Tips mengatasi burung jalak suren bersuara monoton

Beberapa jenis burung kicauan diketahui memiliki kemampuan mimikri atau pandai menirukan suara, salah satunya adalah jalak suren. Dengan suara isian tersebut, burung akan berkicau dengan lagu-lagu yang bervariasi. Tapi bagaimana kalau jalak suren yang dipelihara malah cenderung bersuara monoton? Untuk itu, silakan simak tips mengatasi burung jalak suren bersuara monoton berikut ini.

Kontak Whatsapp Om Kicau? Klik ini (akan dibalas begitu ada sempat).

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

mengatasi burung jalak suren bersuara monoton
Jalak suren memiliki suara kicauan yang lantang dan bervariasi.

Sebagian penggemar jalak suren umumnya lebih suka merawat burung ini sejak masih trotolan. Pada umur tersebut, burung bisa dimaster dengan suara-suara yang diinginkan pemiliknya.

Sebagaimana jenis burung kicauan lainnya, jalak suren pada fase awal berkicau dengan celotehan tak jelas, atau hanya ngeriwik kasar. Setelah berumur lebih dari 12 bulan (1 tahun), burung sudah pandai berkicau dengan suara lantang dan isian yang sangat bervariasi.

Namun tidak semua burung jalak suren mau mengeluarkan suara yang bervariasi. Tak sedikit kicaumania yang mengeluh jalak suren piaraannya hanya bersuara monoton dan cenderung ngeriwik. Padahal burung sudah cukup umur.

TBB bikin burung ngos jadi joss

Tips menangani burung jalak suren bersuara monoton

Berikut ini beberapa tips yang bisa diterapkan untuk mengatasi burung jalak suren besuara monoton.

Perlu diketahui, jalak suren bukan burung bertipe fighter / petarung sebagaimana kacer dan murai batu. Sebagian besar anggota keluarga jalak-jalakan merupakan burung koloni.

Ketika sedang berkumpul, mereka saling berbagi suara isian (song-sharing). Nah, kondisi ini bisa diterapkan untuk melatih jalak suren bersuara monoton agar mau mengeluarkan suaranya yang lebih bervariasi.

Cara yang bisa dilakukan adalah menempelkan jalak suren bersuara monoton dengan burung sejenis yang sudah gacor dan punya isian variasi. Hal itu dapat memancing jalak suren monoton untuk mengeluarkan suara kicauannya secara lebih bervariasi pula.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

mengatasi burung jalak juren bersuara monoton
Tips mengatasi burung jalak juren bersuara monoton.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Alternatif lainnya adalah menitipkan jalak suren monoton kepada tetangga atau pedagang yang punya burung sejenis dan gacor. Bisa juga memanfaatkan jenis jalak jenis lain yang sudah gacor seperti jalak kerbau, jalak hongkong, atau jalak suren malaysia.

Berikan pakan tambahan / extra fooding (EF) dalam takaran yang lebih banyak daripada biasanya. EF yang bisa membuat jalak suren rajin bunyi antara lain jangkrik, ulat hongkong, dan buah-buahan (pisang dan pepaya).

Untuk sementara waktu, air minum bisa diganti dengan larutan penyegar sampai burung mau bersuara secara lebih bervariasi.

Bagaimana dengan penjemurannya? Coba jemur burung dengan durasi lebih lama daripada biasanya. Saar dijemur, burung bisa dipancing bunyi dengan memutarkan suara masteran, atau didekatkan dengan jalak suren lainnya.

Selain itu, jangan pernah lupa menjaga kebersihan sangkar dan aksesorisnya, karena jalak suren termasuk burung yang jorok.

Itulah beberapa tips mengatasi burung jalak suren bersuara monoton. Jika hal ini dilakukan secara teratur, burung bisa mengeluarkan suara lantang dan lebih bervariasi.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.