Perawatan Anis Kembang trotolan

Tanya:

Salam Hormat,

Om Duto mohon kiranya membantu saya dalam merawat Anis Kembang( masih trotol belang hitam di dada dah keliatan biar sedikit sekali )

yang saya tanyakan:

1. Mandi sebaiknya jam berapa dan berapa kali.

2. Penjemuran waktunya berapa lama.

3. Pemberian kroto, Jangkrik, Cacing, buah berapa

banyak & berapa kali dalam sehari.

4. Kapan pengkrodongan harus dilakukan.

5. Master apa yg bagus untuk AK.

Sekiranya ini dulu Om Duto sebelumnya saya ucapkan terimakasih, saya mau belajar merawat Anis Kembang soalnya saya kalo liat lomba pasti jadi ngebet banget pengen meliara buat klangenan di rumah.

Salam, (Pertanyaan dari Tjondro75 melalui PM di http://www.kicaumania.or.id)

Jawab:

Ok saya jawab to the point saja ya:

1. Sekali sehari saja. Kalau bisa, jemur dulu barang sebentar pagi hari sebelum dimandikan. Jadi tidak dalam kondisi dingin langsung dimandikan. Tetapi sebaliknya, jangan habis dijemur lama langsung dimandikan. Untuk AK dewasa, bisa dia kali sehari, pagi-sore. Habis dimandikan jangan langsung dijemur. Angin2kan dulu biar airnya kering dulu, baru dijemur.

2. Jemur normal paling setengah jam saja di pagi hari.Porsi jemur bisa ditambah jika bulu sudah kuat/tua. Penambahan porsi jemur dilakukan secara bertahap dari hari ke hari.

3. Pagi hari, jangkrik 4-5 (sehabisnya berapa). Setelah itu tambah kroto dengan porsi minimal sesendok makan sehari. Sore jangkrik 4 ekor. Diberikan tiap hari. Untuk cacing,1-2 ekor di siang hari (nggak mutlak).

4. Di malam hari. Tapi kalau pengin nglatih agar bunyi di kala sunyi, nggak usah dikerodong di malam hari dan didekatkan lampu (suasana terang).

5. Suara jangkrik. Jika anakan AK bisa merekam suara jangkrik, dia akan relatif mudah merekam suara apa saja.

Begitu Mas? Semoga membantu.

Salam,

Duto

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

diskusi di siniAda pertanyaan atau pesan, sobat? Mohon sampaikan di sini (klik saja). Navigasi Utama:

Tentang iklan-iklan ini

There are 23 comments

  1. sulaeman

    Om mau tanya nih sy punya AK ko napasnya ngos-an kaya orng abis lari pagi.perawatannya biasa om 2/2 jangkrik AK udah ngerol om.
    1 gimana cara ngilanginnya sesak napasnya om?makasih ya om

  2. Abdillah

    Mlm om,

    Sbnere mau ta masukan ke agrbur,tp susah,maaf ya,

    Mb saya dah mulai sering ngeplong,tp msh sndiri gantangnya,

    Tny;kalo mulai di tmpel lvebird/brng kcil lain bs stres lg ga ya,pa sndri dl

    Sy ksh ikan doyan ya om,cacing kurang doyan

    Tny;apakan ni ciri mb psisir,tlong jlskn karakter mb psisir+ef faforitnya,

    Mksih ya om,jwbnya sy tunggu

    Salam

  3. anto telo

    memang sebelumnya belum bunyi cuma bunyi lirih ( Ngeriwik ) tidak cuma cuit, kik dan krek, tapi sekarang cuma kik kik kik krek, saya yakin stres tapi saya belum tahu penyebabnya apa karena faktor makanan apa karena faktor lingkungan

    karena tempat sebelumnya sunyi sepi, di tempat saya banyak anak anak dan kondisi ramai. lampu kalau malam sering byar pet, kalau ada orang hidup, kalau tidak ada dimatikan, apa lampu ini juga berpengaruh sebab kalau tidur terganggu

    makasih pakdhe pencerahannya

    telo anto solo

  4. anto telo

    Waduh saya juga bingung…
    terus bagaimana cara perawatan yang benar untuk AK saya yang kata penjualnya baru satu kali brodol, warna bulunya belum hitam legam jadi masih anakan tapi bukan trotol, apakah perlu diteruskan jangkrik 2 pagi 2 sore, kroto tiap pagi, berhubung saya pulang sore mandi karamba cuma sore plus jangkrik 2, tiap hari saya kasih buah seadanya, ada pepaya ya pepaya apel ya apel kalau sukanya sih pisang kepok

    terimakasih pakdhe maaf banyak tanya saya masih pertama kali piara AK, selain AK saya punya Perci gacor dan Kenari dan Kacer poci, apa Ak tidak ngeriwk gara gara POci saya yang Gacornya minta ampun.
    terimakasih
    anto telo solo

