HOT

Tips (lain) mengurangi anis merah birahi secara cepat…

Jika ada orang menyatakan sebagai agen produk Om Kicau dan mau jual burung, pastikan bahwa nomer telepun yang diberikan sama dengan yang tertera di web ini. Jika beda - dengan alasan apapun - tinggalkan saja dari pada menyesal belakangan. Cek dulu nomer telepun agen produk Om Kicau. Klik saja.

Biasanya, tips untuk mengurangi birahi AM adalah treatment makanan dan mandi. Itu memang OK, cuma kadang ada yang tidak sabaran. Ada pengalaman teman saya yang bisa saya sharing untuk teman2, meskipun sebenarnya pernah saya singgung di sini (threat apa, saya lupa). AM birahi, biasanya galak. Matuk tangan kalau tangan kita masukkan ke sangkar. Nah, justru ketika kondisi seperti itu, coba masukkan tangan kita secara perlahan ke dalam sangkar. Jangan "ngeget" nanti burung kaget dan takut.


Coba tangan kita hadapkan ke bawah, punggung tangan menghadap ke AM dan dekat2kan secara mennggoda ke AM. Biasanya AM akan terus mematuki tangan sambil kemudian nangkring di atas punggung telapak tangan kita yang kita bengkokkan. Apa yang terjadi kemudian, adalah AM akan membuat gerakan2 seperti kawin (ya “mengawini” tangan kita). Setelah “kelelahan” dia akan berhenti sendiri.
Kalau AM Anda belum terbiasa, memang awalnya akan takut2. Tapi kalau sudah terbiasa…. awas…. jadi ketagihan. Benar kok, kalau nggak “dibegitukan” dia seakan terus ngejar2 kita. Tapi ini, percaya nggak percaya, ini salah satu terapi yang cukup jitu untuk dicoba.
Inti dari tips ini adalah membantu AM untuk ber-onani.
Jadi, birahi memang harus “disalurkan”, sebab dalam kondisi seperti itu, malah menunjukkan bahwa burung kita sehat. Bukan dikurangi EF-nya ataupun diterapi mandi. Boleh dan bisa saja memang, tetapi menurut saya, tips saya ini “lebih alami”.
Bisa dicoba….
Untuk burung jenis lain, mungkin beda pula perlakuannya karena biasanya burung lain punya karakter yang beda, dan biasanya takut dengan tangan majikannya. Untuk kenari, ini juga bisa dicobakan.
Semoga bermanfaat.
Salam,
Duto

Ada pertanyaan atau pesan, sobat? Mohon sampaikan di sini (klik saja). Navigasi Utama:

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

60 Comments on Tips (lain) mengurangi anis merah birahi secara cepat…

  1. Om… Anis merah saya kalo makan suka berantakan! (Awur-awuran kata orang sunda mah) Ganti Voer hampir setiap hari karena voer selalu habis jatuh kebawah!
    Solusinya gimana om?

    Suka

    • redaksiomkicau // 22/02/2014 pukul 10:23 pukul 10:23 //

      Coba ganti dengan voer merek lain om.

      Suka

  2. om.. AM saya bila deket sya and saya liat ngak mo bunyi, trus klo di taruh di tempat yang tersembunyi gacor om tapi saya intip ngak mau teler, trus.. klo mo ganti airnya kan masukin tangan loncat2 ketakutan, tapi klo masukin telunjuk dipatuk om, gimana ni solusinya om, AM saya lagi gimana klo yang kayak gitu!!! ato sebaiknya saya panggang aja om!?!?! hihihi….

    Suka

    • redaksiomkicau // 07/02/2013 pukul 07:01 pukul 07:01 //

      Dibiasakan saja ditempat ramai, nanti kalau sudah terbiasa akan jinak dan bunyi teler lagi om.

      Suka

  3. om, saya mo mnta tolong…anis merah saya ngebirahi trs, tp ga galak,malah baik…saya udah coba tip2 yg d,atas..tp,blm brhasil trs,,gimana ya om???padahal anis saya masih muda,trs suaranya knceng di wktu teler pun…om,minta pndapatnya yg jitu ya…hatur nuhun…

    Suka

    • redaksiomkicau // 13/07/2012 pukul 14:31 pukul 14:31 //

      cara jitu tentu dicarikan betina untuk dikawin om. karena bila sudah over birahi idealnya memang disalurkan.

