Mataram Murai BF berikan bantuan modal tanpa agunan untuk peternak pemula

Mataram Murai BF (Bird Farm) bisa menjadi salah satu sandaran bagi para peternak pemula untuk mengembangkan usaha penangkaran murai batunya. Breeding murai batu milik Om Henry Aryanta ini siap memberikan kredit modal tanpa agunan untuk peternak pemula.

Mataram Murai BF
Suasana di dalam kandang ternak murai batu milik Mataram Murai BF.

Kandang ternak Mataram Murai BF berada di Dusun Lojisari, Desa Tegaltirto, Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman, DIY. Lokasinya sekitar 1 km sebelah utara Kidsfun, Jalan Wonosari Km 10 Jogja.

Sudah lama Om Henry Aryanta menangkar murai batu. Sebelum tahun 2015, dia menerapkan model perkawinan monogami. Artinya, setiap induk jantan dipasangkan dengan seekor induk betina.

Namun setelah tahun 2015, dia mulai menerapkan model perkawinan poligami. Dalam hal ini, setiap ekor induk jantan dipelihara dalam kandang koloni bersama 4-5 ekor induk betina. “Model poligami sangat efisien. Selain menghemat pejantan, kami juga bisa menghemat kandang, waktu, dan biaya,” ujar Om Henry kepada omkicau.com.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

IKUTI OM KICAU DI INSTAGRAM

Kedua model perkawinan ini sama-sama membuah hasil, kendati sistem poligami jauh lebih efisien.  Om Henry tak ingin menikmati sendiri hasil ternak murai batunya. Oleh karena itu, dia ingin berbagi dengan para peternak lainnya, khususnya kalangan pemula.

Mataram Murai BF memberikan paket bantuan modal tanpa agunan kepada para peternak pemula. Paket yang disediakan adalah pasangan induk murai batu jantan dan betina, serta dipastikan sudah berjodoh.

“Induk jantan memiliki panjang ekor sekitar 18 cm, sedangkan betina sekitar 12-13 cm. Paket senilai 6,5 juta ini cukup dibayar 60 persen saja, atau sebesar 4 juta (belum termasuk ongkir). Sisanya boleh dilunasi tahun berikutnya,” jelas Om Henry.

Om Henry Aryanta
Om Henry Aryanta bersama istri.

Harga pasangan induk ini bervariasi, tergantung speknya. Begitu pula paket bantuan modal memiliki kisaran mulai dari Rp 4 juta hingga Rp 10 juta. Namun calon peminat harus konfirmasi dulu, lantaran program ini tidak selalu tersedia setiap saat, tergantung stok pasangan induknya.

“Ada juga paket bantuan modal untuk ternak murai batu model poligami, yang terdiri atas satu ekor pejantan dan tiga ekor betina. Yang pasti, program bantuan modal ini tidak tipu-tipu, justru memberi keringanan biaya bagi para peternak pemula,” tambah Om Henry.

Selain murai batu, Om Henry Aryanta juga menyediakan paket bantuan modal tanpa agunan kepada para penangkar burung cucakrowo. Semuanya tanpa agunan, tagihan, dan bebas riba. Inovasi inilah yang membuat produk Mataram Murai BF diminati para penangkar murai batu serta cucakrowo dari berbagai kota di Indonesia.

cara beternak burung murai batu
Trotolan murai batu produksi Mataram Murai BF.

Melihat penangkaran murai batu Mataram Murai BF

Saat ini Mataram BF fokus beternak murai batu medan dan murai batu aceh. Induk didatangkannya dari Simalungun, Sidempuan, Marike, Tangse, Sabang, dan Bahorok.

“Postur tubuhnya hampir tidak dapat dibedakan antara daerah yang satu dan daerah lainnya. Hanya murai batu asal Sabang yang mudah dibedakan, karena pola ekornya berbentuk balak dua, empat, enam, bahkan delapan,” jelas Om Henry.

Begitu pula mengenai suaranya, tidak terdapat perbedaan yang signifikan. Selain murai batu medan dan murai batu aceh, Mataram Murai BF juga punya beberapa ekor induk murai batu peranakan dari Malaysia, Thailand dan Vietnam.

Untuk penangkaran murai batu sistem monogami, Om Henry menyiapkan kandang dengan ukuran 1 meter x 1,5 meter, serta tinggi 2 meter. Untuk sistem poligami, kandang berukuran 1,25 meter x 2 meter, dengan tinggi 2 meter.

ternak murai batu
Model kandang ternek sistem poligami koleksi Mataram Murai BF.

Perkiraan biaya kandang sistem poligami, dengan bahan sederhana (reng kayu), sekitar Rp 700 ribu. Nah, peternak bisa mengambil paket induk murai batu seharga Rp 10 juta. Paket ini terdiri atas satu ekor induk jantan dengan panjang ekor 18 cm, serta tiga ekor betina dengan panjang ekor 12 cm.

Mataram Murai BF

breeding murai batu
Salah satu murai batu hasil breeding Mataram Murai BF.

“Lokasi kandang harus nyaman dan aman dari gangguan binatang predator seperti tikus dan kucing. Sirkulasi udaranya juga mesti bagus. Jangan lupa sediakan gelodok (tempat sarang) sebanyak jumlah betinanya,” pesan Om Henry.

penangkaran murai batu
Murai batu prospek siap jual.

Biasanya, induk akan berproduksi sekitar tiga bulan setelah masuk kandang. Biaya operasional pakan sekitar Rp 100 ribu / bulan untuk empat ekor induk dengan menu utama serangga.

Banyak peternak pemula bertanya, apakah penangkaran murai bisa menjadi sumber penghasilan? Jawabannya tentu bisa. “Usaha apapun, kalau ditekuni sungguh-sungguh, pasti bakal mendatangkan hasil,” tandas Om Henry yang juga punya usaha Najogie Toys Shop. (neolithikum)

Om Henry Aryanta
Om Henry Aryanta bersama puteranya.

Penangkaran murai batu Mataram Murai BF

Kontak: Om Henry Aryanta (WA 0813-9213-9688)

Facebook: Mataram MuraiDua

Farm: Dusun Lojisari, Desa Tegaltirto, Kecamatan Berbah, Kabupaten

(sekitar 1 km sebalah utara Kidsfun, Jl Wonosari Km 10 Jogja)

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.