Empat jenis terapi ampuh untuk mengatasi kacer mogok bunyi

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Sebagai burung yang sangat agresif dan bersifat teritorial, kacer rentan mengalami stres yang membuatnya berhenti berkicau alias mogok bunyi. Penanganan tepat sangat dibutuhkan untuk memulihkan kondisinya agar mau berkicau kembali. Sedikitnya ada empat jenis terapi ampuh untuk mengayasi kacer mogok bunyi..

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

terapi kacer mogok berkicau
Terapi ampuh untuk mengatasi kacer mogok bunyi.

Jika kacer sudah mengalami stres dan macet bunyi, maka dia harus segera mendapat penanganan. Kalau tidak segera ditangani, proses pemulihannnya bisa berlangsung sangat lama.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Sebagai panduan, berikut ini empat jenis terapi yang dianggap ampuh dalam mengatasi kacer mogok bunyi:

1. Terapi alam 

Sebagian kicaumania akan memberikan terapi alam untuk mengatasi kacer mogok bunyi. Terapi ini dilakukan dengan cara menggantang sangkar pada dahan pohon rindang yang berada di tengah lapangan atau halaman yang luas.

Cara lain adalah menggantang sangkar pada dahan pohon rindang yang dekat sumber air mengalir. Suara gemericik air, dibarengi eembusan angin yang sepoi-sepoi, sangat membantu burung menjadi lebih tenang, sehingga proses pemulihan bisa berlangsung lebih cepat.

2. Terapi menggunakan audio 

Terapi menggunakan audio juga bisa membantu mengatasi kacer mohok bunyi. Terapi ini dilakukan dengan cara memutarkan aneka suara terapi, mulai dari terapi suara alam, terapi suara air mengalir, hingga terapi dengan menggunakan gelombang brainwave.

Jika membutuhkan, Anda bisa mengunduh beberapa audio terapi berikut ini:

Terapi menggunakan audio biasanya dilakukan di sebuah lokasi yang tenang, atau bisa juga dalam kamar / ruangan khusus. Selama di tempat tersebut, burung kacer diputarkan aneka suara terapi melalui perangkat pemutar suara atau mp3 player. Sebaiknya terapi dilakukan rutin setiap 2 – 3 jam sehari sampai kondisi burung pulih.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

3. Terapi untulan 

Terapi untulan dilakukan untuk membangkitkan kembali mental kacer yang ngedrop dengan memberinya pasangan yaitu burung betina.

Pada kacer, terapi untulan bisa dilakukan dengan memasukkan kacer betina dalam sangkar selama beberapa waktu. Setelah itu, keduanya dipisahkan dalam jarak berjauhan, agar kacer jantan yang mogok berkicau dapat terpancing untuk mengeluarkan suara lantangnya.

Selain kacer betina, terapi untulan juga bisa dilakukan dengan memasukkan burung jenis lain yang dimanfaatkan sebagai “teman bermain” atau sparring partner. Hal ini biasanya dilakukan untuk memunculkan kembali sifat alami burung kacer yang agresif dan teritorial, sehingga proses pemulihan bisa berlangsung lebih cepat.

4. Terapi perawatan 

Terapi perawatan juga harus dilakukan untuk mengatasi kacer mogok bunyi. Terapi ini dilakukan dengan memberikan perawatan maksimal, khususnya pemberian pakan dan pola perawatan rutin lainnya.

Bentuk terapi perawatan yang umum adalah:

  • Pengembunan lebih rutin.
  • Pemberian pakan tambahan lebih ditingkatkan, terutama jangkrik. Anda juga bisa memberikan pakan tambahan lainnya seperti kepompong, egg food, belalang hijau, cacing tanah, orong-orong, dan kelabang.
  • Berikan suplemen Testo Bird Booster (TBB) yang ampuh dalam mengatasi kacer mogok bunyi.
  • Berikan terapi mandi malam setiap beberapa hari sekali.
  • Bersihkan sangkar dan memandikan burung dengan FreshAves seminggu sekali.
  • Jangan mendekatkan sangkar kacer dengan burung sejenis maupun burung teritorial lainnya seperti murai batu selama kondisinya belum pulih betul.
  • Pada malam hari, sangkar perlu dikerodong penuh agar burung bisa beristirahat total untuk pemulihan energi.

Itulah informasi singkat mengenai beragam terapi ampuh untuk mengatasi kacer mogok bunyi. Semoga bermanfaat.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.