      Suka

  4. R. BENNY LATUMEGA // 12/07/2012 pukul 17:51 pukul 17:51 //

    om saya mau tanya AM sy baru ngeriwik beli di pramuka loncat loncat terus keatas dan pada saat sy kerja pagi setelah dimandiin dan diangin anginkan terus dikerodong kayanya loncat terus keatas kepalanya keluar sangkar sampai ga bisa balik kejepit seperti yg gantung diri sampai mati, mohon penjelasan om sebab musabab, apa birahi, atau stres makasih sebelumnya ?

    Suka

  5. BETUL OM… SY PERNAH SAKING KESALNYA SY MASUKAN TELUNJUK EEE NGAK TAUNYA KAYAK YG BERONANI… SAMPAI SKRG SAYA BELUM DAPAT HASIL MUNGKIN TANGAN SAYA YG MESTI MASUK BUKAN TELUNJUK

    Suka

  6. OM duto mau nanya nih,saya punya masalah sama tentang Am yg galak/birahi parahnya lg kl denger suara saya/lht saya bawanya pengen angkrem di tempat makan.padahal dulu waktu blm seperti itu mau kerja di lapangan tp setelah berapa bulan ane latberin kok cmn naik turun tangringan&bawanya pgn nyerang Am lain.yg saya mau tanyain bgmn cara bikin prilaku AM saya kembali normal,tolong masukannya Om matur suwun

    Suka

    • Itu namanya burung manja Om hehehe. Cek artikel ini.
      Untuk lainnya, mohin cek beberapa artikel anis merah pada kategori Tips dan Referensi.

      Suka

  7. kalo galaknya sama anis merah lain saat dilomba itu gampang om…
    langkah pertama; turunkan itu anis merahya baik itu AM om maupun AM lawan
    langkah kedua;ambil anis merahnya lalu dikawinkan sama anis merah om. Kan selesai..hhheeehhhee…

    Suka

    • Halah Om Widi nglawak hwahahaha….

      Suka

  8. OM DUTO INI MENGADA-ADA SAJA MANA ADA BURUNG KAWIN SAMA TANGAN….YANG BENER AJA OM….ITU BISA JADI SOLUSI SEMENTARA KALO BURUNG GALAKNYA SAMA TANGAN KITA…TAPI ADA KASUS LAIN ANIS MERAH GALAKNYA SAMA ANIS MERAH LAIN SAAT AM KITA KETEMU LAWAN DI TEMPAT LOMBA….NAH KALO YANG ITU SOLUSINYA GIMANA OM….PADAHAL KITA UDAH MENCOBA SETINGAN SAMPAI 1001 MACAM SETINGAN….YA KESIMPULANNYA KALO BEGITU BERARTI MEMANG KARAKTER BURUNGNYA OM…GA BISA DI APA-APAIN LAGI…PALING2 JADI BURUNG RUMAHAN SAJA….

    Suka

    • Fakta membuktikan. Itu terapi yang dilakukan antara lain oleh Om Eko Kertas Solo yang AMnya sering juara. Jadi tidak mengada-ada. Tks.

      Suka

  9. Terima kasih,nanti d coba

    Suka

  10. Awalnya pernah juga dapat share untuk menghilangkan OB dengan mengurangi EF yg tadinya settingan jangkrik 2/2 menjadi hanya 1 di pagi hari , mandipun juga coba 2x sehari bahkan jam 12 atau bahkan jam 2 pagi , tetapi AM tetap OB , belakangan treatmant dengan tangan seperti yg tertulis di atas juga sudah saya lakukan , tetapi kondisi sekarang momongan kalau liat saya didekatnya boro2 mau teler , ngemplong pun jadi jarang . Tetapi kalau burung disendirikan tanpa liat saya , langsung tancep ngerol dan teler . Kalo dicoba di Lapangan burung harus dibuka lebih dulu dan dibiarkan bunyi sampai -sampai mau kecapean , tetapi dengan itu burung mau bunyi di lapangan , tapi volume seperti ngempos .
    Yang saya mau tanyakan , berapa lama treatmant hilangkan OB dengan tangan itu boleh dilakukan …..
    Apakah harus tiap hari , atau gimana ???
    Pola / gaya makannya pun sangat amburadul , vorr secepuk bisa-bisa berantakan dalam waktu 2 jam , kalau vorr ditempatkan ditempat vorr yang bertutup , contoh yang bulet , bulu dada/leher seperti bulu kena kutu .
    Bagaimana setingan yang paling tepat untuk mengatasi kondisi AM yang seperti ini om …..
    ” SALAM KICAU MANIA “

    Suka

    • Mandi malam coba,ksh jangkrik 1 aja

      Suka

    • Kalau OB ya tentu harus pangkas porsi EF jangkriknya dan mandikan malam juga kasih buah pepaya yg matang pasti akan normal kembali

      Suka

  11. yo lah!

