Cara merawat burung anis merah agar cepat ngeplong

Penggemar anis merah belum habis! Meski pamornya di arena lomba cenderung menyusut, anis merah tetap disukai para penggemarnya. Bahkan di beberapa kota, misalnya Jogja, muncul kebangkitan kembali anis merah di lapangan. Kali ini, omkicau.com akan menampilkan artikel bertajuk cara merawat burung anis merah agar cepat ngeplong.

cara merawat burung anis merah
Tips perawatan burung anis merah agar cepat ngeplong.

Sebagian kicaumania menganggap anis merah termasuk burung yang gampang-gampang susah. “Gampang dirawat tapi susah bunyi,” begitu istilah mereka.

Hal itu antara lain disebabkan perilaku anis merah yang cenderung mudah berubah. Faktanya, kalau kita memahami betul karakter anis merah, maka perawatan selanjutnya akan menjadi lebih mudah.

Meski perawatannya dianggap susah, burung pengicau dari keluarga Turdidae ini justru makin digemari. Sampai hari ini terus bermunculan komunitas anis merah di beberapa daerah.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Melalui komunitas tersebut, para penggemar anis merah (terutama pemula) mudah mengetahui tips dan bagaimana cara memaksimalkan penampilan burung, termasuk membuatnya cepat ngeplong.

Salah satu topik yang ramai diperbincangan para anis mania di beberapa daerah dalam pekan-pekan terakhir adalah pemanfaatan buah harendong. Konon, buah ini bisa membuat anis merah lebih cepat bersuara ngeplong.

Harendong adalah sejenis tanaman perdu yang buahnya memiliki rasa cukup manis. Buah ini digemari oleh berbagai jenis burung di alam liar.

Sebelum menjadi pembicaraan di kalangan merah mania, para penggemar cucak jenggot juga sudah mencoba buah harendong untuk momongannya. Ternyata harendong juga bisa mendongkrak stamina burung cucak jenggot, bahkan membuatnya rajin bunyi.

Untuk mengetahui lebih banyak mengenai manfaat buah harendong untuk burung kicauan, silakan cek lagi artikel ini:

Buah harendong untuk memulihkan kondisi dan dongkrak stamina cucak jenggot.

Selain harendong, Anda juga bisa memberikan buah-buahan lain dalam kondisi sangat matang. Kalau belum matang, Anda bisa menyimpannya selama beberapa hari sampai buah benar-benar matang.

Sebagai pelengkap, berikut ini beberapa cara merawat burung anis merah agar cepat bersuara ngeplong:

  • Mengatur ulang pemberian pakan tambahan / EF dengan menyesuaikan kebutuhannya. Pakan tambahan yang biasa diberikan kepada anis merah adalah jangkrik, ulat hongkong, kroto, dan cacing tanah. Berikan EF dengan takaran sesuai kebutuhan, sambil tetap melakukan pengamatan terhadap perilakunya.
  • Rutin melakukan pengembunan juga bisa memancing anis merah yang hanya ngeriwik menjadi bersuara lebih lantang / ngeplong. Namun perlu diperhatikan kondisi cuaca saat burung akan diembunkan. Lalau turun hujan, sebaiknya jangan nekat melakukan pengembunan.
  • Perdengarkan suara musik berirama khusus, seperti musik klasik, suara suling, kecapi, suara gelombang televisi / radio yang kosong, dan sebagainya, sebagai terapi untuk memancing anis merah agar cepat ngeplong.
  • Jaga kebersihan sangkar dan perlengkapannya. Sangkar yang bersih akan membuat anis merah makin aktif, sehingga terpancing untuk bersuara lebih kencang. Selain itu, sangkar bersih juga membuat burung lebih sehat karena terhindar dari serangan agen-agen penyakit, terutama bakteri, jamur, dan parasit.

Untuk tips lain mengenai perawatan burung anis merah agar cepat ngeplong, simak kembali artikel berikut ini:

Mengatasi burung anis merah yang susah ngeplong

Itulah beberapa cara merawat burung anis merah agar cepat ngeplong. Selain menerapkan perawatan di atas, rekan-rekan kicaumania juga harus sabar dan telaten. Selamat mencoba.
Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:


BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

1 Comment

Komentar ditutup.