Kenari Balak 12, gaco anyar Om Daud (SIC Surabaya)

Mau pasang iklan di Omkicau.com, klik di sini

Klaten dikenal sebagai salah satu gudang kenari jawara. Banyak kenari hebat di Indonesia yang berasal dari daerah tersebut. Salah satunya adalah kenari Balak 12, jagoan anyar Om Daud Michael Alamsyah dari Soerockboyo Icon Canary (SIC).

Kenari Balak 12
Kenari Balak 12 andalan baru Om Daud (SIC Surabaya).

Saat ini Om Daud kuliah di Fakultas Kedokteran Hewan pada salah satu universitas swasta di Surabaya. Tak heran jika dia sangat menyukai binatang, tidak terkecuali burung. Bahkan sejak remaja dia sudah menyukai burung, terutama kenari.

Salah satu gaco andalannya adalah kenari Balak 12, yang notabene merupakan amunisi barunya. Burung ini baru diperolehnya dua bulan lalu dari Om Mikael Prapto Basuki, pemilik GWR Canary Klaten.

“Balak 12 saya beli dalam kondisi masih mabung. Harga belinya masih aman untuk kantong saya, yakni 2,5 juta rupiah,” ungkap Om Daud kepada omkicau.com.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

Dapatkan omkicau.com untuk Android dan IOS:

Aplikasi Android Omkicau.Com

Aplikasi IOS Omkicau.com

Menurut dia, Balak 12 memiliki beberapa keunggulan, antara lain durasinya panjang saat bawa lagu, dengan jeda yang sangat rapat. Burung ini bergaya ngawet, lalu bergoyang-goyang.

Om Daud
Selain hobi burung, Om Daud juga suka traveling.

Gaya ngawet memang sedang ngetren, di mana kenari berkicau dalam posisi badan tegap. Kedua kaki mencengkeram tangkringan dengan kuat, serta ekornya turun / condong ke depan. Apabila dilihat sepintas, posturnya terlihat seperti setengah lingkaran atau mengawet / mengapit tangkringan.

Meski sudah jadi miliknya, Om Daud mempercayakan perawatan Balak 12 kepada GWR Canary. Kalau sedang kangen, burung akan dikirim dari Klaten ke Surabaya, untuk dirawat sendiri oleh Om Daud.

Tidak mengherankan jika Balak 12 sering main di Klaten, serta beberapa kali tampil di Surabaya. Dalam lomba burung berkicau Anniversary BnR Putra Melati di Klaten, 30 September lalu, Balak 12 meraih trofi juara pertama. Balak 12 juga pernah moncer dalam gelaran KITA BC dan Latber SOC Klaten.

cara merawat burung kenari
Beberapa trofi dan piagam kemenangan kenari Balak 12.

Tips perawatan kenari Balak 12

a. Perawatan harian (Senin – Sabtu)

  • Pakan utama berupa milet biasa
  • Burung mandi sendiri di dalam cepuk.
  • Durasi penjemuran sekitar 30 menit.
  • Air minum dan sangkar selalu dalam kondisi bersih.
  • Baik siang maupun malam harinya, sangkar dalam kondisi full kerodong.
perawatan kenari
Tips perawatan kenari Balak 12.

b. Perawatan lomba (Minggu)

  • Pola perawatan sama seperti harian.
  • Pakan utama diganti Prestige Canary dan Xo Belgie.

Kenari Balak 12

Meski belum lama di tangan Om Daud, sudah ada beberapa pemain yang berminat meminang Balak 12. Penawaran tertinggi sejauh ini mencapai Rp 7 juta. “Kalau ada yang menawar 10 juta, ada kemungkinan saya lepas,” tandas Om Daud. (neolithikum)

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.