Cara membuat lovebird makin konslet dengan metode untulan

Metode untulan menjadi salah satu cara alternatif untuk membuat lovebird makin konslet. Cara ini makin popular dan banyak dilakukan para lovebird mania, karena lebih praktis dan efektif. Namun, sebelum melakukannya, pastikan jika lovebird yang dirawat memiliki karakter sesuai yang diinginkan. Sebagai panduan, berikut cara membuat lovebird makin konslet dengan metode untulan

Tips perawatan lovebird untulan
Cara membuat lovebird makin konslet dengan metode untulan.

Dalam beberapa tahun terakhir ini, pola oerawatan lovebird dengan menggunakan metode untulan makin digemari. Jika mendapatkan pasangan yang tepat, lovebird menjadi lebih mudah bersuara ngekek dengan durasi maksimal.

Pada burung ocehan, untulan biasanya burung sejenis dengan kemampuan berkicau lebih rendah daripada burung utama kita, atau burung yang disiapkan untuk lomba. Pengertian ini sedikit berbeda pada lovebird.

Ya, pada lovebird, untulan merupakan burung pendamping atau bisa juga pasangan hidupnya. Untulan disediakan sebagai pasangan bagi lovebird yang diplot sebagai burung lomba, atau setidaknya untuk masteran.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

IKUTI OM KICAU DI INSTAGRAM

Lovebird merupakan burung yang memiliki sifat sosial. Ketika dipelihara sendirian, burung gampang stres. Dengan menerapkan metode untulan, maka lovebird menjadi lebih bersemangat di lapangan.

Metode untulan tidak bisa dilakukan asal-asalan. Sebab tidak mudah menemukan pasangan yang benar-benar pas, dalam arti mau akur dan tidak saling menyakiti, serta mau membalas sahutan dari pasangannya.

Selain itu, pastikan lovebird yang mau didampingi untulan itu mempunyai karakter vokal dan suara ngekek dengan durasi panjang. Jika sudah menemukan untulan yang pas, maka pasangan lovebird bisa dirawat dengan sepenuh hati.

Pola perawatan harian yang mesti dilakukan

Dalam kesehariannya, atau di luar waktu lomba, pasangan lovebird dirawat bersama dalam satu sangkar. Berikan pakan yang sesuai dengan dibutuhkan, serta tidak membangkitkan birahi keduanya. Selanjutnya, pola perawatan harian yang mesti dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Setiap pagi, lovebird utama dipisahkan dari pasangannya, lalu dimasukkan ke dalam kandang umbaran untuk diembunkan.
  • Setelah matahari terbit, latihlah lovebird agar bergerak lebih aktif dalam kandang umbaran. Melatih lovebird dalam kandang umbaran bisa mengencangkan otot-otot sayap, membuat suaranya lebih keras, dan nafas lebih panjang.
  • Setelah itu, masukkan kembali lovebird utama ke dalam sangkar hariannya, dan disatukan lagi dengan untulan / pasangannya.
  • Jika diperlukan, keduanya dimandikan bersama dengan cara disemprot atau menggunakan bak mandi dalam sangkar.
  • Berikan pakan berupa milet putih dan beberapa pakan tambahan seperti buah dan sayuran jika dibutuhkan.
  • Berikan air minum yang bersih dan segar. Agar kondisinya selalu fit, air minum bisa dicampurkan multivitamin seperti BirdVit.
  • Gantang sangkarnya di tempat sejuk dan jauh dari polusi udara, khususnya asap pembakaran sampah dan asap kendaraan.
  • Lakukan pemasteran agar suara ngekeknya terdengar lebih kencang dan panjang.

Hal terpenting dalam perawatan lovebird dengan metode untulan adalah selalu menyimpannya bersama-sama dalam satu sangkar setiap hari / di luar waktu lomba. Keduanya baru dipisah ketika lovebird utama mendapatkan perawatan harian seperti dijelaskan di atas, atau ketika burung hendak dilombakan.

Untuk menjaga agar kondisi birahinya tetap stabil, pastikan saja Anda tidak memasukkan tempat sarang / gelodok ke dalam sangkarnya. Semoga bermanfaat.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.