    Jawab:
    Apakah AK itu pernah bunyi sebelumya? Ataukah sejak beli belum pernah bunyi? Kalau sejak beli belum bunyi, ya masih nunggu waktu saja (asal bukan betina loh). Kalau tadinya sudah bunyi, berarti ada faktor stress atau kondisi kurang prima. Kalau soal kacer enggak-lah. Coba lebih sering mandinya. Kalau mandikan agak lamaan biar dia lama kecipak-kecipung di karamba. Semakin fit semakin cepat bunyi.

  5. anto telo

    Tolong Ya pakdhe…

    AK saya kok kalau di jemur sering menekuk leher, leher seperti tidak ada jadi kepala langsung badan, kemudian sering di bawah sambil dada diatas atau terkapar, apa kekenyangan atau gimana, pemberian makan : Tiap hari jangkrik 2 – 2, kroto tiap pagi. buah berganti ganti tapi paling suka pisang kepok pepaya atau apel kurang, dan kadang kadang cacing saya potong jadi 3. Kondidi AK waktu beli ngeriwik tapi sekarang hanya cit cit dan jarang ngeriwik apa perlu multivitamin kalau perlu apa multivitamin yang cocok. terimakasih pakdhe….

    Jawab:
    Wah lha kondisinya kok aneh begitu ta Om..
    Saya nggak bisa menyarankan obat dsb karena saya tidak tahu persis penyakitnya.
    Kalau multivitamin, paling ya beri saja suplemen yang biasa untuk anak-anak itu, AD-plex. Kasih 3-5 tetes di air minumnya. Atau spetkan dua tetes ke perut jangkrik yang mau dikasihkan ke AKnya.

  6. anto telo

    Tolong dijawab Pakdhe………….

    AK ku kok sekarang sukanya menekuk leher, kelihatan badan dan kepala jadi satu, kok nggak riang, apa sakit ya pak….
    kemaren kemaren nggak begini….
    biasanya ngeriwik ngeriwik kok sekarang diam dan seperti itu mohon kalau ada yang bisa jawab please.
    Makasih
    Telo Solo

    Jawab:
    Mangga untuk pertanyaan seputar burung, ditulis di <a href="http://www.agroburung.com” target=”_blank”>www.agroburung.com ya Om-om yang baik. Salam…

  7. choung yang

    ow gt…makanya jg akir2 ni tak masukin karamba jg ga mau mandi.hehehehe….kalo utk porsi makanannya gmn om?

    Jawab:
    Tetap saja dulu…

  8. choung yang

    om sya pnya ak.belinya waktu msh trotolan gt,skrg bulu dadanya udh mulai gnti bintik2 item gt,trs utk bulu kpala mulai gundul.kira2 ak sy umr brp y?dan utk prawatan shari2nya yg tepat gmn?kalo prawatan yg kmrn sy lakukan,pagi sore jangkrik,cacing merah 2-2,mandi jg pagi sore,kroto jg pagi sore.buah apel,pisang,per,selang seling om.
    tolong ya om dibanntu kasi solusi yg tepat utk prawatan ak sy.nuwun…

    Jawab:
    Mungkin sekitar 4 bulanan Om.
    Untuk rawatan saat ini, coba untuk tidak dimandikan dulu sampai bulu tumbuh lengkap agar tidak rusak.

  9. nova

    Mlm om.sy punya MB muda hutan girasnya minta ampun.menurut om mana yg lebih penting jinak dulu atau bunyi dulu,

    Jawab:
    Dijinakkan dulu saja Om biar nantinya sertelah mau gacor nggak berisiko liar dan bulu selalu rusak.

