Breeding kenari Tuah Pasaman BF: Omzet Rp 17,5 juta / bulan dari 10 kandang

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Meski hanya mempunyai 10 kandang, breeding kenari Tuah Pasaman BF mampu meraup omzet penjualan rata-rata Rp 17,5 juta per bulan. Usaha ini dirintis Om Ade Monrihardi, kicaumania yang mukim di Pasaman, Sumatera Barat, sejak tiga tahun lalu (2015).

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Tuah Pasaman BF
Model kandang aviary milik Tuah Pasaman BF (sebagian lainnya model battery).

“Semua itu berkat dorongan kawan-kawan. Mereka mengajak saya untuk ikut beternak kenari. Kami saling sharing mengenai cara beternak kenari, sampai akhirnya saya mampu menangkarnya,” ujar Om Ade kepada omkicau.com.

Sampai saat ini, Tuah Pasaman BF belum memiliki ring. Namun hal itu tidak menjadi masalah, karena kenari yang beredar di pasaran tidak termasuk burung lokal, sehingga tidak masuk daftar burung yang dilindungi di Indonesia. “Meski tanpa ring, toh tetap laku di pasaran,” tambah Om Ade yang juga seorang bankir, serta memiliki usaha mebel dan toko kue.

Om Ade Monrihardi
Om Ade dan putranya juga sering mengikuti lomba burung.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Beberapa aktivitas yang rutin dilakukan Om Ade antara lain selalu menjaga kebersihan kandang. Tak hanya itu, sirkulasi udara dan pencahayaan juga harus bagus, agar suasana di dalam kandang terasa hangat. Ketika cuaca mendung, lampu 5 Watt di dalam kandang harus dinyalakan.

Untuk memudahkan proses penjodohan, Om Ade akan menyiapkan induk yang siap kawin. Penjodohan bisa dilakukan pada pagi, siang, maupun malam hari.

cara ternak burung kenari
Suasana kandang ternak kenari (dari luar).

“Namun saya lebih suka memilih malam malam hari. Tujuannya agar kenari jantan fokus pada seekor kenari betina yang siap kawin saja. Saya pernah menjodohkan pada pagi dan siang hari. Tetapi si jantan tidak fokus kawin, karena terpengaruh oleh suara kenari-kenari betina lainnya,” jelas Om Ade.

Dikawin ulang agar fertilitas meningkat

Salah satu kendala yang sering dihadapi peternak kenari adalah angka fertilitas telur yang rendah. Fertilitas / kesuburan telur adalah persentase telur fertil dibandingkan dengan jumlah telur yang dihasilkan.

Seekor induk kenari rata-rata bisa menghasilkan 3-5 butir telur. Anggap saja induk menghasilkan lima butir telur. Tetapi yang fertil (dibuahi sel sperma) hanya tiga butir. Dengan demikian, fertilitasnya hanya 60%.

ternak kenari
Salah satu pasangan induk kenari milik Tuah Pasaman BF.

Pengertian fertilitas berbeda dari daya tetas (hatchability). Daya tetas adalah persentase jumlah telur yang menetas dibandingkan dengan jumlah telur fertil yang ditetaskan. Misalnya 3 butir telur yang fertil tersebut ditetaskan, kemudian 2 butir menetas, maka daya tetasnya adalah 66,67%.

Untuk meningkatkan fertilitas dan daya tetas induk burung, Anda bisa menggunakan BirdMature. Produk ini juga membantu meningkatkan daya tahan tubuh piyik-piyik yang baru saja menetas.

BirdMature
BirdMature memang ampuh untuk mendukung kesuksesan penangkaran burung.

Om Ade mempunyai tips tersendiri untuk meningkatkan fertilitas telur. Setelah kenari betina menghasilkan telur kedua, Om Ade akan mengawinkannya lagi dengan pejantan. Tujuannya untuk meningkatkan peluang fertil pada telur ke-3 hingga ke-5.

Note: Sel sperma di dalam oviduct burung betina sebenarnya mampu bertahan selama 10-14 hari, sehingga masih bisa membuahi sel telur (ovum). Tentu saja kemampuannya untuk membuahi sel telur akan menurun seiring dengan pertambahan waktu.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

induk kenari
Induk kenari sedang mengerami telur-telurnya.

Tatkala induk betina dikawin-ulang, Om Ade akan menyimpan telur pertama dan kedua di dalam kotak yang telah diberi alas lapas. Ini untuk menghindari pengaruh udara luar. Kalau suhu udara terlalu dingin, kata Om Ade, telur bisa zonk alias infertil.

Piyikan kenari

Dalam sebulan, Tuah Pasaman BF rata-rata bisa memperoleh 50 ekor anakan kenari. Anakan ini dibesarkan hingga berumur 2 bulan, dan siap dipasarkan dengan harga Rp 350.000 / ekor. Selama ini, pemasaran tidak mengalami kendala. Om Ade antara lain memanfaat medsos untuk mempromosikan produknya.

anakan kenari
Anakan kenari dibesarkan sampai umur 2 bulan.

anakan kenari

Tuah Pasaman BF
Salah satu kenari hasil breeding Tuah Pasaman BF.

“Kemauan keras menjadi salah saru kunci sukses dalam beternak burung. Tentu saja modal dan lahan juga tak kalah penting. Jangan lupa selalu berusaha meningkatkan kualitas produk, misalnya dengan menambah materi induk berkualitas,” tandas Om Ade. (neolithikum)

cara ternak burung kenari

Tuah Pasaman BF

Breeding kenari Tuah Pasaman BF

Kontak: Om Ade Monrihardi (0823-8406-7666)

Facebook: Tuah Pasaman Bird Farm

Farm: Jalan Asoka No 6 Lubuk Sikaping, Pasaman, Sumatera Barat.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.