5 Ekor induk kelinci Rex hasilkan 4,5 juta/bulan…

Beternak kelinci? Ya mengapa tidak…
Gambaran singkatnya: modal kecil, pemeliharaan mudah, tidak membutuhkan lahan yang luas bahkan pakan pun tidak terlalu sulit dan mahal, sebab bisa memanfaatkan pakan hijauan dan limbah pertanian/pangan yang ada di sekitar lingkungan peternak.

Nah, selain cepat berkembang biak, harga jualnya pun bagus bahkan tidak sulit untuk menjualnya. Artinya, beternak kelinci sangat cocok untuk ternak keluarga, entah itu petani di desa maupun keluarga di perkotaan.

Dengan cuma memiliki 1 pasang kelinci misalnya, dengan kondisi lingkungan yang pas, kelinci mampu melahirkan 10-11 kali/tahun dengan rata-rata 6-7 anak per kelahiran dan beranjak dewasa pada umur 6 bulan. Nah kalau yang kita piara lebih banyak lagi, tentu pemeliharaan lebih efisien dengan hasil yang tidak kecil.

Itu kalau kita bicara soal kelinci pedaging, lantas bagaimana dengan kelinci hias? Uh, ternyata juga menggiurkan. Contohnya: kita punya induk kelinci New Zealand umur 5 bulan seharga Rp 150.000. Dia beranak setiap bulan 6 ekor. Harga anakan umur 1 bulan Rp 15.000 x 6= Rp 90.000. Jika kita punya 10 ekor indukan produktif saja, maka setiap bulan mampu menghasilkan 6 x 10 = 60 ekor anak x 15.000 = Rp 900.000. Kalau punya banyak indukan? Ya tentu penghasilan semakin tinggi.

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

kelinci rexHitungan lebih asyik, begitu ditulis dalam www.sinartani.com: Induk betina kelinci Impor jenis Rex harga Rp 500.000. Beranak setiap bulan sejumlah 6 ekor. Anak Rex dijual dengan harga Rp 150.000 x 6 = Rp 900.000. Ini baru satu ekor kelinci. Kalau kita memiliki 5 ekor induk rex saja berarti setiap bulan mampu menghasilkan Rp 4,5 juta.

Memang kita tidak melihat hasil uang semudah itu. Ada tiga hal yang perlu menjadi pemikiran untuk mengurangi mimpi Anda beternak uang tersebut. Pertama, biaya pakan yang tidak sering menjadi perhitungan mengakibatkan kecelakaan berantai di tengah jalan, terutama jika Anda tega memberikan pakan kelinci apa adanya di musim kemarau dan ketika Anda tak mampu membeli konsentrat.

Kedua, perhitungan angka kelahiran 6 ekor memang wajar karena kelinci bisa melahirkan 8, bahkan sampai 10 ekor. Kalaupun ada yang melahirkan 2 atau 4 ekor itu sifatnya kasuistis. Namun demikian kasus kematian beruntun juga harus diperhatikan.

Selain faktor pakan, kebersihan juga menelan biaya, kecuali jika Anda memang tidak membayar orang untuk membersihkan kandang setiap hari. Obat-obatan pada kasus penyakit menular juga sering menelan biaya banyak. Lantas di mana peluang empuknya? Ikuti saja tulisan berikutnya mengenai beternak kelinci. (dari berbagai sumber).
Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

35 Comments

  1. Apa betul bisa beranak 10 – 11 kali per tahun Om ? Buntingnya saja selama 1 bulan. Belum masa menyusui. Jadi paling banyak mungkin 4 kali sebulan. makasih.

  2. Om,,,,,ada rencana mulai bulan November ini setiap Rabu diadakan Bursa kelnci di daerah Citeko/Cisarua lokasi di Kelompok Tani Bunga Wortel diharapkan adanya aktiitas transaksi kelinci di daerah ini…..ada saran/masukan….? nuhun

  3. Yang penting jualnya dimana om, kalo cuma ternak dulu saya pernah ternak kelinci, tapi jualnya susah. pernah sampe 30 ekor. lha kalo ada penadahnya yang siap nerima hasil ternakan, baru siap beternak kelinci. matur nuwun

  4. aku mau tanya ttg penyebab telinga kelinci dua2nya ngample (tidak tegak berdiri),apa ya sebabnya? apa yg mesti aku lakukan

  5. Enak bgt kl nulis /bln bs melahirkan
    sedang anak lps sapih min aj umur 35hr
    tar mati smua anaknya. Lawong
    yg 2bln sapih aj bnyk yg det koq.
    Jd tak pikir intinya bulset.

  6. Perkenalkan nama saya sebut saja adiliata, domisili kota probolinggo. saat ini saya bergerak dibidang tanaman hias jenis puring, karena kondisi pasar untuk tanaman hias saat ini lagi loyo…….. saya ingin mencoba beternak kelinci. Yang ingin saya tanyakan :
    1. Perlu diketahui kondisi cuaca kota probolinggo yang panas apa tidak berpengaruh pada perkembang biakan kelinci….???
    2. Karena macamnya banyak saya minta diberikan penjelasan tentang jenis/macam kelinci baik dari fisik maupun komersilnya.
    3. Manfaat dari daging kelinci yang jelas (sate) dan katanya dari segi medis ada kelebihannya.

    Sekian terima kasih.
    (Mohon balasannya dikirim ke adhiliata@yahoo.co.id)

    Hormat Saya

    Adiliata Proling

  7. Saya setuju dengan komentar om wawan,kita tidak bisa menghitung secara logika kalinci tiap bulan dapat melahirkan,kita juga harus melihat secara psikologisnya.apabila dipaksa bisa menyebabkan stres yang dpt menyebabkan kematian,coba kalo istri kita dipaksa punya anak setiap tahun? apa yang akan terjadi? walau bagaimanapun KELINCI juga manusia,eh salah……ciptaan TUHAN.Thx

  8. hitungannya indah banget, tapi perawatan kelinci ternyata tak gampang. banyak penyakit yg siap menghancurkan impian indah. perlu banyak belajar, mencoba dan korban. so……jangan menyerah

  9. duh…., indah banget kalau baca tulisan diatas. tapi sepertinya kalau sudah terjun langsung, tak akan semudah itu.apa mungkin kelinci tiap bulan “DIPAKSA” melahirkan terus? gimana mau nyusuin anak2nya cb? kasihan induknya, pasti segera mati merana. Anak2nya? secara kualitas jelas akan jelek.trims….

Komentar ditutup.