Almasrizky BF, salah satu pelopor breeding lovebird di Blora

Mau pasang iklan di Omkicau.com, klik di sini

Om Deddi Krisna Widya Kusuma (De Khukan) termasuk salah seorang pionir dalam breeding lovebird di Blora. Sejak tahun 2004, dia beternak lovebird dengan brand Almasrizky BF. “Saya nekat saja. Belajar autodidak dari buku dan referensi internet. Sebab saat itu belum ada yang beternak lovebird di Blora,” ujar Om Deddi kepada omkicau.com.

breeding lovebird Almasrizky BF
Om Deddi bersama istri dan kedua putrinya.

Penamaan Almasrizky BF diambil dari nama kedua putrinya, Almas dan Rizky. Dia berharap usahanya bisa menjadi berkah bagi keluarga, termasuk kedua putrinya.

Awalnya, Om Deddi hanya memiliki tiga pasangan induk lovebird. Beberapa anak yang dihasilkan tak dijual, namun dikawinkan dengan anakan-anakan lainnya.

Saat ini Almasrizky BF memiliki 16 pasangan induk dengan durasi ngekek yang panjang. Belum lama ini, Om Deddi mulai menambah indukan lovebird warna yang memiliki durasi ngekek panjang.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

Dapatkan omkicau.com untuk Android dan IOS:

Aplikasi Android Omkicau.Com

Aplikasi IOS Omkicau.com

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, Om Deddi sangat memperhatikan kondisi kandang. Sirkulasi udara di dalam kandang harus lancar, dan yang terpenting kandang selalu dalam kondisi bersih.

penangkaran burung lovebird
Kandang breeding lovebird Almasrizky BF Blora.

Meski menggunakan kandang battery, sejauh ini Om Deddi tidak mengalami kesulitan dalam proses penjodohan lovebird. “Yang penting, lovebird sudah berumur minimal satu tahun. Sebab pada umur tersebut, lovebird dalam masa birahi,” jelas Om Deddy yang memiliki usaha konter pulsa.

Lovebird jantan dan betina yang mau dijodohkan dimasukkan dulu dalam sangkar terpisah. Sangkar keduanya didekatkan. Jika burung saling mendekat, termasuk saat tidur, maka kedua burung segera disatukan dalam sangkar bulat. Jika benar-benar berjodoh, baru dipindah ke kandang ternak.

cara ternak burung lovebird
Kotak obat tidak terpakai dimanfaatkan sebagai inkubator alternatif.

Dulu, Almasrizky BF mengandalkan perawatan anakan kepada induknya. Namun sejak kelas lovebird paud / balibu makin marak, anakan umur 15 hari langsung dipanen untuk diloloh menggunakan spet.

“Saya meracik sendiri bubur lolohannya. Bahan baku terdiri atas bubur Sun rasa kacang hijau, beras merah, dan Vitachick,” jelas Om Deddi.

ternak lovebird
Piyikan lovebird baru saja menetas.

Adapun pakan induk terbuat dari milet putih (2 kg), milet merah (0,5 kg), canary seed (0,5 kg), serta kwaci / biji bunga matahari (1 ons). Jagung muda dan kangkung diberikan dua hari sekali.

Anakan lovebird dimaster sejak dini. Pemasteran dilakukan dalam ruang kosong di rumahnya. Untuk pemasteran, Almasrizky menggunakan audio mp3 yang diputar selama 24 jam dengan volume lirih. Materi lagunya menggunakan nada lovebird saja, agar fondasi nada dasarnya lebih kuat.

anakan lovebird

anakan lovebird

anakan lovebird
Perkembangan anakan lovebird dari hari ke hari.

Harga lovebird baby produksi Almasrizky BF relatif terjangkau, mulai dari Rp 500.000 / ekor. Wilayah pemasarannya masih sekitar Blora. Sesekali Om Deddi mengirim lovebird ke berbagai daerah, antara lain Demak, Jombang, dan Madura. (neolithikum)

Almasrizky BF Blora
Salah satu lovebird paud milik Om Deddi meraih juara 1.
Almasrizky BF Blora
Penjemuran lovebird dilakukan setiap pagi.

Almasrizky BF Blora

Lovebird hasil breeding Almasrizky BF Blora.
Om Deddi Almasrizky BF
Om Deddi bersama keluarga saat berlibur di Jogja

Breeding lovebird Almasrizky BF

Kontak: WA 0812-2719-817

Alamat: Jalan Bhayangkara No 21 A, Perumnas Karangjati, Blora, Jateng.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.