Kiprah 911 SF: Selain merawat burung juga mengelola kafe, bengkel, dan cuci kendaraan

Kiprah 911 SF bisa dijadikan inspirasi bagi single fighter maupun klub burung lainnya. Single fighter yang bermarkas di Surabaya ini tak hanya berkutat dalam perawatan burung, atau berpartisipasi dari even yang satu ke even lainnya.

911 SF Surabaya
Abah Hudan (kaos merah) bersama para personel 911 SF.

911 SF / Nine-One-One-SF juga mengelola serta membina berbagai bidang usaha, sehingga memberi kesempatan kerja bagi puluhan anak muda.

Siapa sih di balik 911 SF yang sepanjang tahun 2017 hingga kuartal pertama 2018 kian berjaya dalam berbagai even lokal, regional bahkan nasional? Tentu saja Abah Hudan, pemilik murai batu Pendekar yang menjadi juara 1 dan 3 dalam even kolosal Piala Raja 2017.

Dalam perbincangan dengan omkicau.com, Om Taufiq Wibisono selaku panglima lapangan menjelaskan, nama single fighter ini diadopsi dari nama usaha Abah Hudan yang bergerak di bidang teknik.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Murai batu Pendekar
Murai batu Pendekar, jawara Piala Raja 2017.

 

Beberapa usaha binaan 911 SF

Meski jadwal lomba burung sangat padat, terutama di Blok Timur, Abah Hudan dan Om Taufiq tetap memperhatikan nasib para perawat dan kru 911 SF.

“Selain merawat burung, teman-teman kami beri kesempatan dan dukungan untuk belajar berwiraswasta. Kami terus melakukan pendampingan dan pembinaan terhadap bisnis mereka,” ujar Om Taufiq.

Abah Hudan
Bengkel teknik 911 milik Abah Hudan.

Tak hanya itu, single fighter ini juga membina beberapa usaha, antara lain Café Lambozta, jasa cuci kendaraan di Jalan Candi Lontar Kulon Surabaya, hingga kios perlengkapan burung di Jl Raya Bungkal, Manukan, Surabaya Barat.

kiprah 911 SF
Jasa cuci motor dan mobil yang dikelola kru 911 SF.
911 SF
Kios pakan burung binaan 911 SF di Jalan Raya Bungjal.

Bahkan Café Lambozta sering dijadikan ajang kopdar komunitas kicaumania, lantaran lokasinya luas dan nyaman. Bahkan kicaumania di luar personel 911 pun kerap nongkrong di kafe tersebut.

Cafe Lambozta

Cafe Lambozta
Cafe Lambozta jadi rujukan kopdar komunitas kicaumania di Surabaya.

Perhatian seperti inilah yang makin menumbuhkan kekompakan antarpersonel 911 SF, dan berimbas pada kinerja mereka dalam melakukan perawatan burung-burung koleksi Abah Hudan.

Selain Pendekar, 911 SF juga mempunyai sejumlah murai batu jawara. Misalnya Ganas, Anak Lanang, Petir, dan Rock n Roll. Ada lagi cucak ijo Sinden kerap menghiasi daftar juara dalam berbagai gelaran di Blok Timur.

Di luar amunisi andalannya, 911 SF masih memiliki puluhan burung pelapis. Gaco-gaco pelapis ini kerap diturunkan dalam even-even lokal dan regional, terutama ketika skuat utama tidak bisa dimainkan.

murai batu Ganas
Abah Hudan bersama MB Ganas dan tiga trofi kemenangannya di Bupati Cup 1 Kulonprogo.

Dalam Piala Raja 2017, murai batu Anak Lanang meraih juara kedua. Petir bertengger di posisi kesembilan. Secara keseluruhan, 911 SF meraih lima gelar dalam lomba burung kicauan terakbar di Indonesia tersebut.

Abah Hudan (911 SF)
Om Taufiq Wibisono (kaos hitam) sukses mengawal murai batu Bodrex milik Abah Hudan.

Dalam lomba besar lainnya, yakni Pakde Karwo Cup VII di Surabaya (22/10/2017), tujuh gaco Nine-One-One-SF juga meraih juara, terutama di kelas murai batu dan cucak ijo. Tak hanya itu, tim ini juga memenangi undian doorprize sepeda motor.

Tak punya target khusus, yang penting silaturahmi

Gelar juara umum single fighter pun berkali-kali diraih 911 SF, antara lain dalam even Anniversary BnR Koblen, CIAS Collaboration with STH, dan sebagainya.

911 SF
911 SF juara umum single fighter di Anniversary BnR Koblen.
911 SF
Juara umum dalam even CIAS Collaboration with STH.

Namun, sejak awal, Abah Hudan selalu mengingatkan kepada personelnya untuk tidak menargetkan apapun setiap kali mengikuti lomba. Apalagi single fighter ini masih seumur jagung, lantaran baru berkiprah tahun 2016.

“Soal prestasi, kami hanya berusaha bersaing semaksimal mungkin serta menjunjung sportivitas. Sebab bukan juara yang kami cari, melainkan keinginan mempererat persaudaraan dan tali silaturahmi antarkicaumania,” tandas Om Taufiq. (Endar)

logo 911 SF
Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:


BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.