Cara membersihkan sisik tebal di kaki burung

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Cara membersihkan sisik tebal di kaki burung –Sisik-sisik pada kaki burung memang tidak mengganggu, tapi jika dibiarkan menebal bisa memicu tumbuhnya jamur dan parasit penyebar penyakit. Sisik-sisik yang terlalu tebal juga menjadi masalah bagi burung yang mengenakan ring. Diperlukan perawatan berkala untuk membersihkan sisik-sisik tersebut agar tidak makin berlapis-lapis.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

cara membersihkan sisik tebal di kaki burung
Sisik-sisik yang tebal pada kaki burung bisa memicu tumbuhnya jamur dan parasit.

Tebal dan tidaknya sisik pada kaki burung kicauan sebenarnya tidak bisa dijadikan patokan utama dalam menentukan kondisi dan umur burung tersebut. Faktanya, tak sedikit burung piaraan yang masih berumur di bawah 3 tahun sudah memiliki sisik yang tebalnya mirip burung sejenis rumur 5 – 10 tahun.

Secara umum, sisik pada kaki burung merupakan bagian dari permukaan / kulit kaki yang mengering. Seiring dengan pertambahan umur burung, sisik kaki akan menjadi lebih tebal. Kondisi ini juga dapat dipicu oleh kelebihan mineral. Nah, kelebihan mineral itulah yang kemudian dibuang melalui lapisan kulit burung.

Sisik kaki yang tebal dan menumpuk memang tidak mengganggu penampilan burung tersebut. Namun jika dibiarkan terus menebal, maka lapisan sisik dikhawatirkan menjadi tempat bersarangnya parasit dan jamur penyebab berbagai jenis penyakit.

Selama ini sudah banyak beredar informasi mengenai cara membersihkan sisik tebal di kaki burung. Namun jika tidak dilakukan secara cara tepat, maka bisa memunculkan permasalahan baru seperti stres, luka / cidera kaki, pendarahan, hingga kaki menjadi cacat.

Untuk referensi kicaumania, berikut ini cara membersihkan sisik tebal di kaki burung secara cepat dan tepat: Sebelum memulai proses tersebut, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

  • Untuk mencegah hal-hal di luar perkiraan, sebaiknya proses ini dilakukan dalam sebuah ruangan / kamar yang tertutup rapat.
  • Jika diperlukan, Anda bisa meminta bantuan anggota keluarga / rekan untuk mendampingi sekaligus membantu melakukan hal-hal yang sulit jika dilakukan sendirian.
  • Siapkan beberapa bahan yang akan digunakan:
    –  Cottonbud / kapas pembersih.
    –  Minyak zaitun, atau bisa juga minyak kelapa.
    –  Tusuk gigi.
    –  Hand sprayer (semprotan).

Cara membersihkan sisik tebal di kaki burung:

  • Keluarkan burung dari dalam sangkarnya dengan cara dipegang.
  • Setelah itu, olesi seluruh permukaan kakinya dengan cottonbud yang telah dibasahi dengan minyak zaitun / minyak kelapa.
  • Gunakan tusuk gigi untuk mencongkel lapisan sisik di bagian atas. Jika kesulitan, Anda bisa meminta bantuan anggota keluarga / rekan yang lain.
  • Dengan menggunakan jari, lapisan yang sudah tercongkel diangkat perlahan sampai terlepas dari kakinya.
  • Lakukan hal yang sama pada lapisan sisik lain yang terlalu tebal. Perlu diperhatikan, proses pelepasan lapisan-lapisan sisik sebaiknya dilakukan secara bertahap untuk mencegah burung terluka.
  • Setelah pengangkatan sisik rampung, semprot kaki dan perut burung dengan menggunakan semprotan, lalu masukkan kembali ke dalam sangkarnya.
  • Agar burung bisa melupakan peristiwa tersebut, Anda bisa segera memberinya pakan tambahan yang sangat disukainya.

Untuk lebih jelasnya, silakan simak dalam tayangan berikut ini:

cara membersihkan sisik tebal di kaki burung
Mengupas sisik di kaki burung

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Penting diketahui, lapisan sisik pertama yang menempel di kaki burung berisi aliran darah. Kalau dipaksakan untuk diangkat, maka yang terjadi burung akan terluka dan menyebabkan pendarahan. Karena itu, lakukan pemangkasan sisik sesuai kebutuhan saja, dan harus dilakukan secara hati-hati.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.