Candi Borobudur Cup 1: Juara kelas bergengsi, murai batu Mahadewa batal boyong mobil

Mau pasang iklan di Omkicau.com, klik di sini

Even akbar Candi Borobudur Cup 1 yang dihelat di pelataran Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Minggu (8/4), diwarnai persaingan sengit di sejumlah kelas. Yang terpanas tentu saja murai batu. Di tengah persaingan ketat tersebut, murai batu Mahadewa andalan Sien Ronny SF (Surabaya) berhasil menjuarai kelas utama Borobudur (tiket Rp 2 juta) yang berhadiah 1 unit mobil.

murai batu Mahadewa juara Candi Borobudur Cup 1
Candi Borobudur Cup 1: Suasana penjurian murai batu kelas utama yang dimenangi Mahadewa.

Sayangnya murai batu Mahadewa gagal memboyong hadiah utama tersebut. Soalnya jumlah peserta hanya 30 ekor: kurang satu lagi agar syarat keluarnya hadiah utama terpenuhi.

Alhasil murai batu Mahadewa yang dikawal Om Arun Kwok dan putranya, Celvin, harus puas dengan hadiah Rp 25 juta. Juara kedua dan ketiga diraih murai batu Batosai andalan H Fitri BKS serta Dahlia 46 milik Sien Ronny SF.

murai batu Mahadewa
Murai batu Mahadewa andalan Sien Ronny SF.

Murai batu Mahadewa sehari-hari dirawat  Om Dedy Jaya Ban di Jambi. Adapun Batosai sehari-hari ditangani Om Teddy BKS di Jogja. Dalam even kali ini, Batosai juga memperkuat armada Sien Ronny SF.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

Dapatkan omkicau.com untuk Android dan IOS:

Aplikasi Android Omkicau.Com

Aplikasi IOS Omkicau.com

Kelas utama ini juga diikuti MB Kitaro yang sempat ditawar Rp 600 juta oleh Presiden Jokowi dalam even nasional Piala Presiden di Kebun Raya Bogor, 11 Maret lalu. Kitaro harus puas di posisi keenam, di bawah Ninja milik H Olik (Pekalongan) dan Bintang Timur milik Om Cahyo Matrix (Sien Ronny SF).

Murai batu Kitaro
Murai batu Kitaro milik Om Dede (Prima SF Brebes) dua kali juara pertama.

Namun Kitaro tetap menunjukkan performa terbaiknya, terutama di Kelas Magelang dan BnR Vit A. Dua kelas ini berhasil dimenanginya. Pada Kelas BnR Vit B, Kitaro nangkring di posisi kedua di bawah murai batu Doctor (Sien Ronny SF).

Murai batu Batosai kemudian menjuarai Kelas BOB, mengalahkan  Godeg andalan Jepara Center SF dan Mahadewa. Begitu pula Dahlia 46 uang menang di Kelas Ring BOB, unggul atas Joker orbitan Om Kris AW / Heri (SBBC) dan Brotherhood besutan Om Saprol Jaza (B90 Duta Pakualam).

Murai batu Batosai
Murai batu Batosai terbaik di Kelas BOB BnR Indonesia.

Laga seru juga tersaji di beberapa sesi cucak ijo. Sien Ronny SF kembali berjaya, kali ini melalui cucak ijo andalannya. New Rimba Sakti. Burung ini terbaik di Kelas BnR Jateng, serta juara 2 Kelas Vitagrow A.

Sien Ronny SF juga menurunkan cucak ijo Rimba Sakti dan berhasil meraih juara 3. Kedua burung ini awalnya mengorbit di tangan Om Kurniawan (Solo). Cucak ijo New Rimba Sakti saat ini ditangani Om Helmy Asalvo di Jogja.

Cucak ijo New Rimba Sakti
Cucak ijo New Rimba Sakti nyaris double winner.

Om Hendy Herdian (Tasikmalaya) menuai sukses di kelas kenari. Burung orbitannya, kenari Comando Jr, menjuarai dua kelas sekaligus (Kalitan AMB A dan Kalitan Gurah).

Kenari Comando Jr
Kenari Comando Jr milik Om Hendy Herdian nyeri juara 1.

Om Hendy Herdian juga menurunkan kenari Leon Jr yang berhasil menjuarai Kelas Kalitan Vitagrow, serta Paramita (juara 2 Kenari Besar AMB). Dalam even kali ini, Om Hendy Herdian memperkuat B90 Duta Pakualam.

Hasil nyeri juga diraih kenari Big Broo milik Om Mar-One (Dorang SF). Burung ini menyapubersih dua kelas yorkshire (BnR Vit dan AMB).

Penampilan ciamik diperlihatkan anis kembang Anomali B2. Gaco andalan Om Hanung Boyolali (B90 Duta Pakualam) ini menjuarai Kelas BnR Vit dan Vitagro. Anis kembang Lizzie kepunyaan Om Andri (Duta KAKS) meraih juara 2 dan 3 pada kedua kelas tersebut.

Anis kembang Anomali B2
Anis kembang Anomali B2 juga nyeri juara 1.

Double winner juga ditorehkan anis merah Dollar milik Om Karyadi (AE-1 Madiun). Dollar terbaik di Kelas BnR Vit, mengalahkan Rajawali milik Om Agus Joker (B90 Duta Pakualam).

Gelar kedua diraih Dollar di Kelas Vitagrow. Anis merah Rajawali terbaik di Kelas AMB A, sedangkan Luna Maya milik Om Bobby (Joko Tole Team) memenangi Kelas AMB B.

Sistem baru penilaian lovebird
Sistem baru penilaian lovebird BnR: Juri berada di dalam gantangan. Setiap juri memantau 6 gantangan.

Lovebird Israel yang makin melejit, kembali menunjukkan kehebatannya. Gaco andalan Om Erick (Langgeng Mulya SF) ini menjuarai Kelas BnR Vit. Dua lovebird hebat mampu dikalahkannya, yakni Condet milik Om Darsono / Fortuna BF Banjarnegara (B90 Duta Pakualam) serta Marocak milik Om Ferry Yong / Adam SOI (Duta Jateng Gayeng).

Lovebird Israel
Lovebird Israel milik Om Erick teebaik di Kelas BnR Vit.

Marocak kemudian menjuarai Kelas Vitagrow A, mengalahkan lovebird Gendewo andalan H Cahaya (Putra Candi Banjarmasin). Condet di posisi keempat, di bawah lovebird Sadewo milik Om Galuh 33 (B90 Duta Pakualam).

Lovebird Marocak
Tampil stabil, lovebird Marocak andalan Om Ferry Yong raih juara 1, 3, 4, 5.

Kelas Vitagrow B dijuarai lovebird Edane andalan Om Hendri (Buser SF). Om Ferry Yong juga sukses bersama gaco lawasnya, lovebird Opium, yang menjuarai Kelas AMB B. Kelas AMB A dimenangi LB Rambo koleksi Om Eko Jibril (God Bless SF),

Lovebird Gendewo dan Sadewo juga kebagian trofi juara pertama. Kedua burung ini masing-masing memenangi laga seru di Kelas Konslet Gurah A dan B.

lovebird Gendewo
Gaya lovebird Gendewo milik H Cahaya (Banjarmasin): Nyaris double winner.

Secara keseluruhan, lomba burung berkicau Candi Borobudur Cup 1 berlangsung meriah dan lancar. Seperti diberitakan sebelumnya, gelar juara umum BC dan SF masing-masing diraih B90 Duta Pakualam dan Sien Ronny SF. (OK-1, Endar)

Candi Borobudur Cup 1
Candi Borobudur Cup 1: B90 Duta Pakualam juara umum bird club.
Om Andry N
Om Andry N, pimpinan B90 Team, mengusung trofi juara umum BC
B90 Duta Pakualam
Om Andry dkk merayakan kemenangan timnya.

Baca juga Daftar juara / hasil lengkap Candi Borobudur Cup 1

Candi Borobudur Cup

Bang Boy
Bang Boy memberikan sambutan sebelum lomba dimulai.
Om Asep
Om Asep, ketua pelaksana, sukses mengemas even akbar.
Candi Borobudur Cup
Trofi para pemenang: Duh kerennya…
Tim juri BnR Indonesia foto bersama Bang Boy.
Panitia Candi Borobudur Cup dan Tim juri BnR Indonesia foto bersama Bang Boy.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.