Bintang Arwana BF Karawang: Sukses orbitkan murai batu Raja Cilik, kini tambah indukan baru

Om Tryanto telah membuktikan diri eksis sebagai pemain dan breeder murai batu. Sebagai breeder, dia mempunyai penangkaran murai batu Bintang Arwana BF di kawasan Grand Redinda I, Karawang (WA 0819 083 99 777). Sebagai pemain, dia sukses mengorbitkan murai batu Raja Cilik.

Bintang Arwana BF Karawang
Om Tryanto di depan breeding ternak murai batu.

Bahkan setelah menjuarai even B16 Cup di Tangerang (30/4), murai batu Raja Cilik dibeli koleganya, dan sampai sekarang stabil di jalur juara.

Kendati kehilangan salah satu jagoannya, Om Tryanto masih punya sejumlah murai batu yang sedang diorbitkannya. Salah satunya adalah Raja Hutan.

Murai batu Raja Hutan
Murai batu Raja Hutan, pengganti Raja Cilik.

Om Tryanto juga fokus mengembangkan breeding murai batu, yang sudah dilakoninya lebih dari tiga tahun. Saat ini Bintang Arwana BF memiliki 10 petak kandang.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

IKUTI OM KICAU DI INSTAGRAM

Sebagian besar materi indukan merupakan eks gaco-gaconya yang pernah menjuarai lomba, antara lain Agogo, Samurai, dan Reinkarnasi.

Belum lama ini, beberapa murai batu jawara juga dimasukkan ke kandang ternak, untuk menambah materi indukan. Di antaranya murai batu Bomber, Raja Medan, Algojo, Dinamit, dan Dewa.

Sejak awal beternak, Om Tryanto memang tidak mengejar kuantitas, melainkan kualitas. Tidak heran jika produknya kerap habis, sehingga beberapa calon pembeli seringkali indent terlebih dulu.

Om Tryanto
Om Tryanto bersama koleksi trofi beberapa murai batu orbitannya.

Karena sebagian besar induk jantan adalah burung eks jawara, Om Tryanto mengimbanginya dengan melakukan seleksi ketat terhadap calon induk betina. Bahkan sebagian induk betina merupakan hasil ternak Bintang Arwana BF, sehingga datanya sudah terekam sejak menetas.

Untuk mencetak anakan berkualitas, dia juga aktif memantau hasil perkawinan dari setiap pasangan induk. Kalau hasilnya belum sesuai harapan, maka pasangan ini akan dibongkar dan diganti pejantan atau betina baru.

Kandang ternak terbuat dari alumunium (rangka) dan kawat halus (dinding) yang ditempatkan dalam ruangan (indoor). Setiap petak kandang memiliki ukuran lebar 1,2 meter, panjang 2 meter, dan tinggi 2,5 meter.

Kandang-kandang ini ditata rapi dalam ruangan yang bersebelahan dengan ruang tamu. Jadi, setiap tamu bisa melihat langsung kandang murai batu.

Kotak sarang ditempatkan di setiap sudut kandang. Biasanya dalam satu petak kandang ada 2 kotak sarang, sehingga burung bisa memilih sarang yang disukainya.

Kandang dilengkapi dengan bak mandi yang selalu terisi air bersih. Ada juga pepohonan kecil dalam pot. Lantai kandang ditutup pasir.

Induk betina rata-rata menghasilkan 2-3 butir telur. Setelah menetas, anakan murai batu dibiarkan dalam perawatan induknya.

Bintang Arwana BF Karawang
Umur 7 hari, anakan murai batu dipanen.
Bintang Arwana BF Karawang
Kandang pembesaran anakan murai batu.

Usai dipanen langsung dipasangi ring

Jika sudah berumur 7 hari, anakan dipanen dan dipasingi dua ring. Yang satu ring BnR, yang satu lagi ring Bintang Arwana BF.

pemasangan ring anakan burung
Usai dipanen, anakan murai batu langsung dipasangi ring.

Anakan murai batu dimasukkan ke kandang pembesaran. Pada umur 1,5 bulan, trotolan murai batu ditempatkan dalam sangkar soliter. Artinya, satu sangkar hanya diisi satu trotolan saja.

Bintang Arwana BF Karawang
Trotolan murai batu sebelum dipindah ke sangkar soliter.

Harga trotolan murai batu produksi Bintang Arwana BF rata-rata Rp 3,5 juta / ekor. Selain beternak murai batu, Om Tryanto sejak lama dikenal sebagai pembudidaya ikan arwana di Bogor. (d’one)

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

1 Comment

Komentar ditutup.