Rea Reo BF Jogja fokus beternak lovebird warna

Sebagai wirausahawan, Om Erman Haryoko cukup jeli melihat setiap peluang bisnis yang ada. Nah, di sela-sela kesibukan berbisnis, dia tetap meluangkan waktu untuk menekuni hobi burung, khususnya lovebird. Bahkan hobi ini belakangan jadi ladang bisnis barunya, dengan mendirikan penangkaran lovebird Rea Reo BF (Bird Farm).

Om Erman
Om Erman berpose di depan kandang battery lovebird.

Usaha yang digeluti Om Erman antara lain berupa kios-kios yang dikontrakkan. Sesekali ia mengikuti tender sebagai kontraktor. Namun dia tak mau terjebak dalam rutinitas pekerjaan. Hobi burung pun menjadi sarana refreshing yang menyenangkan.

“Saya kemudian berfikir, mengapa tidak beternak burung saja. Ini dapat menyelaraskan antara bisnis dan hobi, sebagai penyeimbang…,” kata Om Erman kepada omkicau.com.

Berdasarkan pemikiran itulah, dia mendirikan Rea Reo BF pada awal tahun 2018, bermarkas di Jalan Kaliurang Km 14 5, Dukuh Lodadi, Desa Umbulmartani, Kecamatan Ngemplak, Sleman, DIY.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

IKUTI OM KICAU DI INSTAGRAM

Semula, Rea Reo BF beternak lovebird kekean. Namun pada akhir tahun 2013, dia mencoba bermain lovebird warna, mulai dari blorok, parblue, hingga biola hijau.

Sejak 2014, Rea Reo BF terus menambah indukan lovebird warna dan mulai mengurangi produksi kekekan. Setahun kemudian, Om Erman memutuskan untuk fokus beternak lovebird warna.

Rea Reo BF Jogja
Aneka lovebird warna hasil breeding Rea Reo BF Jogja.

Beberapa varian lovebird warna sudah dikoleksinya, antara lain blorok, violet, parblue, biola hijau, biola biru, biola violet, biola parblue violet, biola parblue euwing violet, palle fallow, dan sebagainya.

Agar proses breeding berjalan lancar, Rea Reo BF menerapkan seleksi ketat terhadap calon indukan, antara lain harus berkualitas, ukuran tubuh besar, dan warna tegas sesuai dengan hasil mutasi.

Umur induk juga diperhatikan, yakni minimal 1 tahun. Sebab kurang dari itu banyak sekali risikonya, mengingat organ reproduksi belum siap.

ternak lovebird warna
Anakan lovebird parblue.

Sebelum melakukan penjodohan, kandang battery dipersiapkan dengan menata suhu sekitar 28 oC, kelembaban udara 70% persen, dan sirkulasi udara yang memadai.

Pakan indukan berupa milet putih kualitas premium dan canary seed Vita Usa. Vitamin diberikan dua kali seminggu. Beberapa jenis sayuran organik juga diberikan kepada setiap pasangan induk.

Meski produknya adalah lovebird warna, Rea Reo BF tetap melakukan pemasteran terhadap anakan yang dihasilkan. Pemasteran menggunakan perangkat audio dengan tingkat kejernihan (sharpness) yang tinggi.

breeding lovebird warna

lovebird warna

lovebird warna

Berkat ketekunan Om Erman, dibantu dua karyawannya, Rea Reo BF kini memiliki 70 pasang indukan lovebird warna yang produktif. Harga anakan dibanderol minimal Rp 10 juta / ekor. Tidak heran jika omzer penjualan minimal bisa mencapai Rp 200 juta / bulan.

ternak lovebird warna

breeder lovebird

penangkaran lovebird

breeding lovebird

cara ternak burung lovebird
Beberapa sampel lovebird warna produksi Rea Reo BF.

Mengenai pemasaran, Rea Reo BF juga tidak mengalami kendala berarti. Bahkan pelanggan tersebar di berbagai kota besar di Indonesia. Bahkan ada juga pelanggan dari mancanegara, antara lain Italia, Qatar, Mesir, dan Afrika Selatan.

penangkaran lovebird warna
Anakan lovebird siap dipasarkan.

Selain beternak, Om Erman juga aktif mengikuti kontes lovebird, baik suara maupun warna. Dia juga mengkoleksi mobil antik beserta pernak-perniknya. (neolithikum)

Rea Reo BF Jogja
Om Erman duduk di kursi bergaya vintage.

Breeding lovebird warna Rea Reo BF

Kontak: WA 0819-0404-0751

Facebook: Mabes Wirojoyo Team Rea Reo BF

Farm: Jalan Kaliurang Km 14 5, Dukuh Lodadi, Desa Umbulmartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, DIY.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.