A-Q Molting, mabung, ngurak, nyulam pada burung

Moulting atau molting artinya adalah rontok, berganti bulu atau meranggas.

Moulting/molting (burung) adalah proses bergantinya bulu tua secara periodik. Normalnya setahun sekali atau lebih dan dalam setahun bisa dua kali untuk species burung terentu.

Kadangkala, istilah moulting diterjemahkan dengan berbagai istilah seperti ngurak, mabung, ambrol, nyulam dan sebagainya. Hanya saja ada perbedaan berdasar “asal kata” masing-masing istilah tersebut:

“Ngurak” digunakan untuk menyebut kondisi bulu burung yang sudah tidak beraturan (terorak-arik) dan mulai rontoknya bulu2 kecil.

Ambrol = bulu rontok semua atau proses bulu rontok semua.

Nyulam = Tumbuh bulu baru menggantikan bulu yang rontok tetapi secara keseluruhan bulu dalam kondisi bagus (tidak dalam kondisi ngurak).

Kosa kata yang sering muncul dalam proses “moulting” adalah mabung. Mabung ini adalah proses bulu2 tumbuh tetapi belum sempurna dan sebagian besar masih terbungkus seperti anak bambu yang mau tumbuh (rebung). Jadi kata mabung memang berasal dari kata “menyerupai rebung”.

Hanya saja secara umum kita sering menggunakan beberapa kosa kata itu secara berganti-ganti untuk menunjuk proses moulting. Padahal, kalau mendasari dari pembentukan kata-kata tersebut ataupun arti denotatifnya,

Artikel Terkait soal Mabung

1. Produk terbaru: ATP, hormon, anti-snot, perontok dan penumbuh bulu

2. Anis merah macet pasca mabung dan perubahan gaya teler…

3. Rahasia Burung Jawara

4. Bagaimana menjadikan bulu burung berkilau?

5. Mengapa metionin dan sistin perlu diberikan selama burung molting?

6. Agar branjangan cepat bunyi setelah mabung

7. Kacer susah mabung

8. Perawatan kacer mabung

9.Bulu patah pada burung saat mabung

maka proses moulting (sempurna) adalah melalui tahapan sebagai berikut:

1. Ngurak

2. Ambrol

3. Mabung

Sedangkan istilah nyulam adalah pergantian bulu secara tidak sempurna.

Jenis-jenis burung tertentu, terutama jenis cucak-cucakan, jarang yang mengalami proses moulting sempurna (ngurak, ambrol dan mabung) dan biasanya hanya nyulam.

Inilah mengapa sebabnya cucakrowo yang ditangkar biasanya berproduksi terus-menerus bahkan tiap bulan (jika anakannya dipisahkan dan diloloh sendiri oleh penangkar). Sedangkan untuk anis kembang, murai batu, kenari atau jalak suren misalnya, mengalami berhenti produksi karena indukannya memasuki masa moulting.

Penanganan burung ngurak

Jika burung Anda memasuki masa ngurak coba lakukan terapi ngurak secara ekstrem berikut ini:

1. Full kerodong; dikerodong terus kecuali sedang diberi makan/minum.

2. Ganti merk voer.

3. Beri kroto. Untuk burung2 relatif besar seperti murai batu, kacer, anis merah, anis kembang , bisa minimal sesendok makan sehari. Untuk burung kenari, bisa sekitar setengah sendok teh. Untuk branjangan, bisa dua sendok teh.

4. Tidak dimandikan, tidak dijemur.

5. Tidak perlu dibersihkan kotorannya selama tidak berjamur.

6. Taburi dulu bagian dasar sangkar dengan kapur setebal sekitar 2 mm merata; kemudian di lapisan atasnya taburi lagi dengan dedak/katul setebal sekitar 1 cm juga merata.

Fungsi dedak: Untuk menghangatkan udara dalam sangkar tetapi terjaga kelembabannya (tidak terlalu kering). Karena lembab potensial sebagai tempat berkembang biak mikroba, maka kapur, yang selain menambah hangat juga bisa membunuh jamur atau mikroba lain (terutama karena full kerodong dan tdk dibersihkan kotorannya).

Udara hangat tetapi lembab sangat diperlukan untuk proses moulting. Bulu tua akan cepat rontok karena lapisan kulit luar yang menjepitnya membuka. Bulu muda akan sempurna tumbuhnya karena ujung bulu baru terbantu dalam memecah lapisan tanduk yang membungkusnya.

Tanya:

Mengapa tidak dijemur saja sembari dikerodong?

