Beberapa manfaat dan efek pakan tambahan pada burung anis merah

Burung anis merah (Zothera citrina) dikenal memiliki karakter dan emosi yang tak stabil. Burung ini mudah berubah karakter ketika menjumpai perubahan dalam perawatan hariannya. Anis merah secara mendadak bisa berubah menjadi galak, atau sifat-sifat lain yang sebelumnya tidak pernah ditunjukkannya. Perubahan pola dan jenis pakan termasuk salah satu faktor yang bisa mengubah karakter dan emosi anis merah. Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk mengetahui beberapa manfaat dan efek pakan tambahan pada burung anis merah.

Anis merah
Anis merah memiliki karakter dan emosi yang tidak stabil.

Perubahan karakter dan emosi burung anis merah cenderung terjadi ketika pemberian pakan tambahan atau extra fooding (EF) dianggap terlalu berlebihan. Jenis buah yang monoton alias tidak bervariasi juga bisa membuat karakternya berubah.

Untuk itu, penting kiranya kita  memahami apa manfaat dan efek yang ditimbulkan dari pakan tambahan yang biasa diberikan kepada burung anis merah.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

IKUTI OM KICAU DI INSTAGRAM

Dengan mengutip dari berbagai sumber, mari kita simak apa saja manfaat dan efek dari pakan tambahan ( EF) yang biasa diberikan dalam perawatan hariannya berikut ini:

  • Pakan serangga seperti ulat hongkong dan kroto dipercaya memberikan efek panas pada tubuh burung. Jika diberikan secara berlebihan bisa membuat anis merah berubah menjadi galak atau emosional.
  • Pakan serangga seperti jangkrik dan cacing tanah diyakini meningkatkan birahi pada burung anis merah. Jika diberikan dengan jumlah dan waktu yang tepat bisa membuat anis merah mudah sekali berbunyi.
  • Pakan buah-buahan yang banyak mengandung air, dan buah-buahan yang memiliki rasa asam, dipercaya bisa menurunkan birahi anis merah, sekaligus menurunkan emosinya. Buah-buahan yang termasuk kategori ini antara lain pepaya, peer, dan belimbing wuluh.
  • Pakan buah yang bersifat basa bermanfaat untuk menaikkan birahi burung. Untuk anis merah, buah yang dimaksud adalah salak.
  • Pakan buah yang berasa manis memiliki manfaat menjaga kondisi dan stamina burung. Buah yang termasuk kategori ini antara lain pisang dan apel.

Dengan pemahaman di atas, kita bisa mengatur pemberian pakan tambahan agar penampilan dan kondisi anis merah sesuai dengan yang diinginkan.

Burung anis merah
Pemberian pakan yang tepat, pada waktu yang tepat , bisa membuat anis merah mudah berbunyi.

Anda bisa menerapkan berbagai pola rawatan harian, termasuk memberikan pakan buah dan serangga yang lebih bervariasi, dengan mempertimbangkan manfaat dan efeknya pada burung seperti disebutkan di atas.

Dengan begitu, burung anis merah tetap memiliki karakter, emosi dan birahi yang stabil, sehingga lebih mudah mencapai proses berbunyi, terutama burung yang masih bakalan atau dalam kondisi macet bunyi.

Selain itu, kalau Anda mampu memberikan pakan yang tepat pada waktu yang tepat, maka anis merah akan mudah sekali berbunyi.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.