Plus-minus air kelapa untuk burung kicauan

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Plus-minus air kelapa untuk burung kicauan –Kelapa termasuk tanaman paling serbaguna. Hampir semua bagian dari tanaman ini bisa digunakan untuk berbagai keperluan manusia, tak terkecuali airnya. Bahkan ada juga kicaumania yang memberikan air kelapa untuk burung kicauan piaraannya. Apa plus-minus air kelapa untuk burung kicauan?

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

air kelapa untuk burung kicauan
Plus-minus air kelapa untuk burung kicauan.

Air kelapa dikenal memiliki beragam manfaat seperti meningkatkan stamina, serta memulihkan kondisi burung yang stres karena cuaca panas dan kelelahan. Cairan ini juga membantu meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga dapat mencegah penyakit, terutama akibat bakteri dan jamur.

Tetapi perlu juga diperhatikan beberapa efek negatif dari air kelapa, terutama jika dikonsumsi burung secara rutin dan berlebihan. Berikut ini beberapa dampak negatifnya yang perlu Anda ketahui:

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Air kelapa memiliki kandungan potasium (kalium) dan sodium. Kombinasi keduanya mampu mempercepat pemulihan kondisi tubuh yang kelelahan maupun dehidrasi. Kalium sebenarnya terkandung dalam hampir semua pakan burung, namun dengan kadar berbeda-beda.

Secara umum, kalium membantu mengatur detak jantung. Jika mengkonsumsi kalium secara berlebihan, maka detak jantung burung menjadi tidak teratur sehingga bisa memunculkan risiko stroke, kejang-kejang, hingga mengakibatkan gagal jantung.

Banyak kasus di mana burung mendadak kejang-kejang, kemudian mati. Kita seringkali menduganya akibat penyakit yang menyerang saraf, seperti tetelo / Newcastle Disease (ND). Padahal belum tentu begitu.

Apabila Anda pernah memberi air kelapa, kemudian burung kejang-kejang dan mati, sangat dimungkinkan kematian itu akibat burung mengkonsumsi kalium (dari air kelapa) secara berlebihan.

Bukan itu saja, konsumsi kalium secara berlebihan juga bisa mengganggu keseimbangan hormon testosteron. Alhasil, burungberubah menjadi sangat agresif. Selain itu juga dapat memperlambat siklus perkembangbiakan burung, baik menghambat proses perjodohan maupun produksinya.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Air kelapa juga memiliki kandungan sodium cukup tinggi. Sodium memang dibutuhkan burung untuk hidrolisis atau proses pemecahan protein diet dan nutrisi menjadi molekul yang bekerja untuk penyerapan.

Namun kandungan sodium yang terlalu tinggi akan mengganggu fungsi ginjal. Banyak burung mengalami gangguan ginjal, namun tidak terdeteksi. Ginjal yang terganggu tidak akan bisa menyaring asam urat, kalsium, dan mineral lain. Akibatnya burung bisa sakit, mudah stres, serta kotorannya berair dan berbau.

Air kelapa juga mengandung asam laurat, kapriat, dan kaprilat yang membantu melawan infeksi bakteri dan jamur. Kandungan Omega 6s dan salisilat dalam air kelapa juga tinggi. Kombinasi keduanya juga bisa menimbulkan masalah baru jika dikonsumsi berlebihan. Misalnya, memicu burung mencabuti dan merusak bulu-bulunya.

Tips pemberian air kelapa untuk burung

Mempertimbangkan plus-minus air kelapa, omkicau.com menganjurkan kepada para kicaumania agar menggunakan air biasa saja sebagai air minum harian bagi burung kicauan.

Untuk meningkatkan stamina serta meningkatkan daya tahan tubuh / mencegah penyakit, lebih ideal menggunakan multivitamin. Banyak produk multivitamin berkualitas yang beredar di pasaran, antara lain BirdVit.

Tetapi, jika Anda tetap ingin memberikan air kelapa untuk burung, perlu dilakukan dengan pengontrolan ketat. Berikan air kelapa sesuai dengan yang dibutuhkan saja, dan tidak dijadikan sebagai pengganti air minum.

Air kelapa cukup diberikan beberapa hari sekali atau seminggu sekali. Cara pemberiannya pun bisa dilakukan dengan beragam metode, mulai dari mencampur 1/4 air kelapa dengan 3/4 air biasa, atau bisa juga ditambahkan dengan madu asli (1 sendok teh).

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.