Tips Om Mekrey merawat cucak jenggot jawara

Dalam even Jolo Tundo Cup 1 di Jepara, Minggu (14/9), dua kelas cucak jenggot dijuarai oleh burung-burung rawatan Om Mekrey. Cucak jenggot Shardova milik Om Rizal (Oppo Jepara) menjuarai Kelas Sejati. Adapun Nom Nom Gomez, milik Om Christ (Anugerah Jepara) memenangi Kelas Bintang.

cucak jenggot Shardova dan Nom Nom Gomez
Shardova (kiri) dan Nom Nom Gomez, dua cucak jenggot jawara yang dirawat Om Mekrey.

Nama Om Mekrey memang sudah tidak asing lagi di kalangan kicaumania Jepara dan sekitarnya. Dia rajin ke lapangan, dan dikenal sebagai spesialis atau mekanik khusus burung cucak jenggot di Jepara.

Tidak heran jika para pemain seperti Om Rizal dan Om Christ menitipkan perawatan gaco-gaconya ke Om Mekrey. “Di Jepara dan sekitarnya, cucak jenggot masih diminati. Dalam even Jolo Tundo Cup 1, setiap sesi diikuti lebih dari 20 ekor,” kata Om Mekrey kepada Om Kicau.

Om Rizal sejak lama hobi burung. Tetapi karena kesibukan kerja, dia kesulitan meluangkan waktunya untuk mengurus burung-burung koleksinya.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

“Makanya, saya percayakan perawatannya kepada ahlinya, yaitu Om Mekrey. Selain cucak jenggot, ada beberapa burung lain yang saya titipkan kepada beliau,” kata Om Rizal.

Selain Shardova dan Nom Nom Gomez, Om Mekrey juga merawat tiga ekor cucak jenggot lainnya di rumah. Sparing partner bagi cucak jenggot di rumah itu perlu, agar birahinya tak terlalu memuncak.

“Jika cucak jenggot hanya sendirian, dia kurang mau bunyi. Jadi saya mengakalinya dengan merawat beberapa burung sejenis di rumah. Yang penting satu sama lain jangan saling melihat, cukup dengar suaranya saja, sebagai sparing patner,” pesan Om Mekrey.

Om Mekrey, spesialis cucak jenggot
Om Mekrey bersama cucak jenggot Nom Nom Gomez.

Dalam tulisan ini, sobat kicaumania bisa melihat model perawatan cucak jenggot yang berbeda antara Shardova dan Nom Nom Gomez. Kok bisa beda, Om?

“Ya, kita harus tahu tabiat dan karakter burung masing-masing. Beda burung, sangat mungkin beda juga perlakuannya. Kita cari setelannya sehari-hari, sehingga bisa tahu apa yang dikehendaki masing-masing burung,” kaya Om Mekrey.

Perawatan cucak jenggot Nom Nom Gomez

Cucak jenggot yang satu ini punya keunggulan nggak pernah pindah tangkringan saat tampil berlaga di lapangan. Jadi selalu di satu titik tangkringan, stabil, dan kerjanya kontinyu.

Burung ini baru diperoleh tiga bulan lalu, dalam sebuah latber di Jepara. Tiga bulan dipoles, prestasi tak memalukan sang pemilik.

Cucak jenggot Nom Nom Gomez
Cucak jenggot Nom Nom Gomez.

Awalnya cucak jenggot Nom Nom Gomez tampil sebagai juara 3 dalam even Astra di Jepara, juara 2 Road to Putra IMI di Stadion Joyokusumo Pati, kemudian menjadi juara 1 di Kayen Pati, even Godong, Purwodadi, dan Jolo Tundo Cup Jepara.

Prestasinya yang menunjukkan grafik meningkat bakal menjadi ancaman bagi cucak jenggot lainnya, baik di wilayah timur pantura Jateng maupun di Blok Tengah.

Berikut ini tips perawatan cucak jenggot Nom Nom Gomez:

  • Setiap hari diberi 1 buah pisang kepok.
  • Porsi jangkrik 2 ekor pagi hari dan 2 ekor lagi pada sore hari.
  • Mandi di karamba, setiap pagi (sebelum dijemur).
  • Penjemuran mulai pukul 08.00 hingga 10.00.

Perawatan cucak jenggot Shardova

Suasana kelas cucak jenggot
Suasana kelas cucak jenggot dalam even Jolo Tundo Cup 1 di Jepara, Minggu (14/9).

Shardova sudah lama di tangan Om Mekrey, bahkan sering juara di wilayah timur pantura Jateng. Cucak jenggot yang satu ini memiliki keunggulan pada lagunya yang ngerecet seperti burung gereja tarung atau suara lovebird.

Berikut ini ilustrasi suaranya:

“Crecet.. crecettt… crecettt… crettttt… crekkk-crekkkk… srekkk… srekkk… plik… plikkk-plikk… srekkk… srekkk… crecettt… crettt… cretttt… cretttt-cretttttt… (diulang-ulang secara panjang”.

Paduan suara yang dikeluarkan cucak jenggot Shardova inilah yang membuatnya terlihat sangat menonjol saat tampil di lapangan.

Berikut ini tips perawatan cucak jenggot Shardova:

  • Setiap hari diberi 1 buah pisang kepok.
  • Porsi jangkrik 1 ekor pagi hari, dan 1 ekor pada sore hari (bandingkan dengan Nom Nom Gomez).
  • Mandi di karamba, tetapi pada sore hari. Sebelum dimandikan, diangin-anginkan dulu.
  • Penjemuran mulai pukul 08.00 hingga 10.00.
  • Jika mau lomba, maka H-1 (Sabtu) diberi 5 ekor ulat hongkong berwarna putih.

Jika Anda ingin sharing atau curhat soal perawatan cucak jenggot jawara, hubungi saja Om Mekrey melalui Pin BB 26c25ecd. (v1rgoboy)

Semoga bermanfaat.

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

2 Comments

Komentar ditutup.