bisa berinteraksi dengan manusia. Meski demikian, ada beberapa penggemar yang mengeluh kesulitan melatih burung ini mandi.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Cara melatih burung parkit agar mau mandi
Trik melatih burung parkit agar mau mandi sendiri.

Meski bukan termasuk jenis burung asli Indonesia, parkit sudah lama dikenal sebagai burung kelangenan, bahkan makin popular juga sebagai burung masteran. Sudah banyak penangkar parkit di Indonesia. Kontes ketangkasan parkit pun mulai kerap diadakan di kota-kota besar.

Sebagian pola perawatan burung parkit mirip dengan burung kicauan, termasuk memenuhi kebutuhan mandinya. Tetapi tak mudah menyuruh burung parkit mandi di dalam bak yang disediakan. Tak heram jika banyak penggemar yang memandikannya dengan cara disemprot.

Mandi semprot memang lebih mudah dilakukan. Namun cara ini terkadang mengandung risiko, apalagi jika ada air yang masuk ke dalam lubang hidung atau cere.

Cara melatih burung parkit agar mau mandi sendiri

Melatih burung parkit agar mau mandi sendiri bisa dilakukan dengan menyediakan sebuah bak mandi kecil di dalam sangkarnya. Banyak benda-benda di rumah yang bisa digunakan sebagai bak mandi, misalnya mangkuk serta boks plastik. Boleh juga menggunakan bak mandi portabel yang banyak dijual di toko perlengkapan burung.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Ketika kita memasukkan bak mandi yang berisi air ke dalam sangkarnya, belum tentu parkit mau langsung mandi / nyemplung ke dalamnya. Biasanya burung merasa takut tenggelam.

Untuk mengatasinya, Anda dapat mengakalinya dengam memasukkan potongan rumput ke dalam bak mandi yang sudah terisi air.

Cara melatih burung parkit
Potongan rumput dimasukkan ke dalam bak mandi yang sudah terisi air.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Potongan rumput dalam bak mandi akan membuat permukaan air terlihat dangkal, sehingga parkit akan memiliki keberanian untuk masuk ke dalamnya. Tak lama kemudian, parkit pun terpancing untuk mandi dalam bak tersebut.

Sangat sederhana bukan? Trik ini juga bisa diterapkan pada jenis burung lain yang sulit mandi sendiri di dalam bak mandi yang sudah disediakan.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.