Setelan kenceng cendet New Fantastic orbitan Om Aries Ngesrep

Cendet New Fantastic merupakan salah satu gaco andalan Om Aries (Fantastic SF), kicaumania Semarang yang dikenal spesialis cendet. Karena tinggal di daerah Ngesrep, Kecamatan Banyumanik, dia dikenal dengan nama Om Aries Ngesrep.

Cendet New Fantastic andalan Om Aries Ngeserp
Cendet New Fantastic andalan Om Aries Ngesrep.

Om Aries mulai aktif mengikuti lomba burung kicauan sejak tahun 1997. Jadi sudah 20 tahun pula dia merasakan suka-duka bermain cendet.

Pada awalnya, Om Aries pernah main pula di kelas cucakrowo. Bahkan dua jagoannya, Tembong dan Whamey Bondet, pernah berprestasi pada tahun 1998. Sayangnya, setahun kemudian, kedua burung jawara itu raib digondol maling.

“Sejak kemalingan, saya jadi agak malas kembali di dunia kicauan. Akhirnya saya vakum main burung selama tiga tahun (2000-2003). Tahun 2004, saya comeback. Rasanya gatal ingin menggantang lagi, tetapi hanya fokus main cendet,” jelasnya.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Sejak kecil, Om Aries memang sudah akrab dengan burung cendet. Sebab ayahnya juga memelihara burung eksotik ini. Sejak 2004 hingga sekarang, Om Aries aktif main cendet. Hampir setiap minggu ia turun ke arena lomba,

Sudah banyak cendet orbitannya yang berprestasi di lapangan, meski sebagian besar sudah dipinang para pemain lainnya. Harga termahal untuk cendet orbitannya mencapai Rp 60 juta.

Begitu melepas cendet orbitannya, Om Aries biasanya akan berburu cendet prospek dengan harga sekitar Rp 3 juta hingga Rp 12 juta. “Saya pilih cendet dalam kondisi setengah jadi,” tutur Om Aries yang kini menjabat AMA Engineering Divisi Reliability System Owner (RSO) di PT Indonesia Power, Semarang.

Om Aries Ngesrep
Om Aries Ngesrep di ruang kerjanya.

Salah satu jagoan andalannya saat ini adalah cendet New Fantastic. Burung ini diperolehnya dari Om Andreas (Tondik) dari Cepu, Blora, pada 1 Juni 2016. Harganya sekitar Rp 10 juta.

“Kebetulan istri saya berasal dari Doplang, Blora. Banyak kenalan kicaumania di sana. Sambil pulang ke rumah mertua, biasanya saya ikut lomba burung. Cendet New Fantastic ini saya peroleh juga atas saran Om Aguk, kicaumania senior Cepu yang piawai melihat bakat cendet prospek,” tutur Om Aries.

cendet New Fantastic
Om Aries saat menjuarai even Kapolres Cup Salatiga.

Cender New Fantastic punya beberapa keunggulan, antara lain tembakan cililin dengan speed rapat, serta lagu yang enak didengar.

Materi lagu kunciannya terdiri atas lovebird dan burung gereja, serta irama lagunya memiliki tone-tone antik yang jarang dimiliki cendet pada umumnya. Kerjanya nagen, satu titik tanpa goyah, serta volume yang menggelegar.

Tak heran apabila prestasi demi prestasi terus diraih cendet New Fantastic, sampai akhirnya mabung pada 17 Februari 2017. Begitu beres mabung, awal April lalu, cendet New Fantastic kembali ke arena lomba dan kerap meraih juara.

Cendet New Fantastic pernah meraih double winner maupun hattrick. Beberapa even terakhir yang dimenanginya antara lain Kapolres Cup (Salatiga), Gajahmada Cup (Solo), Wali Kota Cup Semarang, Naga Sakti (Semarang), Turin Cup (Semarang), Kapolres Cup (Ambarawa), Mr Ball Cup (Semarang), dan Turangga Ceta Cup (Ambarawa).

Om Aries Ngesrep
Om Aries Ngesrep dan kru saat moncer di Gajahmada Cup Solo.

Berikut ini cuplikan video penampilan cendet New Fantastic saat meraih double winner dalam even Dandim Cup di Purwodadi, 9 Oktober 2016:

Perawatan cendet New Fantastic

Berikut ini tips perawatan cendet New Fantastic yang terbilang cukup mahal. Perawatannya didesain dengan setelan kenceng setiap hari. Artinya, tak ada perbedaan signifikan antara perawatan harian dan perawatan menjelang lomba.

cendet New Fantastic
Perawatan setelan kenceng cendet New Fantastic.
  • Setiap pagi, pukul 06.30, burung dimandikan dengan cara disemprot.
  • Usai mandi, burung dijemur selama 1 jam (pukul 07.00 – 08.00).
  • Pakan utama berupa Voer CP warna hijau.
  • Pakan tambahan / extra fooding (EF) berupa jangkrik dan ulat hongkong.
  • Jangkrik diberikan tiga kali sehari (pagi, siang, dan sore) dengan porsi semaunya burung atau secara ad libitum (tak terbatas, sekenyangnya burung).
  • Ulat hongkong hanya diberikan pada malam hari, dengan porsi maksimal 10 ekor.
  • Air minum diganti setiap hari, agar selalu terjaga kebersihannya.
  • Siang dan malam hari, burung dalam kondisi full kerodong.
cendet New Fantastic
Om Aries Ngesrep saat mengikuti even Mr Ball Cup di Semarang.

“Sudah ada beberapa kicaumania yang beminat meminang cendet New Fantastic. Tawaran tertinggi sudah tembus 30 juta. Saya hanya mau menjual jika ada yang meminangnya seharga 50-an juta. Jika ada yang berani, saya ikhlas melepas New Fantastic, he.. he.. he..,” tandas Om Aries. (neolithikum)
Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.