Cara jitu merawat burung mozambik agar makin gacor

Perawatan harian burung mozambik sebenarnya tidak jauh berbeda dari jenis finch lainnya. Tapi untuk membuatnya lebih rajin bunyi alias gacor, dibutuhkan pola perawatan yang benar-benar tepat. Sebagai panduan, khususnya bagi pemula, berikut ini cara jitu merawat burung mozambik agar makin gacor.

merawat burung mozambik
Cara jitu merawat burung mozambik agar makin gacor.

Mozambik / green singing finches atau green singer berasal dari Afrika. Kendati nama internasionalnya ada embel-embel “green”, burung ini tidak sepenuhnya memiliki warna hijau. Faktanya, sebagian besar bulu di tubuhnya justru berwarna kuning bercampur abu-abu dan strip kehitaman.

Bagi pemula yang ingin memelihara mozambik sebagai burung kelangenan maupun masteran, maka pilihlah burung berkelamin jantan. Sebab hanya mozambik jantan yang mampu berkicau dengan suara nyaring, ngerol, dan variatif. Adapun suara kicauan mozambik betina lebih pendek dan cenderung diulang-ulang alias ngeban.

Tidak sulit untuk membedakan burung mozambik jantan dan betina. Burung jantan memiliki warna bulu lebih cerah dan tegas ketimbang burung betina. Selain itu, mozambik betina memiliki garis abu-abu gelap melingkar di bagian lehernya (seperti kalung).

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

perawatan burung mozambik
Perbedaan burung mozambik betina (kiri) dan jantan.

Sebagaimana jenis finch lainnya, seperti kenari dan blackthroat, mozambik merupakan burung pemakan biji-bijian Perawatan hariannya pun tidak terlalu jauh berbeda dari kedua jenis finch tersebut.

Namun untuk membuatnya rajin berbunyi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan khususnya penjemuran dan pemberian pakan. Berikut ini beberapa tips dan pola oerawatan yang dapat Anda terapkan agar burung mozambik makin rajin berbunyi.

1. Mengenali karakter burung mozambik

Mozambik memiliki karakter panas, sehingga cenderung aktif dan rajin bunyi ketika suhu tubuhnya mulai meningkat / memanas. Itu sebabnya, banyak kicaumania yang menjemurnya dengan durasi cukup lama agar burung lebih rajin berbunyi.

Namun tidak semua mozambik yang dijual di kios / toko burung merupakan hasil impor langsung dari mancanegara. Sebab sudah banyak peternak lokal yang sukses memasarkan hasil produksinya ke pasaran.

Umumnya, mozambik hasil penangkaran lokal sudah beradaptasi total dengan suhu tropis di Indonesia, sehingga pola penjemurannya juga harus diperhatikan.

Burung yang mengenakan ring impor biasanya dijemur dalam waktu cukup lama. Tetapi penjemuran mozambik hasil penangkaran lokal harus disesuaikan kebutuhan. Anda bisa mengamati perilakunya ketika dijemur. Penjemuran bisa dilakukan rutin setiap pagi.

2. Pemberian pakan

Perawatan burung mozambik agar lebih rajin berbunyi tidak terlepas dari asupan pakannya. Beberapa jenis pakan yang bisa diberikan setiap hari adalah:

  • Campuran biji-bijian yang terdiri atas milet putih dan jawawut. Adapun niger seed bisa diberikan dua kali setiap minggu, dengan takaran 1 sendok teh.
  • Serbuk hasil parutan tulang sotong (1 cepuk kecil).
  • Dalam kondisi tertentu, misalnya fase breeding maupun untuk membuatnya lebih aktif dan rajin bunyi, burung mozambik dewasa bisa diberi pakan tambahan ulat hongkong, baik yang masih hidup maupun dalam kondisi dikeringkan.
  • Buah dan sayuran perlu diberikan secara bervariasi setiap hari, misalnya apel, daun sawi, dan krokot.

Untuk melengkapi kebutuhan gizinya, burung mozambik bisa diberi egg food dengan menggunakan bahan sebagai berikut:

  • 1 butir telur rebus
  • 1 sendok teh beras merah yang sudah matang
  • 1 sendok teh milet
  • 1 sendok teh parutan apel.

Campur lalu aduk semua bahan dalam satu wadah, kemudian siapkan dalam cepuk terpisah dan diberikan setiap dua hari sekali.

3. Tambahkan multivitamin

Multivitamin seperti BirdVit diberikan untuk menjaga kondisi burung agar tetap sehat dan selalu aktif sepanjang hari. Dengan kondisi yang fit, burung makin mudah untuk berbunyi.

4. Dipancing bunyi

Membuat mozambik rajin bunyi juga bisa dilakukan dengan memperdengarkan suara pancingan, baik berupa suara burung betina maupun suara mozambik lain dalam satu koloni.

Berikut ini suara pancingan yang dapat diunduh, lalu diputarkan untuk memancing mozambik agar rajin berbunyi.

  • Suara pancingan mozambik betina | DOWNLOAD
  • Suara pancingan mozambik koloni | DOWNLOAD

Yups! Itulah beberapa cara jitu merawat burung mozambik agar makin gacor. Selamat mencoba, semoga berhasil.
Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:


BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Be the first to comment

Sampaikan Pertanyaan / Komentar Anda.