Iconk BF Majalengka: Harga anakan murai batu berdasarkan umur dan kualitas induk

Mau pasang iklan di Omkicau.com, klik di sini

Omkicau.com rutin menurunkan profil para penangkar burung, dengan tujuan membantu para kicaumania dalam mendapatkan burung-burung penangkaran yang terpercaya. Penayangan profil ini gratis, terkecuali jika penangkar memang ingin memasang banner dan / atau linknya di media ini (lihat Cara pasang iklan di omkicau.com). Kali ini, kita tampilkan profil penangkaran murai batu Iconk BF Majalengka milik Ir A Haris Ahmi, atau biasa disapa Om Haris.

breeding murai batu Iconk BF Majalengka
Om Haris (kanan) bersama rekan-rekan kicaumania.

Merawat burung menjadi hobi turun-temurun dalam keluarga Om Haris Ahmi. Sejak kecil, ia sudah terbiasa merawat berbagai jenis burung koleksi keluarganya. Beranjak remaja, tahun 1997, Om Haris mulai merawat burung untuk diorbitkan ke arena lomba.

Pada tahun 1999, Om Haris makin kerap menghadiri lomba burung kicauan antarkota, antarprovinsi, hingga  even nasional yang saat itu diselenggarakan Pelestari Burung Indonesia (PBI). Ketika itu hanya PBI yang aktif mengenalkan hobi burung kicauan melalui lomba, dengan membentuk pengda dan pengcab.

Om Haris
Foto koleksi Om Haris sejak menekuni hobi burung tahun 1999.

Setahun kemudian (tahun 2000), Om Haris ditarik PBI untuk mendirikan Pengcab Majalengka. Sejak itulah ia aktif dan bertugas sebagai juri PBI hingga tahun 2010. Di PBI Cabang Majalengka, dia diberi mandat sebagai seksi Konservasi dan Pelestarian.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

Dapatkan omkicau.com untuk Android dan IOS:

Aplikasi Android Omkicau.Com

Aplikasi IOS Omkicau.com

Tahun 2002, Om Haris mulai mengembangbiakkan berbagai jenis burung kicauan di pekarangan rumahnya yang cukup luas. Breeding yang dikelolanya diberi label Cutta Maja Fram (CMF).

Dia juga mendirikan klub burung bernama Hobies Burung Ocehan (HBO). Burung-burung hasil breedinginya dipasangi ring CMF-HBO.

Beberapa jenis burung yang ditangkarnya waktu itu antara lain murai batu, anis kembang, cucakrowo, jalak suren, kenari, dan hwamei. “Tapi hanya hwamei yang belum berhasil,” kata Om Haris kepada omkicau.com.

Tahun 2004, Om Haris memutuskan fokus pada dua jenis burung saja, yakni murai batu dan anis kembang. Nama farm dan ringnya pun diganti menjadi ICONK BF.

 

Karena berorientasi pada burung kualitas lomba, Iconk BF menerapkan seleksi ketat terhadap calon induk. Semua induk jantan harus teruji kualitasnya dengan meraih prestasi di berbagai kejuaraan.

Bagaimana dengan calon induk betina? Tetap dilakukan seleksi ketat berdasarkan katuranggan, bodi, gaya, gerakan, dan cetrekan. Om Haris terkadang juga mengambil induk betina dari rekan-rekan penangkar yang jelas trahnya.

Iconk BF membangun kandang ternak murai batu di ruang terbuka, di atas kolam ikan koi. Hal ini memberi nilai tambah, sekaligus bisa menghemat biaya produksi.

breeding murai batu Iconk BF Majalengka
Kandang ternak murai batu dibangun di atas kolam ikan.

Setiap petak kandang berukuran panjang 1,5 meter, lebar 1 meter, dan tinggi 2,5 meter. Dinding kandang menggunakan GRC (Glass Reinforcement Cement) atau papan semen bertulangan serat gelas, sehingga bisa multifungsi.

Sistem GRC memungkinkan kandang bisa dibongkar pasang (overhaul), sehingga kandang dapat difungsikan untuk penangkaran murai batu sistem monogami maupun poligami.

