Bahaya angin kencang bagi burung dan cara mencegahnya

Bahaya angin kencang bagi burung –Sebentar lagi sejumlah wilayah Indonesia akan memasuki musim pancaroba: peralihan dari musim kemarau ke musim hujan. Musim pancaroba biasanya disertai embusan angin kencang. Banyak burung kicauan yang mati, baik akibat terpaan angin kencang maupun penyebaran penyakit (khususnya tetelo) yang sangat cepat.

bahaya angin kencang bagi burung
Cara menjaga kondisi burung dari terpaan angin kencang.

Embusan angin kencang pada musim pancaroba bisa terjadi kapan pun, mulai subuh, pagi, siang, sore, malam, hingga dinihari. Lamanya tidak tentu, terkadang bisa beberapa menit saja, namun bisa juga selama beberapa jam.

Kondisi seperti ini cukup rawan, karena bisa menurunkan stamina burung secara drastis. Ada beberapa bahaya angin kencang bagi burung pada masa transisi ini, antara lain:

  • Risiko sangkar terjatuh, yang menyebabkan burung stres atau lepas.
  • Burung mudah terserang penyakit, terutama gangguan pencernaan, tetelo, serta penyakit yang disebabkan oleh virus.
  • Daya tahan tubuh menurun drastis.
  • Burung menjadi malas dan / atau macet bunyi.

Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan pada burung Anda, berikut ini cara menghindari bahaya angin kencang bagi burung, sehingga piaraan tetap sehat dan aktif:

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

1. Segera pindahkan sangkar

Begitu terjadi angin kencang, tindakan terbaik adalah segera memindahkan sangkar burung ke tempat yang lebih aman. Misalnya dimasukkan ke dalam rumah, atau disimpan dalam ruangan tertutup.

2. Memasang kerai

Jika memelihara beberapa ekor burung, tentu Anda akan repot kalau harus memindah semua sangkarnya ke dalam ruangan saat angin kencang terjadi. Alternatifnya, Anda bisa memasang kerai di teras atau ruangan tempat sangkar-sangkar burung digantang.

Kerai bisa terbuat dari bahan bambu atau plastik. Kerai berfungsi sebagai penghalang angin masuk ke dalam ruangan sehingga burung menjadi lebih aman dan kondisinya lebih terjaga.

Yang terpenting, pemasangan kerai harus dilakukan secara tepat, agar tidak mudah terombang-ambing ketika terkena embusan angin kencang.

3. Sangkar dikerodong penuh

Jangan lupas, sangkar juga harus dikerodong penuh (full kerodong) selama angin kencang berembus. Namun ketika angin terlalu kencang, biasanya sangkar akan bergoyang-goyang. Nah, pemilik / perawat wajib mewaspadainya agar sangkar tidak sampai jatuhh.

Anda juga bisa mengkombinasipenggunaan kerai dan full kerodong. Cara tersebut lebih menjamin terjaganya kondisi burung selama masa peralihan musim berlangsung.

4. Berikan multivitamin

Jangan pernah mengabaikan multivitamin pada burung-burung yang dirawat manusia. Ini untuk memastikan burung tak kekurangan beberapa jenis vitamin penting.

Dalam kondisi cuaca yang baik pun, burung tetap memerlukan multivitamin, apalagi pada musim pancaroba, disertai embusan angin kencang. Multivitamin seperti BirdVit akan meningkatkan daya tahan tubuh burung, sehingga dapat membantu menangkal berbagai agen penyakit.

5. Untuk sementara, stop pengembunan

Angin kencang bisa berembus kapan pun, termasuk dinihari hingga subuh. Saat itu, angin terasa lebih dingin, sangat mudah menusuk tubuh.

Karena itu, untuk sementara, stop pengembunan ketika di daerah Anda mulai sering diterpa angin kencang pada saat pancaroba. Selain kurang baik baik kesehatan burung, juga bisa mengganggu kesehatan manusia.

Itulah beberapa tips mencegah bahaya angin kencang bagi burung selama musim pancaroba.
Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

2 Comments

Komentar ditutup.