  10. Iwan

    Selamat siang, Om Duto. Dari referensi yang saya baca pada tulisan Om "Mabung, ngurak, nyulam". Kayanya MB saya termasuk pada kategori "nyulam". Yang saya mau tanya Om, apakah perawatan MB saat nyulam sama dengan perawatan MB saat mabung. kalau tidak menurut Om bagaiman cara merawat MB yang benar pada saat "nyulam"? Mohon bantuanya Om. terimakasih.

    Jawab:
    Untuk nyulam, EF dan pakan tetap. Mandi jemur dikurangi. Mandi cuma disemprot sprayer saja. Tujuannya, agar air tidak terlalu banyak masuk sampai kulit yang akan menyebabkan bulu lama yang sudah mau lepas malah menguat kembali dan batal lepas. Jemur dikurangi (hanya pagi2 saja) tujuannya agar bulu baru tidak rusak.

  11. Iwan

    Maaf om nanya lagi, setelah baca tambah menarik sih. Saya sudah baca petunjuk Om, ditambah melihat gambar anis milik Rokhim. tapi om, MB saya bengkaknya bukan karena luka, dan tidak ada eksudat. Kalo istilahnya kakinya keseleo Om. Kalo keseleo, cara mengobatinya gimana yah om, apa perlu dioprasi. kalau perlu caranya bagaiman yah om. maaf nih om bayak naya. Soalnya baru kali ini saya dibeliin burung sama ayah saya dari padang. Terimakasih banyak om.

    Jawab:
    Kalau tentang keseleo, coba baca jawaban saya atas pertanyaan Om Josenetmail di Buku Tamu. Pernah saya sampaikan.

  12. iwan

    lam kenal Om. Om, saya punya MB liar banget, sangking liarnya kakinya kejepit sela-sela sangkar. Akibatnya telapak kaki MB yang kanan menekuk, dan terliahat bengkak dipergelangan kaki, sehingga jalan MB kaya kepeleset. Yang saya mau tanya om, kaki MB saya bisa kembali normal ga–terus ada ga obatnya untuk ngobatain kakinya yang kejepit? mohon petunjuknya om.

    Jawab:
    Coba Om bisa dibuka di halaman Curhat Problem Burung. Ada tanya jawan saya dg Om maimsa71. Itu juga soal kaki luka/bengkak.

  13. Jazz

    Mas saya br ambil anis kembang burungnya lg di jalan di bw temen mau ke sini saya byr 700 dia blg burung dah bunyi tp kondisi lg ganti bulu belum kelar apa gak stres ape di sini perjalanan seminggu mas kata pemilik pertama harus di embunkan jam 6 subuh apa Bole di embunkan kalo posisi lg ngurak mas.Apa bole burungnya dkt2 ma anis merah ato burung jenis lainnya mas?Ceritanya keluar dari arena dulu ya mar Saya br baca td tulisan mas kayaknya kenak kali ke saya yg booin binilah kl burungnya gak bunyi lg bini dech kena omelin solnya saya kerja luar melulu jd bini deh yg kasi makan mandiin burung kayaknya dia yg hobi burung bkn saya padahal dlm hatinya mungkin mau lepasin tuk burung semua biar gak ada kerjaan he..He..He..Tp mungkin karna dia sayang suami kali ya mas makanya gak di lepasin he..He..He.. Saya jg bingung mas ngeri ya kalo orang tu kena hantu burung kalo di rumah saya ni mas kaya istana burung ampe 50 ekor mas murai batunya aja ada 30 ekor Sori ya mas kayaknya saya byk ceritanya he..He..He.. Thank ya mas

    Jawab:
    Gap apa2 diembunkan. Pesan saja pokoknya di jalan jangan sampai kelabakan untuk burung yang sedang mambung. Bulu muda mudah pecah dan rusak.
    Wah burung sampai banyak begitu, mending bikin penangkaran aja Om…

  14. eko

    Om, nanya lagi dong. Om, dipergelangan kaki MB saya yang bekas luka kelihatan ada bengkak. saya liat di blog om katanya beri vitamin Trymezin-B. Tapi, saya puter-puterin tempat kios burung dan pet shop ternyata kaga ada yang jual. Yang saya mau tanyakan Om, adakah penganti vitamin Terymezin-B, untuk mengobati kaki yang bengkak. Mislnya dari pemberian pakan, dan cara perawatanya. Mohon bantuannya Om. terimakasih.