    Suka

  12. salam kicau mania. om, mau tanya, AM puyaku mau bunyi hanya jika ditempatkan di dekat kolam di dalam rumah. kalo saya taruh di ruang tamu gak mau bunyi meskipun sampai sebulan gak ada perubahan. tapi kalo dibalikin ke dekat kolam dia adaptasi cuma sehari terus bunyii lagi. saya pelihara udah 3 tahunan dari usia masih trotol. apa solusinya biar AMku mau bunyi di tempat2 yg lain om? mohon pencerahannya.

    Suka

    • Pindah tempat dulu barang sehari dua hari guna memberikan suasana baru buat anis merah anda, karena kalau terlalu lama dirumah biasanya suka bosan dan jadi malas bunyi

      Suka

  13. salam kenal om,saya baru beli AM tpi baru 3 hri di rmah langsung mabung, kata teman sich,salah nyetel EF nya.mau tanya om,untuk stelan EF harian dan stelan EF lomba. untuk anis merah gmana?soalnya saya buka di berbagai website dan majalah burung kok beda2.jadi bingung

    Suka

    • Setelan ef harian umumnya begini:
      jangkrik 2 ekor pagi dan 2 ekor sore atau bisa juga 2 ekor pagi dan 3 ekor sore atau bisa juga 1 ekor pagi dan 1 ekor sore. Itu bisa anda coba satu2 kemudian amati perubahan AM anda sampai menemui setelan yg pas yaitu burung mau rajin bunyi (gacor).
      Dan yg pailing utama adalah jam waktu ngasih makan burung harus sama tiap harinya, kalau paginya ngasih pakan jam 7 ya harus jam 7 terus, kalau sorenya ngasih jam 4 ya harus jam 4 terus itu baru konsisten namanya.
      Yg terahir jangan biasakan ngasih ef kroto sehari2nya cukup berikan 1x dalam seminggu saja kalau ada.
      Sudah bertahun2 saya pelihara AM tapi saya gak pernah sedikitpun ngasih kroto ama AM saya cuma saya kasih ef jangkrik dan buah saja dan AM saya semuanya rajin bunyi (gacor).

      Suka

  14. 5f mau tanya kalau mau rontok syap bulu anis merah,
    soal y bulu pada anis merah saya tidak segera mau rontok

    mohon bantuan nya thangks

    Suka

    • Kalau pingin cepet brol ganti voernya pake merk Classic dan hentikan sementara EF nya selama beberapa hari. kalau bulu2 lama sudah jatuh semua baru anda kasih EF 3x lipat dari porsi hariannya guna memperlancar produksi pertumbuhan bulu dan kalau bisa Full kroto sampai bulu2 barunya mencapai sempurna, setelah bulu2 baru sempurna baru setelan Ef dikembalikan pada setingan normal kembali.
      Ini Dari Pengalaman saya sendiri dan hasilnya 100%

      Suka

  15. om, mau tanya,,,kalo mengatasi AM birahi, selain pake tangan pake aplagi ya….? thanks

    Suka

  16. Salam kicaumania. Perkenalkan sy Eko mau nanya sama om Duto. Sblumnya sy telah baca thread2 om Duto mengenai cara menurunkan birahi AM dgn memasukan tangan ke dlm kandang dgn harapan bisa dikawini. Hal ini sdh sy lakukan. Am sy mau mengawini tgn sy tp stlah itu malah galak dan sampai skrg jd gak rajin kicau lg. Gmn nich om cara ngatasinnya ? Mksh.

    Suka

  17. mas..AM saya cuman bisa ngriwik saja,..katanya siy kl ngriwik sambil ngeper2in sayap itu pertanda kl AM tsb betina ya ?? mohon infonya mas….oiya,..apakah AM betina tdk bisa berkicau ???

    Suka

  18. Saya Pengen sekali Nyoba AM sy biar melakukan onani pd tangan sy, tp yg sampai sekarang saya tdk brani melakukannya bkn takut AM sy ketagihan tp takut lama2 tangan sy Hamil Om.
    Dan bs bikin Om duto bingung jwb bl ada pertanyaan ” Om tgn Sy hamil apa solusinya ? ” he he he

    Suka

    • Ya biarkan nelor sekalian dan angrem Om hehehehe.

      Suka

1 2

1 Trackbacks & Pingbacks

  1. ANIS CACING « dithkicau

Komentar ditutup.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 155.988 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: