Jengkel karena ulah tikus? Ini dia solusinya!

Mau pasang iklan di Omkicau.com, klik di sini

Solusi mencegah dan mengusir tikus –Tikus merupakan predator nomor wahid yang acapkali mengganggu dan memangsa burung-burung kicauan, baik burung lomba, burung kelangenan, maupun burung yang diternak. Untuk mencegah dan mengusir tikus, atau bahkan menangkapnya, berikut ini beberapa solusi yang dapat dilakukan rekan-rekan kicaumania.

Solusi mencegah dan mengusir tikus
Solusi mencegah dan mengusir tikus.

Selain kerap menghabiskan persediaan pakan untuk burung, tikus juga sering merusak sangkar, bahkan memangsa burung yang ada di dalamnya. Tidak sedikit peternak yang merugi akibat ulah tikus yang mondar-mandir di kandang penangkaran burung.

Berbagai upaya akan dilakukan kicaumania untuk mengusir hewan pengerat ini, mulai dari memberinya racun hingga menembakinya dengan senapan angin. Biasanya, di lain waktu, mereka akan datang lagi ke lokasi yang sama.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

Dapatkan omkicau.com untuk Android dan IOS:

Aplikasi Android Omkicau.Com

Aplikasi IOS Omkicau.com

Memanfaatkan tanaman pengusir tikus

Untuk mencegah kehadiran tikus, Anda bisa memanfaatkan tanaman dan / atau buah-buahan tertentu, antara lain:

  • Daun mint / pepermint
    Daun pepermint / mint sering dinikmati bersama teh hitam atau teh hijau. Daun ini juga bisa Anda manfaatkan untuk mengusir tikus yang membandel. Caranya, rendam beberapa lembar daun mint dalam segelas air. Air rendaman kemudian disemprotkan di area yang sering dilalui tikus.
  • Buah bintaro
    Buah bintaro sangat ditakuti tikus, karena mengandung racun yang bisa membasmi seluruh populasi tikus di sebuah rumah. Buah ini diletakkan di area yang banyak dikunjungi tikus, atau disimpan tak jauh dari kandang burung. Buah bintato banyak ditawarkan di berbagai situs jual beli online dengan harga bervariasi.
  • Buah mengkudu
    Buah mengkudu juga bisa dimanfaatkan untuk mengusir tikus. Buah ini memiliki aroma yang tidak disukai tikus, sehingga binatang pengerat tersebut enggan mendekati area yang terdapat buah ini. Pilihlah buah mengkudu yang sudah matang. Letakkan daging buahnya di tempat yang sering dilalui tikus, atau tidak jauh dari sangkar / kandang burung.
  • Daun sirsak
    Daun sirsak sudah lama digunakan untuk mengusir tikus. Aroma menyengat dari daun sirsak juga tidak disukai tikus. Cara penggunaannya, sobek beberapa daun sirsak lalu sebarkan di tempat yang selalu dilewati tikus atau dekat sangkar / kandang ternak.
  • Cengkeh, daun pandan, dan bawang putih
    Cara lain adalah menggunakan campuran cengkeh, potongan daun pandan, dan irisan bawang putih. Sebarkan di tempat yang kerap dilalui tikus atau dekat sangkar / kandang burung.

Membuat perangkap tikus sendiri

Perangkap tikus model umum bisa didapatkan di pasar-pasar tradisional. Hanya saja, hasilnya terkadang tidak begitu memuaskan. Anda bisa membuat sendiri perangkap tikus dengan memanfaatkan bahan-bahan di sekitar rumah, seperti botol bekas minuman atau ember bekas.

1. Perangkap tikus dari botol bekas

Botol bekas minuman bisa difungsikan sebagai perangkap tikus yang cukup ampuh. Perangkap ini bisa diaplikasikan di kandang ternak maupun ruangan tempat menyimpan burung. Bahan yang dibutuhkan antara lain:

  • 1 botol bekas minuman soda / air mineral ukuran 1 liter.
  • 2 karet gelang.
  • 1 paperclip / penjepit kertas.
  • Potongan kayu, atau bisa juga sumpit kayu.

Bagaimana cara pembuatannya? Silakan simak gambar berikut ini, sesuai dengan urutan nomornya:

Cara membuat perangkap tikus dari botol bekas
Cara membuat perangkap tikus dari botol bekas.

Keterangan gambar:

  1. 1/4 bagian dari botol dipotong menggunakan pisau / cutter.
  2. Sisakan sebagian tanpa dipotong sampai kepala botol bisa diangkat ke atas.
  3. Pasang sumpit kayu pada masing-masing bagian dari botol.
  4. Pasangkan karet pada masing-masing sumpit yang nantinya akan berfungsi sebagai pegas / penutup otomatis.
  5. Pasang klip kertas / paperclip di bagian dalam botol, lalu ikat dengan tali menyambung sampai ke kepala botol bagian depan (gambar 6).

Hasil akhir akan tampak seperti gambar berikut:

Perangkap tikus
Perangkap tikus.

Cara kerja dari perangkap ini adalah dengan memasang umpan pada penjepit kertas di bagian dalam botol. Ketika tikus menarik umpan, maka botol akan tertutup dengan sendirinya.

Perangkap tikus dengan memanfaatkan botol bekas minuman ini bisa dibuat dengan aneka model dan bentuk. Selain model di atas, perangkap model lainnya bisa dibuat seperti dalam video berikut ini:

2. Perangkap dari ember bekas

Perangkap tikus dari ember bekas
Perangkap tikus dari ember bekas.

Perangkap tikus dari ember bekas bisa menangkap beberapa ekor tikus sekaligus. Perangkap bisa diletakkan di dekat kandang ternak, atau di dalam ruangan tempat menyimpan berbagai jenis burung. Mengenai proses pembuatannya, silakan klik link artikel di bawah ini:

Membuat perangkap tikus di kandang penangkaran burung

Itulah beberapa solusi untik mencegah dan mengusir tikus yang kerap mengganggu burung. Selamat mencoba.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.