Tips mengatasi burung cendet yang gemar melantai

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Tips mengatasi burung cendet yang gemar melantai –Cendet yang berbunyi sambil nagen tentu sangat disukai. Selain bisa tampil secara full power, penampilannya juga dapat memberi nilai tambah saat dilombakan. Namun tidak semua cendet bisa tampil dengan gaya nagen. Beberapa di antaranya malah hanya mau bersuara di dasar sangkar alias melantai.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

mengatasi burung cendet yang gemar melantai
Tips mengatasi burung cendet yang gemar melantai.

Melantai adalah istilah di kalangan kicaumania untuk menyebut perilaku burung yang gemar beraktivitas di dasar sangkar, termasuk saat berkicau. Sebagian kicaumania menganggap burung yang gemar melantai akan membuat penampilannya tidak maksimal.

Selain itu, suara kicauannya pun cenderung kurang power, tidak seperti burung yang berkicau sambil berdiri tegak di tenggeran alias nagen.

Cendet merupakan jenis burung yang memiliki karakter nagen. Gaya berkicaunya dilakukan sambil berdiri tegak di atas tenggeran, terkadang disertai dengan ekor yang menyatu maupun dikembangkan.

Tetapi tidak semua burung cendet tampil dengan gaya seperti itu. Perawatan kurang tepat atau akibat faktor lainnya dapat mempengaruhi gaya cendet ketika berkicau.

Melantai biasanya dilakukan karena sudah menjadi kebiasaan cendet tersebut. Hal ini sering dijumpai pada cendet muda, atau karena terlalu manja.

Perilaku tersebut juga bisa disebabkan kondisi burung kurang fit. Akibatnya, ketika bertemu lawan tandingnya, burung tidak memiliki stamina yang cukup, sehingga lebih sering berada di dasar sangkar.

Faktor lainnya adalah kebiasaan kicaumania yang selalu menggunakan kerodong untuk menutupi sangkarnya, tetapi melupakan fungsi resleting. Kadang sangkar sudah ditutupi kain kerodong, tapi resleting dibiarkan terbuka. Akibatnya, cendet akan sering turun tenggeran untuk mengintip keluar dari dasar sangkar. Hal ini akan menjadi kebiasaan buruk yang terbawa sampai di arena lomba.

Mengatasi cendet yang gemar melantai

mengatasi burung cendet yang gemar melantai
Cendet yang gemar melantai bisa menyebabkan bulu ekor mudah rusak.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Mengatasi burung cendet yang gemar melantai dapat dilakukan melalui beberapa pola rawatan sebagai berikut:

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

  • Jika perilaku tersebut muncul akibat pemberian pakan tambahan / EF yang berlebihan, sehingga burung over birahi, maka solusi terbaik adalah mengurangi EF terutama jangkrik. Anda juga harus mulai merutinkan terapi mandi malam dan pengembunan.
  • Jika masalah tersebut disebabkan burung kurang fit, maka berikan EF yang lebih bervariasi, khususnya serangga seperti jangkrik, ulat bambu, belalang, dan sejenisnya. Selain itu, berikan multivitamin seperti BirdVit yang dapat membantu mempercepat proses pemulihannya.
  • Jika kebiasaan melantai ini akibat burung terlalu manja, tentu membutuhkan penanganan ekstra. Selain itu juga dibutuhkan pengamatan untuk mengetahui perkembangan dari perilakunya.
  • Cobalah memberikan EF dalam jumlah lebih banyak secara bertahap. Setelah itu amati perilakunya. Jika terdapat perbaikan penampilan, maka setelan itulah yang digunakan.
  • Lakukan hal yang sama pada waktu burung akan dilatih dengan cendet lain. Pengamatan ini juga dibutuhkan, terutama untuk menyiapkannya ke arena lomba.

Selain mengatur ulang setelan pakannya, perawatan lain seperti mandi dan jemur harus mendapat perhatian. Sebisa mungkin cendet menjalani terapi mandi malam, meski hanya 1-2 kali seminggu. Terapi pengembunan bisa dilakukan agar burung memiliki stamina lebih baik.

Cara melatih burung cendet agar mau nagen

cendet nagen
Tips melatih burung cendet agar mau nagen.

Metode lain yang bisa dilakukan adalah melatih agar cendet mau dan terbiasa berada di atas tenggeran. Ada beragam cara untuk melatih burung cendet agar mau nagen, antara lain:

  1. Membuat ranjau atau halangan di dasar sangkar, yang membuat burung enggan turun ke bawah. Ada beberapa jenis ranjau / halangan yang umum digunakan. Info lebih lengkap, silakan lihat artikel Empat jenis ranjau yang umum digunakan agar burung nancep di tangkringan
  2. Tenggeran dengan ukuran tepat dapat membuat burung merasa nyaman, sehingga mengurangi kebiasaannya turun di dasar sangkar. Tenggeran dengan tekstur kasar dan nyaman saat dicengkeram akan membuat cendet lebih nagen saat ngoceh. Anda bisa melakukan ujicoba beberapa tenggeran untuk mencari ukuran yang sesuai.
  3. Terkadang ada cendet yang terlalu aktif saat berkicau, sehingga sering turun ke dasar sangkar. Ini dapat disiasati dengan memberikan beberapa tenggeran di dalam sangkar. Dengan begitu, cendet tak tertarik lagi untuk turun ke dasar sangkar ketika berbunyi.

Itulah beberapa cara mengatasi burung cendet yang gemar melantai.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.