Om Santo BKL-M: Tinggalkan sabung ayam, sukses beternak murai batu dan buka kios burung

Mau pasang iklan di Omkicau.com, klik di sini

Om Santo, pemilik BKL-M, awalnya pemain sabung ayam. Sang kakak, Om Hariyadi, tidak henti-henti menasihatinya untuk meninggalkan hobi tersebut dan beralih ke burung kicauan. Berkali-kali nasihat itu diabaikannya. Namun karena sang kakak tak bosan-bosan mengingatkan, akhirnya Om Santo pun mau mengikuti nasihat tersebut.

Om Santo BKL-M
Om Santo di depan kios burungnya.

Awal tahun 2015, dengan modal hanya Rp 2,5 juta, Om Santo membuka kios burung di depan rumah yang berada di Desa Boloh, Kecamatan Toroh, Kabupaten Grobogan.

Uang segitu dipakainya untuk membeli pakan burung seadanya. Sang kakak membantu membelikan berbagai jenis burung hasil pikatan untuk mengisi kios burung tersebut.

Pelan-pelan, kios burung itu laris-manis. Berbagai merek pakan, obat, serta vitamin burung tersedia. Bahkan dua tahun berselang, awal tahun 2017, Om Santo mendirikan penangkaran murai batu BKL-M.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

Dapatkan omkicau.com untuk Android dan IOS:

Aplikasi Android Omkicau.Com

Aplikasi IOS Omkicau.com
Gantangan BKL-M BC
Sukses buka kios burung dan ternak murai batu, Om Santo belum lama ini juga Launching Gantangan BKL-M BC.

“Beberapa pelanggan kios sering cerita kepada saya, bahwa prospek penangkaran murai batu sangat menggiurkan. Kebetulan beberapa pelanggan saya juga beternak murai batu. Saya lantas belajar kepada mereka,” jelas Om Santo.

Selama belajar, Om Santo tidak pernah bertanya berapa keuntungan beternak murai batu. Dia justru selalu bertanya, apa saja kendala yang sering dihadapi para peternak, terutama pemula.

Para penangkar kerap mengeluhkan proses penjodohan yang sulit. Bahkan banyak induk betina yang dibantai calon pasangannya. Hal inilah yang menjadi fokus Om Santo ketika mendirikan penangkaran murai batu BKL-M Bird Farm. BKL-M merupakan akronim dari “bakul manuk” yang berarti penjual burung.

Tatkala memulai beternak murai batu, Om Santo hanya bermodal tiga pasangan induk. Semua induk dibelinya dari rekan-rekan penangkar murai batu.

BKL-M Bird Farm
Bagian dalam kandang indukan milik BKL-M Bird Farm.

Setelah usahanya berkembang, Om Santo mulai memanfaatkan pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari Bank BRI untuk menambah jumlah induk.

Saat ini, BKL-M BF sudah memiliki 18 pasangan induk murai batu medan. Tetapi yang sudah produksi baru 10 pasang. Dalam sebulan, BKL-M bisa memanen 15-25 ekor anakan murai batu.

“Alhamdulilah, KUR BRI yang diperuntukkan bagi usaha mikro masyarakat sangat membantu dalam pengembangan usaha breeding saya. Sejak membuka kios dan beternak murai batu, saya sudah dua kali mengambil KUR BRI. Tinggal tiga bulan lagi lunas,” tutur Om Santo kepada omkicau.com.

BKL-M terapkan perkawinan monogami dan poligami

Dalam pengembangbiakan murai batu, Om Santo tak fanatik terhadap sistem perkawinan monogami maupun poligami. Kedua sistem itu bahkan diterapkan di BKL-M BF.

“Jika ada induk jantan dan betina terlihat cocok saat didekatan, ya langsung dipasangkan. Jika induk jantan terlihat ragu-ragu saat didekatkan, barulah saya terapkan sistem poligami,” jelasnya.

Setiap petak kandang ternak murai batu dibuat dalam ukuran 90 cm x 150 cm, dengan tinggi 180 cm. Rangka terbuat dari kayu, sedangkan dinding-dindingnya dari kalsiboad.

cara ternak burung murai batu
Dinding kandang indukan terbuat dari kalsiboard.

Pasangan induk diberi pakan utama berupa voer kiloan. Pakan tambahan / extra fooding (EF) berupa jangkrik dan kroto secukupnya.

Anakan murai batu yang baru menetas dibiarkan dalam pengasuhan induknya sampai umur 7 hari. Setelah itu dipanen dan dipindah ke kandang pembesaran, kemudian diloloh sendiri oleh Om Santo atau awak kandang yang membantunya.

breeding murai batu
Kandang pembesaran anakan murai batu dilengkapi lampu penghangat,

Bahan lolohan terbuat dari campuran jangkrik, kroto, serta cacing tanah yang ditumbuk menyerupai bubur. “Saya lebih suka memanen sejak dini, dengan pertimbangan agar trotolan tidak banyak yang mati akibat dihajar induknya,” kata Om Santo.

ternak murai batu
Kandang battery untuk pembesaran anakan murai batu.

Pemasteran dilakukan sejak trotolan hingga lepas trotol, menggunakan burung-burung yang ada di kios Om Santo. Beberapa burung masteran yang ada antara lain cililin, cucak jenggot, lovebird, jalak suren, dan kenari. Ada juga walang kecek dan jangkrik khusus untuk masteran.

kios burung BKL-M

kios burung BKL-M
Pemasteran trotolan murai batu menggunakan burung-burung di kios BKL-M.

Untuk sementara, trotolan murai batu hasil breeding BKL-M BF baru dipasarkan di kios burung milik Om Santo. Harganya bervariasi, mulai dari Rp 2,5 juta hingga Rp 3 juta per pasangan. Kalau per ekor, harga mulai dari Rp 700 ribu hingga Rp 2 juta.

ternak murai batu
Beberapa trotolan murai batu hasil breeding BKL-M.
penangkaran burung murai batu
Trotolan murai batu sudah bisa nangkring.
ring BKL-M
Pemasangan ring BKL-M pada kaki anakan murai batu.

Tips beternak murai batu untuk pemula

Bagi Anda yang ingin beternak murai batu, Om Santo memberikan tips berdasarkan pengalamannya selama ini:

  • Siapkan modal yang cukup (Rp 10 juta – Rp 15 juta) untuk membeli induk (minimal 3 pasang) dan membuat kandang ternak.
  • Usahakan agar kandang selalu bersih, nyaman, dan sirkulasi udaranya baik.
  • Persiapan mental jika merugi.
  • Perhatikan step-by-step beternak murai batu secara benar. Baca referensi dari buku maupun website terpercaya, serta belajar langsung dari breeder senior.
  • Harus sabar dan telaten, terutama dalam proses penjodohan.
  • Memamahi benar prinsip rezeki agar tidak gampang iri terhadap sesama breeder. Boleh jadi modal sama besar, kepandaian satu level, kandang sama-sama bagusnya, pakan sama-sama bergizi, tetapi penghasilan setiap peternak tidak pernah sama.
  • Berdoa agar dimudahkan Tuhan selama menjalankan usaha penangkaran murai batu. (neolithikum)
BKL-M
Karyawan yang ikut membantu kios burung dan breeding murai batu.
Om Santo BKL-M
Om Santo bersama istri dan anak-anaknya.
BKL-M
Dari hasil kios burung dan penangkaran murai batu, Om Santo buka warung sembako yang dikelola istrinya.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.