    Jawab:
    Coba berikan salep bermerek dagang Cloramphenicol. Cari di apotik ya. Oleskan sehari sekali selama 3 hari.

  15. eko

    trimakasih om atas penjelasannya. Om, kaki MB saya yang luka–sudah kering. tapi, timbul masalah baru Om. bekas kaki MB yang luka, kakinya kalau bergerak di tangkringan, seperti kepeleset. kenapa itu yah om, apakah MB terinfeksi. turus apakah bisa sembuh, om. kalau bisa obatnya apa yah, om? karena kalau saya tanya ke tukang burung eh bukan kasih solusi,malah jawabanya, "udah mas tuker aja sama MB yang ini". mohon Om penjelasanya?

    Jawab:
    Ya karena bekas lukanya itu yang jadi kaku begitu luka mengering. Seperti halnya kalau orang terluka di ruas jari tangan, kadang otot2 jadi kaku digerakkan. Kalau manusia sih diminta utuk terus meggerak2kan jari dan diurut2 perlahan. Kalau di MB, ya kalau lukanya bener sudah sembuh bisa kemudian diurut pakai minyak tawon.

  16. eko

    Om, terimakasih atas penjelasanya. Om, saya pernah naya soal kaki MB yang luka. menurut Om baik atau tidak bagi mental burung cara mengobati kaki MB yang luka dengan dipegang kemudian diolesi minyak tawon. Masalahnya posisi luka ada di telapak kaki MB. Om, satu lagi yah, saya mandiin MB dengan cara disemprot, soalnya kalau di mandiin di tempat mandi saya tidak ada waktu untuk menunggu burung mandi yang dirasa memakan banyak waktu. Bagaimana menurut om? Terimakasih Om.

    Jawab:
    Nggak apa-apa Om…nggak akan stres asal pegangnya jangan terlalu kenceng. Biasa itu saya lakukan kalau ngobati burung, termasuk untuk menggurah burung kan juga harus dipegang2.

  17. Dodi

    Mas duto saya dodi yg td pg sms..mas gmn cra ngobatin cuck ijo yg suaranya jadi gembos (kyk serak) tolong saya mas..

    Jawab:
    Suara serak bisa jadi karena ada infeksi di saluran tenggorokan. Bisa juga hanya karena ada lendir.
    Langkah pertama, coba pegang saja burungnya. Dekatkan dengan telinga dan dengan ada suara "kerrr" seperti ngorok enggak ketika bernafas. Kalau ada suara itu, beri saja antibiotik untuk burung, bisa Teramicyn B atau merk yg lain. Berikan sesuai dosisnya. Kalau hanya serak terapi tidak ada suara "kerr" biasanya dikasih air perasan daun mengkudu atau larutan penyegar warna orange, juga bisa sembuh.

  18. eko

    terima kasih om atas penjelasannya. saya melakukan anjuran dari om untuk mencari tahu apakah AK Co-CW. saat AK, saya jejerkan dgn AM trotolan umur 1 bulan. AK bereaksi turun naik dari tangkringan sedangkan AM tenang dan sesekali meyeruduk. apakah degan ciri-ciri itu om dapat memebri tahu apakah AK CO atau CW. salam sisicuit.

    Jawab:

    Kalau melihat gerakan/reaksi AK trotolan ketemu dengan burung lain, apalagi juga anis trotolan, belum bisa akurat untuk menentukan jenis kelamin Ak tersebut. Untuk lebih jelasnya, Om bisa lihat ini deh untuk diskusi soal jantan-betina burung.

    Salam,
    Duto Solo

  19. Duto

    Proses ganti bulu (moulting) sudah sampai apa? Kalau bulu masih banyak yang jatuh (bukan mandek) bisa dipacu dengan pemberian exra fooding (EF) yang banyak terutama kroto.

    Pemberian buah dan mandi harus stop dan full kerodong. Dibuka kalau pas memberi pakan an ganti air. Kotoran tidak usah dibersihkan biar tambah panas etapi letakkan di tempat/ruangan kering. Kalau ruangan lembab bisa menyebabkan tumbuh jamur di kotoran dan membuat AK tidak sehat.

    Setiap pagi bisa diberi ulat hongkong (UH) 4 biji (jangan banyak2 ya).

    Kalau tidak jelas, bisa tanyakan lagi.

    Salam,

    Duto

Komentar ditutup.