Jawab:

1. Udara dalam sangkar berkerodong, sangat panas juga kering. Udara kering di bawah sinar matahari akan menyebabkan lapisan tanduk pembungkus bulu baru mengering dan sulit pecah (menyebabkan bulu tumbuh tidak sempurna).

2. Konsentrasi O2 di udara kering di dalam sangkar yang berada di bawah terik matahari sangat tipis. Tidak sehat untuk makhluk hidup.

3. Suhu di dalam sangkar tidak terkontrol dan kalau mencapai 40 derajat C saja sudah cukup membuat burung megap-megap. Kalau Anda lupa, wassalam deh burung….

Terapi ini bisa untuk terapi mabung apa saja.

Tanya:

Kapur apakah yang dipakai?

Jawab:

Kapur yang digunakan adalah kapur yang biasa untuk makan sirih (kapur mati, bukan kapur aktif). Contoh kapur mati ya seperti kapur tulis ataupun kapur untuk makan sirih. Kalau kita beli kapur dari toko besi, biasanya adalah kapur aktif. Untuk “mematikan”-nya, beli saja kemudian ditempatkan ke wadah tahan panas. Setelah itu diberi air, maka kapur akan mendidih (awas, panas sekali). setelah berhenti mendidih, biarkan sampai dingin. Biarkan kemudian sampai mengering dan jadilah kapur mati. Hancurkan dan siap pakai.gak efek samping ke momongan kita setelah mabung?

Tanya:

Apakah tidak ada efek negatifnya?

Jawab:

Sejauh ini tidak ada.

Efek di luar itu malah yang harus diwaspadai, yakni jangan sampai kapur beterbangan. Berbahaya bagi mata kita.

Tanya:

Tapi momongan kita bisa hindarin juga gak ya?

Jawab:

Nah itulah mengapa sebabnya lapisan kapur harus ada di bawah. Dan di bagian atas dedak. Dedak harus di atas karena dia relatif tidak mudah beterbangan, sehingga berfungsi “menutup” kemungkinan kapur beterbangan. Kalaupun kapur bocor keluar, maka dia mengarah ke bawah dan keluar kandang. Karena sangkar dikerodong full, maka hal itu relatif cukup untuk melindungi burung kita.

Pengalaman selama ini, kalau kapur sudah ketutup dedak, biasanya dia tidak terserpih lagi seperti debu, tetapi partikelnya cenderung mengikat (lengket) satu sama lain.

Tanya:

Dikatakan bahwa saat melakukan perawatan tersebut burung full kerodong terus dan tidak mandi dan tidak jemur juga. Nah kira2 kapan kita sudahin perawatan ini dan boleh memandikan burung kembali ya? Apa sesudah bulu rontok semua ya?

Jawab:

Terapi mabung dilakukan sampai semua bulu burung di bagian tubuh selesai atau tuntas dan tidak ada lagi bulu tanduk (bulu yang masih terbungkus lapisan tanduk).

Tanya:

Aapa EF tetap kita berikan seperti biasanya saat perawatan ini? Terutama buat murai batu gimana ya?

Jawab:

Kalau mau lebih cepat rontok bulunya, ganti voernya dengan voer ayam yang proteinnya relatif lebih banyak ketimbang voer burung. Untuk MB, tambah juga porsi krotonya.

Voer dikembalikan lagi ke pakan semula ketika semua bulu sudah berganti baru dan tinggal menyempurnakan bulu2 yang sedang tumbuh itu. Porsi kroto dikembalikan lagi juga.

ADA TAMBAHAN TIP MEMABUNGKAN “SECARA PAKSA”…

Ini tulisan dari Om Gombest, kawan agroburung juga, dan kawan di KM. Tulisan itu dimuat di http://www.kicaumania.or.id:

Salam KM buat semuanya….

Maaf Om semuanya ..sekedar mau sharing aja tentang Trik membuat burung yg susah mabung agar BISA mabung secara total/ambrol & sehat pula..Mengingat seringkali banyak kita jumpai kendala susah mabung ataupun mabung namun tidak total.Dan sebagaimana kita tahu, bila seekor burung ga bisa mabung secara total, umumnya nanti pasca mabung, kebanyakan susah pula mencapai performa terbaiknya.

Adapun cara yg sy gunakan ini, sudah sy praktekkan sejak hampir 2thn yg lalu.Lalu setelah banyak terbukti pd burung2 yg dirumah.Baru sy beranikan diri utk menawarkan solusi ini bila ada kawan yg mempunyai kendala yg sama.

Caranya mudah koq, cukup campurkan SUSU BUBUK ( putih ) merk apa sj scukupnya ke dlm Voor/kroto pada burung yg akan diambrolkan, selama 2-3 hari atau sampai bener2 bisa kita pastikan bahwa burung tsb sdh mulai rutin ambrolnya ( biasanya maksimal 5-7hr sdh ambrol ).Bila sdh dominan ambrolnya, hentikan asupan SUSUnya.Hal ini baru bisa saya rekomendasikan ( krn uda dicoba ) utk burung yg punya kendala pada Rusak bulu/nyerit-susah ambrol-Ciak/patuk bulu.Jujur, sy belum pernah nyoba utk burung yg bulunya kondisi UTUH..

Adapun burung yg sdh sy jadikan obyeknya : MB-Kacer-TL & AM.Dan biasanya tumbuhnya bulu pasca MABUNG TOTAL ini, akan lbh awet masanya krn bulu tampak “Lebih Muda” bila dibandingkan dgn bulu pada burung yg mabung alami ( dalam sangkar ).Bahkan pada burung tertentu, warna bulunya akan lebih mengkilat spt pada MB & Kacer.

NB :# utk burung jenis LB bisa dioleskan pada Jagung bonggol.
# Burung pd masa ini, sebaiknya selalu dlm keadaan berkerodong
Wokey..selamat mencoba..Mohon maaf bila salah & mohon koreksinya…
Tengkiyu

TIPS OM KICAU:

Kalau masalah mabung memang menjadikan Anda pusing, maka selalu ingat, ada produk Om Kicau yang bisa membantu Anda mengurangi stress. Lihat di Produk Om Kicau.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

Cari cepat artikel di omkicau.com, silakan ketikkan kata kunci pada kolom pencarian di sini.

Cek artikel-artikel penting yang kami rekomendasikan:

Navigasi Utama:

Find us on Google+

About these ads

58 pemikiran pada “A-Q Molting, mabung, ngurak, nyulam pada burung

  1. maaf om mohon sharenya , mb sy sedang tumbuh ekor sekitar 5cm tapi masih ada bulu yg jatuh , gimana ya om pengkorodongannnya boleh di buka gak , dimandiiin gak, efnya , maaf nanyanya agak ngejelimet nih.trim”s sebelumnnya

  2. met lebaran Om.., mo nanya ; am sy kan abis mabung. sekarang kukunya jd panjang2, paruhnya juga jadi lebih panjang dari seblm mabung dulu. sekarang malah ga bisa mingkem dgn sempurna karena mlengkung berlawanan, (jd miring.) apa kukubisa dipotong, paruhnya juga. apa ndak stres kalo di potong Om. maksih infonya. salam

    • Om Kangraden: Bisa saja, cuma sedikit demi sedikit agar tidak kena bagian yang masih “hidup”. Kalau sudah dipotong, diratakan dengan amplas agar tidak tajam dan melukai kulit burung kalau pas garuk2/ menata bulu. Stress paling sebentaran Om.
      Untuk perawatan kuku dan paruh, sebulan sekali selama 2 hari, tangkringan bisa diganti dengan tangkringan beramplas. Jangan kelamaan ngasih tangkringan beramplas karena akan membuat telapak kaki burung luka-luka.

  3. Om,sibuk y?? kok ga di jawab??? Masalah MB saya belum juga selesai,belum juga mabung.pernah 2 hr berturut2 rontok bulu 3 helai tapi selanjutnya tidak ada.sekarang lagi di terapi mabung pake kapur n dedak ditambah UH 10 pagi 10 malam, jangkrik 2/2, kroto cuma pagi aja.belum keliatan lagi rontok apa tidak.Sy jadi bingung n penasaran sih..klo ada trik2 lagi untuk bisa cepat mabung sehat minta tipsnya om.kemarin2 sebelum ini sudah di coba semuanya ilmu yg om kasi…

    • Rontoknya dulu kenapa/dalam kondisi seperti apa? Kalau memang belum waktunya mabung, nggak perlu dipaksa-paksa. Terapi mabung yang saya berikan adalah terapi selama masa mabung, dan bukan cara memabungkan bulu Om.
      Cara alami saja, tunggu. Burung mabung ditandai dengan jatuhnya bulu2 halus. Kalau hanya beberapa bulu besar, kadang bukan pertanda mabung tetapi dulu mabung belum tuntas jadi bulu lama jatuh. Biasanya akan tumbuh bulu besar baru meski tidak waktunya mabung.

  4. om saya sudah mencoba treatment menge-brolkan bulu dengan menggunakan susu selam – 2 minggu ini,
    awal penggunan ada 1-2 bulu halus yang rontok tetapi ga mau rontok lagi…
    koq sekarang udah berhenti rontok lagi
    apa ada yang salah om?.,.,

    saran dari temen disuruh coba pake cicak…
    saya coba ternyata sama saja…

    apa ada tips lagi om untuk mengebrolkan/menuntaskan mabung ngurak pada burung?

    trims..

  5. Om, mohon pencerahanya saya punya MB Permasalahannya :
    1. MB pada bulu2 seluruh badan hancur/rusak parah & Pecah2, seperti bulu burung terotol yg baru tumbuh bulu.Padahal MBnya sudah berumur, bunyi n bersisik kakinya.kata pemilik pertama katanya mabung,tapi saya lihat beberapa hari ini bulunya tidak ada yg rontok sama sekali.klo perediksi kutuan pun saya lihat MBnya tidak garuk2/matuk2 badannya.Kira2 penanganan MB seperti ini bagaimana y OM?
    2. saya pengen coba seperti saran OM dengan susu dan air kelapa.Tapi saya tidak tau caranya seperti apa? ( apa di coba satu2 atau dicampur ) untuk susunya, bubuk atau kental OM ?
    3. Penanganan mabung u/ burung kecil seperti ciblek, gelatik, manyar, cipo, dll bagaimana OM? apa sama.?
    saya mohon sekali masukan dari om.Terimakasih sebelumnya.

  6. Om, Mohon pencerahannya.Saya baru di kasi MB Permasalahannya :
    1. MBnya kondisinya bulu2 seluruhnya rusak parah n jelek banget, persis kaya burung trotol baru tumbuh bulu, sedangkan MBnya sudah cukup umur bersisik kakinya.Kata pemiliknya yg pertama itu mabung, tapi kok sudah berapa hari ini saya ga melihat bulu rontok y.Tapi klo semisalnya kutuan MBnya ga pernah garuk2/matuk2 badannya.Gimana penanganannya OM MB seperti ini kira2 ?
    2. Klo untuk burung2 kecil sepeti Ciblek,Manyar,gelatik.Penanganan pada saat mabung seperti apa OM ? apa sama saja?
    saya mohon sekali masukan dari OM.Terimakasih

  7. salam kenal Om Duto..
    langsung aja om y.. saya punya masalah mabung pada Am saya.. udah 3 bulan ini Am saya Ngurak.. tapi koq g tuntas.. tinggal sebagian kepala dan ekor.. gmana treatment yang benar Om… apa dibiarkan aja nunggu NguraK LAgi ato gmana… soal.na klo ga salah pada bagian lain.nya udah tumbuh bulu baru semua.. mohon pencerahan.nya Om.,.

    oh y Om, EF-nya jangrik 3-3, kroto semingu 2 kali 1 sendok teh, mandi sekena ( biasa kuli,,hehehe),.,.,

  8. Nanya Om.. MB saya baru slesai mabung tp bulu ekor yg tumbuh kok jelek gitu ya, mosak masik kayak mau mabung lg, knapa Om? solusinya gmn ya biar bagusan? makasih Om

    • Apa sudah tumbuh full? Jangan-jangan rontoknya dulu karena dicabutin dan menyisakan darah sehingga jalur bulu tertutup dan menyebabkan arah tumbuh bulu tidak rapi…

  9. Salam Kenal Om Duto, Saya Hisan Di Lobam
    Tanya ya om. Kacer lagi mabung,
    apakah pada saat mabung tak perlu di kasi EF (jangkrik)
    Saya Kasih Jangkrik 3 + Minyak ikan dan 3 sore +madu seujung korek api
    Tolong saran-nya om

    Terima kasih om

  10. Salam kenal tuk om2,khususnya Om duto.om sy Punya MB Medan muda bakalan hutan yg bru seminggu lalu sya beli lalu sy rawat & kalo tngan sya masuk nurut sering nangkring datas jari saya,lg bljar ngevoer kondisi skrg lg mabung sprtinya bru 1x ini mabungngnya namun ada prmslahan bru2 ini sya lhat kakinya sdng bermasalah n sdh sy beri obat revanol dngn cra diolesi pakai kapas kira2 brp lama ya om kakinya bsa sembuh kmbli sprti awal sy beli? bgmana memancing suara MB spya berkicau? Krn dri awal sya beli blm prnh dngr kicauannya hnya kreteekan keras sja yg terdengar.jk dpgang suka matuk2

  11. om kalo terapi ngambrolke paksa gabungan pemberian susu dan semprot air kelapa ada efeknya g ya kira kira…ato coba satu satu dulu…….nuwun

  12. SaBar ya oM KC uda ada bulu yg halus jtuh,trus beberapa hr lg BULu syap jth satu,pentet 1 bulu sayap jth jga buluekor mau tmbuh dulu sempet copot sndiri,CI ngebung,tp rwatan ef sma jemur jga..apa perlu terapi,burung relatif gacor semua bgmn oM?

  13. sy sudah bc mengenai performa burung om duto
    yg sy mw tanyaken kapan KN+JS sy blh dimandikan???pa nunggu bulunya g da yg jatuh br blh dimandikan. . .soalnya tulisan om duto diatas da kt2 terbungkus lapisan tanduk ini yg sy blm paham
    pdhl dl kelas biologi sy slalu hadir hwe he
    maap om duto nannya trus
    makasi

  14. salam om duto
    ini kondisi kenari sy mrodoli lg sampe bulu kepala hampir botak
    sedangkan yg js bulu tengkukknya jg mulai botak
    yg sy mw tanyaken apakah burung mbrodoli gn sampe botak ntar bisa numbuh bulu br ya om?berapa lama?
    skrng JS perawatan 4 jangkrik pg ja om, coz klo sore g bisa ngasi makan
    matur nuwun

  15. om duto klo masalah pakan kroto buat kenari pa harus bersih dari semut nya?ato yang putih2 aja y om???da pengaruh nya klo langsung dikasi kroto yang biasa gt tanpa dipilihin krotonya?
    matur nuwun.

    Om Indra
    Om Indra, masalah pakan kroto buat kenari sebaiknya bersih. Sebenarnya kenari bisa pilih sendiri sih karena dia kalau makan kroto satu2 enggak seperti MB misalnya yang sekali comot serombongan. Tetapi sebaiknya yang bersih. Lagian ngasihnya kan cuma sedikit, jadi membersihkannya juga tidak lama.

  16. y om duto makasi, ganti lg ne tampilan webnya,salut dah
    ky nya dulu sy pernah ngasi suplemen pz KN lg mabung,maksudnya biar cpt om mabungnya. . .blh nyebtin merknya ga ya?klo mw diksh kroto, harus yg bersih dari semut merahnya y om?apa efeknya g klo diberi kroto langsung tanpa di pilihin yang putih2?
    klo JS mang skrng bnyk bulu halusnya da bnyk yg jatuh+terkadang ada bulu sayap klo g salah yg jatuh dengan kondisi bulu sayap patah. . .pemberian EF UH dikurangi y om+dikasi jangkrik spt semula?
    thanks om

    • Om Indra
      Soal suplemen dsb ternyata tidak bagus untuk burung dalam jangka panjang. Secara jangka pendek mungkin membuat burung gacor dsb, tetapi kenyataannya saay ini banyak burung bermasalah setelah pernah diberi suplemen ini-itu.
      Untuk JS, ya seperti yang pernah saya sampaikan untuk rawatannya.

  17. nanya lg om duto maap
    ini sy dititipin JS nya pak dhe sy. . .eeee pz tnyata sampe dirmh ini JS bulu ekornya da yg mbrodoli, g tw coz stes perjalanan ato mw mabung. . .tp hari2 berikutnya rawatannya 3 jangkrik pg aja+udah da bulu halusnya yg jatuh. . .bulu ekornya rusak om, solanya ne burung giras bgt nabrak sn sini klo mw di beri mkn+mnm
    pertannyaan nya:
    1. kondisi JS yg ky gn enaknya rawatannya ky gmn?skrng EF pk UH 10 pagi aja,mang bnyk bulu yg rontok setelah dikasi UH. . .mnurut om gmn?pa pemberian UH sy terlalu ngawur?mandi JS sminggu 1x sprayer+jemur 10 menit

    • Om Indra
      Untuk jalan suren tersebut diamati saja selama sepekan ini, mau mabung atau hanya rontok karena stress. Nanti ditangani berdasar kondisinya saja.
      Pemberian UH jangan banyak2. Paling bagus ya jangkriknya diberikan lagi.
      JS suka mandi. Kasih saja tempat air yang agak besar biar mandi sendiri. Kalau kurang mandi, bulu jadi rusak loh.

Komentar ditutup.