Rusdika BF Kota Sungai Penuh: Induk lovebird rutin diberi daun pepaya

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Om Arsadi Rusdika, peternak lovebird dari Kota Sungai Penuh, Provinsi Jambi, sempat bete. Pasalnya, ring Dikta BF yang digunakan untuk penangkarannya dipalsukan orang. Itu terjadi tahun lalu. Karena itu, dia lalu memutuskan mengganti nama Dikta BF menjadi Rusdika BF, yang merupakan penggalan nama terakhirnya.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

breeding lovebird
Kandang breeding lovebird Rusdika BF Kota Sungai Penuh.

Om Dika, sapaan akrabnya, sehari-hari bekerja sebagai petani sayur mayur (cabai, kubis, kentang), dan juga menanam tanaman perkebunan seperti kopi arabika. Dia mulai beternak lovebird pada bulan Oktober 2012 dengan Nama Dikta BF.

Saat itu, Om Dika hanya memiliki dua pasang induk yang dibeli dari temannya di Kota Sungai Penuh. Setelah menunggu sekitar satu tahun, induk hanya bertelur dan bertelur saja, tetapi tak kunjung menetas. “Setelah diteliti, ternyata saya kena tipu. Induk yang dibeli betina semua,” kata Om Dika kepada omkicau.com.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...
Om Dika
Om Dika di kebun kopinya.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Om Dika menyadari, saat itu pengetahuan dan pengalamannya dalam beternak lovebird masih minim. Usai kejadian tersebut, dia lalu menjual dan mengganti induk baru, yang dibeli dari saudara sepupu yang mukim di Merangin, Kabupaten Bangko.

Sekitar 3 bulan kemudian, induk baru pun bertelur dan menghasilkan 3 ekor anakan. Tetapi, lagi-lagi karena masih minim pengalaman, hanya seekor anak saja yang bertahan hidup.

Keberhasilan Om Dika mulai nampak pada awal tahun 2014. Ketika itu, 4 ekor anak dari 2 pasang induk bisa hidup sampai dewasa. Keempat lovebird itu tidak dijual untuk dibesarkan dan dijadikan materi induk baru. Hingga tahun 2015, Om Dika sudah memiliki delapan pasang induk.

breeding lovebird
Rusdika BF gunakan kandang koloni untuk induk lovebird.

Kini, Rusdika BF sudah memiliki 18 pasang induk. Untuk penjodohan Om Dika menggunakan sistem umbar / kandang koloni. “Pertimbangannya, lovebird kan punya naluri dalam memilih pasangannya sendiri. Dengan kandang koloni, burung bisa lebih bebas bergerak,” jelas Om Dika.

beternak lovebird
Salah satu pasangan induk koleksi Rusdika BF.

Menjaga kebersihan menjadi rutinitas sehari-hari, mulai dari kebersihan tempat pakan dan minum, aktif menjemur burung, hingga membersihkan kandang tiap hari. Bahkan seminggu sekali, kandang dibersihkan menggunakan desinfektan.

Rusdika BF
Kandang ternak lovebird rutin dibersihkan.
penjemuran lovebird
Penjemuran burung dilakukan setiap pagi.

Untuk pakan utama lovebird, Rusdika BF menggunakan milet putih dan milet merah dengan perbandingan 70:30. Pakan tambahan / extra fooding (EF) setiap hari diselang-seling antara jagung, apel, serta kangkung, yang dicampur daun pepaya. “Seminggu sekali, saya berikan pakan penguat berupa kuaci (biji bunga matahari) dan canary seed,” tambah Om Dika.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Berbeda dari sebagian besar penangkar lovebird, Rusdika BF tidak melakukan panen dini terhadap anakan-anakan lovebird yang sudah berumur 1-2 minggu. Om Dika tetap membiarkan sang induk merawat anak-anaknya hingga umur 1,5 bulan. Setelah itu baru dipisahkan, kemudian diajari makan milet.

ternak lovebird
Dua piyik lovebird baru saja menetas, tiga telur lainnya siap menyusul.
induk lovebird
Induk lovebird akan merawat anak-anaknya hingga umur 1,5 bulan.
perawatan anakan lovebird
Perawatan anakan lovebird di sangkar harian.

Sebagian besar lovebird hasil breeding Rusdika BF dijemput langsung oleh pelanggan yang datang ke rumah Om Dika. Sebagian lainnya dijual di beberapa kios burung yang sudah menjadi mitra usahanya.

Ditanya mengenai omzet penjualan per bulan, Om Dika tidak bisa memastikannya. Sebab terkadang panen anakan lovebird berlimpah, tetapi pernah juga nyaris tidak panen.

cara beternak burung lovebird
Salah satu lovebird hasil breeding Rusdika BF.
lovebird juara
Testimoni pelanggan Rusdika BF saat gaconya meraih juara.

Tetapi, kalau diambil reratanya, Rusdika BF dalam setahun bisa menjual 80-100 ekor lovebird, dengan harga rata-rata Rp 300.000 / ekor.

Rusdika BF
Pengepakan lovebird siap dijual.

Bagi calon peternak, atau peternak pemula, Om Dika berpesan agar belajar dulu mengenai ciri-ciri lovebird jantan dan betina, serta umur siap tangkar. Sebab banyak penangkar pemula yang sulit membedakan jenis kelamin dan usia siap tangkar,” tandas Om Dika. (neolithikum)

Breeding lovebird Rusdika BF

Kontak: Om Dika (WA 0812-23-66-7777)

Alamat: Jalan Terminal Baru No 02 RT 01, Dusun Karya, Desa Koto Lebu, Kecamatan Pondok Tinggi, Kota Sungai Penuh, Provinsi Jambi.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.