Promosikan bisnis Anda secara PREMIUM di omkicau.com untuk menjangkau ribuan kicaumania Indonesia. Cek caranya di halaman Promo Kicau.

Anda merasa kurang puas ketika tampilan foto dalam galeri foto terlihat kecil-kecil atau sekadar thumbnail? Jangan cemas. Jika Anda pengin menampilkan gambar besar satu koloman, berikut ini saya sampaikan tips membuat shortcode-nya.

Lihat dulu tampilan contoh galeri di bawah ini:

Shortcode untuk contoh galeri di atas adalah: [ gallery columns=”1″ size=”full” ]
(Catatan: hilangkan spasi antara “[” dan “gallery”).

Apa yang Anda lihat di atas adalah galeri yang ditampilkan dalam satu kolom dengan “ukuran penuh”. Penuh dalam hal ini adalah sepenuh lebar halaman tema yang Anda gunakan dan bukan berarti sepenuh ukuran aseli gambar yang Anda unggah.

Jadi, setelah Anda memasukkan foto-foto pada Perpustakaan Media (Library), maka Anda hanya perlu beralih ke tampilan editor HTML/teks dan menambahkan atribut ‘size= “full”‘ dalam shortcode. Jika atribut itu tidak ada maka galeri Anda akan menampilkan foto satu koloman dengan gambar thumbnail.

Perlu diingat:

Untuk memaksimalkan ruang penyimpanan file dan meminimalkan dampak resize foto, maka foto-foto itu sebelum diunggah sebaiknya diedit ulang besarannya, disesuaikan dengan lebar gambar maksimum tema wordpress yang Anda gunakan.

Mohon diperhatikan pengaturan ini ketika Anda akan berganti tema, karena masing-masing tema memiliki ukuran lebar yang berbeda.

Pengaturan untuk blog wordpress di self hosting

Pastikan saja Anda sudah menginstal dan mengaktifkan plugin Jetpack, maka shortcode itu akan bekerja pada blog Anda.

Mudah kan?

Silakan cek artikel lainnya ya, di sini:

Ada 1 Komentar

Sampaikan Pertanyaan / Komentar Anda.