Ini cara merawat kacer mabung secara benar agar tidak rusak

Iklan gratis jual beli burung di sini

Mabung merupakan kondisi alami yang terjadi pada sebagian besar spesies burung, di mana saat itu bulu-bulunya berjatuhan dan berganti dengan bulu baru.  Mabung atau molting, terkadang ditulis moulting, merupakan proses penting bagi burung. Kali ini omkicau.com menayangkan artikel menarik yang ditulis Om Yusuf Afiffudin, tentang cara merawat kacer mabung secara benar agar tidak rusak.

cara merawat kacer mabung
Cara merawat kacer mabung secara benar agar tidak rusak.

Cara merawat kacer mabung secara benar sangat penting, agar nantinya burung tidak rusak setelah proses alami tersebut terlewati. Banyak kacer jawara yang kemudian rusak dan macet bunyi, sehingga tak pernah bisa ditampilkan kembali.

Mengenali ciri-ciri kacer mabung

Hal pertama yang penting diingat, Anda harus mengetahui ciri-ciri kacer mabung. Dengan mengetahui ciri-ciri kacer mabung, Anda bisa sesegera mungkin melakukan perawatan secara benar agar tidak rusak.

TBB bikin burung ngos jadi joss

Bulu-bulu kacer yang mabung akan terlihat tidak rapi dan kusam. Ekornya juga rusak, acak-acakan atau tak teratur. Bulu-bulu tubuhnya juga rontok secara bertahap. Dalam kondisi tersebut, burung malas berbunyi dan tampak lemas / tidak aktif seperti biasanya.

Voer jangkrik luar biasa
ciri-ciri kacer mabung
Jelang mabung, kacer mulai malas dan jarang berbunyi.
perawatan kacer mabung
Awalnya bulu-bulu tampak kusam, tidak rapi, lalu rontok secara bertahap.

Proses mabung pada kacer tidak sama antara individu yang satu dan lainnya, tetapi biasanya dalam rentang waktu 1 – 3 bulan. Perbedaan waktu ini tergantung dari pola perawatan selama kacer mabung. Kalau Anda melakukan perawatan secara benar, maka proses mabung bisa dipercepat.

Langkah-langkah perawatan kacer mabung

Berikut ini langkah-langkah perawatan kacer mabung secara benar, supaya nantinya tidak rusak dan burung bisa kembali normal seperti biasanya:

  • Berikan pakan tambahan / extra fooding (EF) lebih banyak sebelum pengerodongan. EF bisa berupa kroto, jangkrik, dan ulat hongkong; berikan selama 1 minggu.
kacer mabung
Pekan pertama mabung, burung diberi banyak jangkrik atau EF lainnya.
  • Setelah seminggu, hentikan pemberian EF.
  • Bersihkan kandang setiap hari (karena banyak bulu yang berguguran) menggunakan desinfektan khusus burung, terutama untuk membasmi jamur dan kutu.
kacer mabung
Kandang tampak kotor oleh feses dan bulu-bulu yang berguguran.
Fresh Aves
Fresh Aves: Desinfektan ampuh khusus burung. Aman bagi manusia dan burung.
  • Lakukan pengerodongan selama mabung berlangsung.
  • Saat klimaks / puncak mabung, jangan pernah sekali-kali memberikan EF karena bisa meningkatkan birahi kacer dan itu memperburuk kondisi.
sangkar kacer
Selama proses mabung, sangkar kacer mesti dikerodong.
  • Sebagai pengganti EF, Anda bisa memberikan voer berkualitas tinggi kepada burung kacer.
  • Pastikan air minumnya tetap terisi penuh. Anda bisa menggunakan air berkualitas yang ditambahi multivitamin. Tujuannya untuk menjaga keseimbangan badan dan meningkatkan nafsu makan.
kacer mabung
Tambahkan multivitamin / suplemen khusus pada air minumnya.
Bird Molt Pre
Bird Molt-Pre: Suplemen khusus pada masa awal mabung.
  • Setelah masa mabung berakhir, saat bulu-bulu mulai tumbuh, mandikan kacer seperti biasanya. Ketika memandikan untuk kali pertama, Anda akan menjumpai bulu-bulu yang mulai rapi, namun banyak kotoran seperti ketombe berwarna putih.
  • Gunakan shampo terbaik ketika memandikan burung kacer.
Bird Molt-Post
Bird Molt-Post: Suplemen khusus setelah beres mabung.
  • Usai mandi, burung langsung dijemur dan biarkan kering sendiri. Selanjutnya sangkar dikerodong, dan burung diberi 6 ekor jangkrik sampai keesokan paginya.
  • Keesokan harinya, kacer dijemur selama 3 – 4 jam. Lalu mandikan lagi agar birahinya yang sempat drop bisa kembali normal. Terapkan langkah tersebut hingga kacer mulai berkicau aktif kembali.
  • Perhatikan selalu pakan dan minumannya.

Itulah tips singkat mengenai cara merawat kacer yang sedang mabung, agar kondisinya tetap on fire pasca-mabung. Kalo ada pertanyaan, silakan tulis di kolom komentar. (Yusuf Afiffudin)

Semoga bermanfaat…

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Iklan gratis jual beli burung di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

Dapatkan omkicau.com untuk Android dan IOS:

Aplikasi Android Omkicau.Com

Aplikasi IOS Omkicau.com

Mau pasang iklan di Omkicau.com, klik di sini