Buah harendong untuk memulihkan kondisi dan dongkrak stamina cucak jenggot

Harendong termasuk sejenis tanaman perdu, anggota keluarga Senggani (Melastomataceae). Buahnya terasa manis dan sangat digemari oleh berbagai jenis burung di alam liar. Bahkan sebagian kicaumania juga kerap memanfaatkan buah harendong untuk memulihkan kondisi dan mendongkrak stamina burung kicauan, terutama cucak jenggot.

Harendong yang digunakan untuk memulihkan kondisi dan dongkrak stamina burung cucak jenggot
Buah harendong bisa digunakan untuk memulihkan kondisi dan dongkrak stamina cucak jenggot.

Tanaman harendong yang memiliki banyak cabang ini biasanya tumbuh liar di semak belukar, pinggiran hutan, dan tepian bukit / jurang. Secara umum ada tiga spesies tanaman harendong, yakni:

  • Harendong gede (Melastoma polyanthum): Buahnya buni, bulat telur, dan berwarna merah. Bijinya kecil dan juga berwarna merah.

Buah harendong gede

  • Harendong bulu (Clidemia hirta): Buahnya buni, bulat telur, berwarna ungu. Bijinya kecil dan berwarna ungu.

Buah harendong bulu

  • Harendong monyet / jambu tangkalak (Bellucia axinanthera): Buahnya buni, berbentuk bulat seperti periuk dengan tajuk kelopak yang berdaging, dan berwarna kuning gading. Bijinya banyak dan kecil-kecil.

Buah harendong monyet / jambu tangkalak

Dari ketiga spesies tersebut, yang paling banyak digunakan rekan-rekan kicaumania untuk memulihkan kondisi dan mendongkrak stamina burung kicauan adalah buah harendong gede. Harendong merupakan nama lokal Sunda. Masyarakat Jawa sering menyebutnya tanaman senggani.

Harendong merupakan salah satu jenis tanaman herbal. Hampir semua bagian tanaman ini memiliki manfaat untuk penyembuhan berbagai jenis penyakit / gangguan kesehatan.

Daun harendong gede yang berbentuk bulat lonjong dan berujung lancip banyak mengandung saponin, tlavonoida, dan tanin. Jika digunakan secara tepat, maka bisa membantu mengatasi gangguan pencernaan, diare, radang usus, sariawan, hingga masalah keputihan.

Buahnya yang matang dan manis sangat digemari berbagai jenis serangga dan burung-burung liar seperti kutilang, trucukan, burung-madu, dan sebagainya. Bahkan para penggemar cucak jenggot kerapkali memanfaatkan buah ini untuk pemulihan kondisi dan mendongkrak stamina burung kesayangannya.

Buah harendong yang disukai oleh berbagai jenis burung liar
Buah harendong disukai oleh berbagai jenis burung liar (image:besgroup.org)

Penelitian mengenai dampak buah harendong terhadap performa cucak jenggot dan jenis burung lainnya memang belum pernah dilakukan. Tapi banyak kicaumania yang mengakui manfaatnya setelah burung rutin mengkonsumsi buah ini.

Bahkan Bas van Ballen, salah seorang peneliti burung terkemuka, pernah merekomendasikan tanaman ini dalam daftar jenis vegetasi yang memiliki aneka manfaat untuk burung.

Memulihkan kondisi burung cucak jenggot yang ngedrop

Buah harendong berbentuk kecil dan bulat. Jika sudah matang, buahnya akan merekah berwarna merah atau ungu (tergantung jenisnya). Buah inilah yang bisa diberikan untuk memulihkan kondisi burung cucak jenggot yang sedang ngedrop karena stres atau bertelur.

Tidak ada batasan mengenai berapa porsi buah harendong yang harus diberikan. Biasanya sih, cucak jenggot mania akan memberikan sebanyak 10 – 15 buah matang selama masa terapi.

Mendongkrak stamina burung cucak jenggot

Selain memberikan pisang dan jangkrik, banyak cucak jenggot mania yang memberikan 5 buah harendong matang setiap hari. Pemberian buah harendong setiap pagi ini dipercaya dapat membantu mendongkrak stamina dan / atau meningkatkan performa burung yang dirawat sebagai masteran maupun dilombakan.

Demikian tips dan manfaat buah harendong untuk memulihkan kondisi burung cucak jenggot yang sedang ngedrop maupun untuk mendongkrak staminanya.

Semoga bermanfaat.

Salam sukses, Salam dari Om Kicau.




Aplikasi Android omkicau.com gratis

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
SCAN SAJA ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE
BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Jika Anda kesulitan mencari artikel di blog ini, silakan dicari dengan memasukkan kata kunci artikel yang Anda cari, pada kolom kosong yang tertera pada halaman ini.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.