Pakan utama induk murai batu yang paling dominan ada;ah jangkrik dan ulat hongkong. Untuk vitamin, Om Haris meracik sendiri dari tanaman herbal dan umbi-umbian. Tetapi dalam kondisi tertentu, digunakan pula produk impor seperti Antibiotik Marvel Aid USA.

breeding murai batu
Beberapa indukan murai batu koleksi Iconk BF Majalengka.

Dengan kesabaran ekstra, Om Haris menyeleksi setiap anakan yang dihasilkan dan mencobanya di lapangan / arena lomba. Burung-burung terpilih kemudian dijadikan materi indukan, dikawinkan dengan betina hasil seleksi ketat pula, untuk penyempurnaan karakter induk generasi berikutnya.

Iconk BF Majalengka
Regenerasi materi indukan rutin dilakukan, agar kualitas produksi terus meningkat.

Tak heran jika murai batu produksi Iconk BF yang dijual di pasaran sudah melalui seleksi sangat ketat, sebab mengacu pada standar kualitas lomba. Ada tiga cara untuk memantau kualitas produk Icon BF di lapangan, yakni:

  • Iconk BF mengorbitkan sendiri calon produk yang mau dijual.
  • Mempercayakan pengorbitannya kepada rekan-rekan pemain yang sudah dipercaya.
  • Diorbitkan oleh rekan-rekan pemula.
penangkaran murai batu
Om Haris (kiri) bersama kawannya.

Setiap produk memiliki catatan lengkap, termasuk silsilah bapak dan ibunya, serta prestasinya. Berdasarkan catatan itulah, Om Haris mengelompokkan indukan murai batu dalam dua kategori:

  1. Indukan Utama: Anaknya berprestasi di berbagai even nasional.
  2. Indukan Madya: Anaknya berprestasi di even regional.
cara ternak burung murai batu
Om Haris bersama kedua putranya.
Iconk BF Majalengka
Dua putra Om Haris jug ikut melombakan murai batu.

Pengklasifikasian kualitas indukan ini juga berpengaruh dalam penentuan harga jual, selain umur anakan itu sendiri. Berikut ini variasi harga murai batu produksi Icon BF, berdasarkan umur dan dari indukan utama:

  • Murai batu umur 2 bulan, sudah terlihat karakternya, sudah bisa mandi di karamba: Rp 5 juta / ekor.
  • Murai batu lepas trotol (usia 7 – 8 bulan), sudah tampak fighter dengan gaya dan trivicalnya melalui test tracking: Rp 7 juta – Rp 8 juta / ekor.
  • Murai baru sudah mabung pertama (minimal umur 1 tahun), dengan test tracking di lapangan dan menunjukan prospek baik: Rp 10 juta atau lebih per ekor.

Untuk harga murai batu dari indukan madya, harganya berbeda Rp 500.000 dari indukan utama. Misalnya murai batu umur 2 bulan, dengan kualifikasi yang sama seperti di atas, tapi dari indukan madya, dibanderol seharga Rp 4,5 juta / ekor.

Iconk BF Majalengka

Iconk BF Majalengka

Iconk BF Majalengka
Beberapa sampel anakan murai batu produksi Iconk BF Majalengka.

Tips untuk calon penangkar murai batu

Untuk rekan-rekan yang ingin menjadi penangkar murai batu, Om Haris memberikan beberapa tips berikut ini:

  • Kandang ternak harus aman dan nyaman bagi pasangan induk. Lingkungan di sekitarnya juga harus mendukung.
  • Pilih calon induk yang sudah teruji standar kualitasnya.
  • Skill dan pengalaman dalam perawatan burung harus benar.
  • Pakan, nutrisi, dan multivitamin harus selalu terpenuhi.
  • Sediakan fasilitas pendukung perawatan dan pembesaran anakan secara memadai.
  • Memiliki perencanaan yang jelas dan logis.
  • Sabar dan telaten dalam menghadapi kendala.

Selain breeding murai batu, Om Haris juga memiliki petshop, toko seluler, toko olahraga, hingga kontraktor. (neolithikum)

Breeding murai batu Iconk BF

Kontak: Ir A Haris Ahmi (WA 0813-2066-1444)

Alamat: Jalan Dalem Lumaju No 1 Maja, Majalengka, Jawa Barat.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.