Diela LBS Samarinda: Eksis berkat tantangan istri

Diela LBS (Love Bird Shop) Samarinda dirintis Om Dhejan akhir tahun 2009. Saat itu, dia “ditantang” sang istri: apakah bisa beternak burung. Sejak kecil, istrinya memang suka memelihara burung. Om Dhejan lalu memilih beternak lovebird, dengan pertimbangan lebih mudah ketimbang jenis burung lainnya.

Diela LBS Samarinda
Om Dhejan di kandang ternak lovebird Diela LBS Samarinda.

Setahun kemudian, Om Dhejan bergabung dengan Komunitas Lovebird Indonesia (KLI) Samarinda. Setelah terdata sebagai breeder lovebird, dia menggunakan ring Diela LBS KT 48.

Awal tahun 2012, Diela LBS sudah mengoleksi 25 pasangan lovebird sayur (kekekan). Kini, atau enam tahun kemudian, jumlah induk berkembang menjadi 80 pasangan.

Om Dhejan
Om Dhejan bersama istri dan kedua putrinya.

Untuk penjodohan, Diela lBS menggunakan kandang koloni. Jika sudah terlihat mesra, induk jantan dan betina dipindah ke kandang battery yang sudah dilengkapi dengan gelodok.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

IKUTI OM KICAU DI INSTAGRAM

Pakan induk lovebird terdiri atas campuran milet putih kiloan dan canary seed merek Korona dengan perbandingan 4:1 (terkadang 3:1).

kandang breeding lovebird

kandang battery lovebird
Kandang battery untuk pasangan induk lovebird.

“Dengan induk sebanyak 80 pasang, kebutuhan pakan per bulan bisa mencapai tiga karung. Vitamin dan obat-obatan juga harus tersedia setiap saat,” ujarnya kepada omkicau.com.

Agar tidak terlalu merepotkan, semua anakan dirawat induknya sejak menetas hingga mandiri. Tidak sulit bagi Om Dhejan untuk memasarkan anakan lovebird hasil ternaknya.

ternak lovebird

cara ternak burung lovebird

penangkaran lovebird

beternak lovebird
Lovebird hasil penangkaran Diela LBS Samarinda.

“Pemasaran sih masih sekitar Samarinda dan Balikpapan. Pembeli biasanya orang-orang yang sudah saya kenal. Penjualannya menggunakan model PCB (Pantau Cocok Bayar),” tambahnya.

penangkaran lovebird
Om Dhejan (kanan) saat melayani pembeli.

Harga seekor anakan bervariasi, mulai dari Rp 250.000 hingga Rp 1 juta. Mengenai omzet penjualan, Om Dhejan merahasiakannya.

lovebird hasil penangkaran Diela LBS

Breeding lovebird
Penjemuran anakan lovebird.

“Yang pasti, cukup untuk membeli kebutuhan pakan lovebird. Saya beternak karena hobi. Jadi nggak pernah hitung-hitungan,” kilahnya. (neolithikum)

Diela LBS
Ting Diela-KT 48

breeding lovebird

Breeding lovebird Diela LBS

Kontak: Om Dhejan (WA: 0813-5090-3788)

Alamat: Kelurahan Bantuas RT 06, Kecamatan Palaran, Samarinda, Kalimantan Timur.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.