Tips mematangkan buah pisang untuk pakan burung kicauan

Pisang termasuk salah satu jenis pakan yang biasa dikonsumsi burung kicauan pemakan buah. Selain mudah didapat, pisang juga tidak cepat habis dalam waktu sehari. Tetapi ketika membeli di pasar, terkadang, kita memperoleh pisang yang masih mentah. Memang, ada kicaumania yang senang memberikan pisang mengkal / mentah. Tapi pisang yang sudah matang tentu lebih gampang dicerna burung. Berikut ini tips mematangkan buah pisang untuk pakan burung kicauan.

tips mematangkan buah pisang
Tips mematangkan buah pisang untuk pakan burung kicauan.

Beberapa jenis burung kicauan seperti cucak hijau, cucak jenggot, kapas tembak, cucakrowo, kutilang, jalak, trucukan, dan sebagainya sangat menyukai pisang sebagai pakan utamanya. Jenis pisang yang banyak digunakan adalah pisang kepok yang daging buahnya putih. Pisang ini mempunyai beragam manfaat untuk burung kicauan.

Pisang kepok banyak dijual di pasar tradisional maupun supermarket. Namun para kicaumania harus pandai memilih pisang yang akan dibeli. Tidak jarang pedagang mengkarbit pisang agar cepat matang. Nah, kalau pisang karbitan ini selalu dikonsumsi burung, tentu akan berbahaya bagi kesehatannya.

Ada juga kicaumania yang membeli pisang yang masih mentah, untuk persediaan momongannya. Pisang ini nantinya disimpan sampai matang, sebelum diberikan kepada burung . Berikut ini tips mematangkan buah pisang sebelum diberikan kepada burung kicauan.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

IKUTI OM KICAU DI INSTAGRAM

Tips mematangkan buah pisang untuk pakan burung kicauan:

  • Siapkan beberapa buah pisang yang akan dimatangkan.
  • Siapkan juga kantung kertas untuk media penyimpanan. Kantung kertas ini bisa dibuat sendiri menggunakan kertas koran, yang bentuknya menyerupai kantung kertas yang biasa dipakai tukang gorengan.
  • Masukkan beberapa pisang ke dalam kantung kertas, kemudian lipat bagian atas kertas untuk membungkus / menutupinya.
  • Pisang menghasilkan gas etilena, yang bisa memicu pematangan. Dengan menyimpan dalam kantong kertas, gas tersebut akan mempercepat proses pematangannya.
  • Untuk mempercepat pematangannya, Anda juga bisa menambahkan buah-buahan lain ke dalamnya, misalnya apel, pir, alpukat, dan tomat. Buah-buahan ini akan mengeluarkan gas yang sama, sehingga proses pematangan pada pisang menjadi lebih maksimal.
  • Penggunaan kantung kertas sangat dianjurkan, karena gas etilena lebih cepat terkumpul. Kalau menggunakan kantung dari bahan lain, misalnya plastik, justru menghambat oksigen dan menurunkan produksi gas etilena.
  • Simpan kantung kertas dalam ruangan hangat. Suhu ruangan secara signifikan akan mempercepat pematangan pisang.
  • Jangan menyimpan kantung kertas di tempat lembab, sebab mudah terkena jamur dan bakteri yang merugikan.
  • Biasanya, pisang akan matang dalam waktu kurang dari 48 jam. Karena itu, sering-seringlah memeriksa kantung kertas untuk memastikan kematangannya. Setelah ada yang matang, segera berikan kepada burung kesayangan Anda.

Itulah tips mematangkan buah pisang untuk pakan burung kicauan. Untuk mengawetkan pisang matang agar tidak cepat, Anda bisa membungkusnya dengan kertas koran sampai rapat, lalu simpan dalam lemari pendingin.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.