GTA BF Sleman fokus beternak perkutut, derkuku, dan puter

Iklan gratis jual beli burung di sini

Griya Taman Asri Bird Farm (GTA BF) Sleman didirikan Om Sukarjo pada tahun 1998, dengan fokus menangkar burung-burung anggungan seperti perkutut, derkuku, dan puter. Perkutut hasil ternak GTA BF sangat diminati para kung mania, khususnya para pemain yang sering mengikuti konkurs / lomba perkutut.

ternak perkutut GTA BF Sleman
GTA BF Sleman fokus beternak perkutut kualitas lomba.

Sejak lama Om Karjo menyukai burung, tepatnya pada tahun 1985. Saat itu, dia memelihara burung-burung lokal. Setahun kemudian, dia berkenalan dengan peternak perkutut yang sangat terkenal di Jogja. Namanya Sudirman yang kini sudah almarhum.

Bagi para penggemar perkutut, nama Sudirman sudah tidak asing lagi. Beliau merupakan ayah kandung Om Triyono, salah seorang juri senior konkurs perkutut di Tanah Air.

TBB bikin burung ngos jadi joss

Om Karjo mendapat bimbingan langsung dari Pak Dirman, termasuk cara mengetahui kualitas burung yang bagus untuk lomba, bagus untuk diternak, serta cara perawatannya.

Voer jangkrik luar biasa

Hasil didikan itu kemudian diterapkan Om Karjo dengan mendirikan GTA BF di kediamannya, Perum Griya Taman Asri H 248, Panasan, Donoharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman.

Om Karjo
Om Karjo (2 dari kanan) saat menjuarai konkurs / lomba burung perkutut.

Seleksi calon induk menjadi salah satu kunci keberhasilan seorang penangkar dalam menghasilkan perkutut kualitas lomba. Hal ini juga diterapkan GTA BF. Om Karjo akan memilih induk jantan dan betina yang punya keunggulan masing-masing, dan bisa melengkapi pasangannya nanti.

“Untuk perkutut jantan, usahakan memiliki suara yang bagus. Adapun perkutut betina memiliki irama yang enak didengar. Diharapkan, anak-anaknya nanti punya kualitas suara yang bagus dan irama yang merdu,” jelas Om Karjo kepada omkicau.com.

Pasangan induk perkutut ditempatkan dalam kandang ternak berukuran 120 x 60 cm2, tinggi 180 cm. Sinar matahari pagi diusahakan bisa masuk ke dalam kandang. Sirkulasi udara juga harus berjalan lancar.

penangkaran perkutut
Kandang ternak perkutut GTA BF Sleman.

Pakan perkutut terdiri atas milet putih, gabah kecil, dan ketan hitam kiloan. Sebelum diberikan, ketiga jenis pakan ini dibersihkan dan dikeringkan.

Air minum yang diberikan kepada perkutut dalam kondisi matang, agar burung tidak mudah cacingan. Kalau tetap cacingan, Om Karjo biasanya mengobatinya dengan Combantrin.

Berkat keuletan dan ketekunannya dalam beternak perkutut, Om Karjo bisa memperoleh penghasilan yang lumayan. Setiap bulan, dia bisa menjual minimal empat pasang perkutut. Harganya bervariasi, mulai dari Rp 500.000 hingga Rp 35 juta per pasang.

kandang GTA BF

cara beternak burung perkutut
Salah satu koleksi perkutut GTA Bird Farm.

Soal pemasaran, GTA BF punya strategi tersendiri, yakni rajin mengikuti berbagai even latihan serta konkurs perkutut (lokal, regional, dan nasional).

Karena banyak perkutut hasil ternaknya yang berprestasi, akhirnya para peserta lomba yang lain tahu dan mengenal GTA BF.  “Mereka akhirnya main ke rumah untuk membeli perkutut,” tandas Om Karjo yang juga seorang pegawai negeri sipil. sehari-hari. (neolithikum)

ternak perkutut
Om Karjo bersama anak dan istrinya.

Breeding perkutut GTA BF

Kontak: Om Sukarjo (WA 0818-0404-8644)

Alamat: Perum Griya Taman Asri H 248 Panasan, Donoharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, DIY.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Iklan gratis jual beli burung di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

Dapatkan omkicau.com untuk Android dan IOS:

Aplikasi Android Omkicau.Com

Aplikasi IOS Omkicau.com

Mau pasang iklan di Omkicau.com, klik di sini