Menggacorkan kembali burung cucak jenggot yang melempem

Menggacorkan kembali burung cucak cenggot yang melempem –Cucak jenggot tidak hanya dikenal sebagai burung masteran, tetapi juga kerap dilombakan. Suara besetannya yang rapat cukup menarik jika bisa ditiru jenis burung kicauan lainnya seperti murai batu atau cucak hijau.

menggacorkan burung cucak jenggot
Menggacorkan kembali burung cucak jenggot yang melempem.

Di arena lomba, kelas cucak jenggot juga kerap dipenuhi peserta, meski kondisinya tidak seramai dahulu. Transaksi jual-beli burung cucak jenggot pun hingga kini masih cukup ramai, baik lewat forum jual-beli online, pasar burung, maupun toko / kios burung kicauan.

Tak heran kalau cucak jenggot menjadi salah satu jenis burung piaraan cukup popular di Indonesia. Para pemain lebih suka membeli cucak jenggot yang sudah jadi (rajin bunyi / gacor) dengan alasan tak membutuhkan perawatan rumit sebagaimana ketika membeli burung bakalan.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Tetapi anggapan burung jadi tidak butuh perawatan ekstra sebenarnya juga salah. Sebab semua burung kicauan pasti membutuhkan perawatan ekstra untuk membuatnya tetap sehat, aktif, dan rajin berkicau.

Biasanya, beberapa minggu setelah dibeli, cucak jenggot masih berada dalam kondisi on, sehingga selalu rajin bunyi dengan suara-suara besetannya.

Namun jika kurang diperhatikan, burung cucak jenggot yang semula gacor pun bisa menjadi melempem. Kondisi dan penampilannya mengalami penurunan, sehingga burung jarang bunyi. Banyak jenggot mania yang mengeluhkan hal tersebut.

Karena itu, cucak jenggot yang sudah jadi pun tetap memerlukan perawatan maksimal agar kondisinya selalu fit serta rajin berkicau.

Tips menggacorkan kembali burung cucak jenggot

Kalau Anda memiliki cucak jenggot yang semula gacor, kemudian melempem, ada beberapa tips yang bisa dilakukan. Berikut ini tips menggacorkan kembali burung cucak jenggot yang melempem:

1. Sering memandikan

  • Kalau burung cucak jenggot mulai melempem, Anda mesti lebih sering memandikannya. Mandi bisa dilakukan secara rutin, terutama pagi dan sore hari. Bahkan bisa juga diberikan terapi mandi malam.

2. Berikan buah-buahan berselang-seling

  • Kalau selama ini burung hanya diberi buah pisang saja setiap hari, maka untuk menggacorkan kembali burung cucak jenggot yang melempem diperlukan pemberian buah-buahan secara bervariasi.
  • Buah-buahan diberikan secara berselang-seling setiap hari.
  • Alternatif lainnya, beberapa jenis buah dipotong kecil-kecil dan dicampur jadi satu dalam cepuk pakan (semacam cocktail).

3. Berikan pakan serangga

  • Beberapa jenis serangga memiliki kandungan protein tinggi, sehingga bisa diberikan kepada cucak jenggot yang melempem.
  • Jenis serangga yang bisa diberikan antara lain jangkrik, kroto, ulat hongkong, belalang, dan kepompong, Karena bertujuan menggacorkan kembali burung cucak jenggot yang melempem, porsi pakan serangga  lebih banyak daripada biasanya.
  • Selain serangga, Anda juga bisa memberikan sumber protein hewani lainnya, misalnya cacing tanah.

4. Jangan lupakan multivitamin

  • Sepanjang dalam kondisi fit dan sehat, burung pasti akan rajin bunyi. Untuk memastikan hal tersebut, Anda tidak boleh melupakan pemberian multivitamin seperti BirdVit yang dicampur dalam air minumnya, setiap beberapa hari sekali.
  • Multivitamin akan membuat kondisi burung kicauan lebih terjaga, sehingga tetap sehat, aktif, dan rajin berkicau.

5. Jangan sembarangan ganti voer

  • Terkadang penurunan performa cucak jenggot disebabkan terjadinya perubahan jenis / merek voer.
  • Kalau hal itu pernah Anda lakukan, sebaiknya tanyakan kepada pemilik lama mengenai jenis / merek voer yang selama ini dikonsumsi burung tersebut.
  • Kalau pun Anda ingin mengganti jenis / merek voer, sebaiknya dilakukan secara bertahap. Dalam hal ini, campur voer lama dan baru dengan perbandingan 5 : 1. Setiap minggu, perbandingannya diubah bertahap menjadi 4 : 2, 3 : 3, 2 : 4, 1 : 5, sampai akhirnya 0 : 6 yang berarti terjadi pergantian voer secara total.

6. Selalu menjaga kebersihan sangkar

  • Biasakan selalu menjaga kebersihan sangkar dan perlengkapannya setiap hari, atau minimal dua hari sekali. Hal ini untuk memastikan burung berada dalam lingkungan yang sehat.

Itulah beberapa tips menggacorkan burung cucak jenggot yang melempem atau tidak segacor saat pertama kali dibeli. Melalui pola rawatan rutin dan teratur, kondisi burung akan kembali pulih
Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.