Q-A Anis Merah (4): Pakan dan EF (2)

Fauzan_zhd:
Nanya ah, ada efeknya nggak, kalau misalnya rawatan AM saya nggak stabil/konsisten. Misalnya dalam hal mandi, pemberian EF, penjemuran.
Njawab ah….:

Kalau Anda memang “konsisten untuk tidak konsisten” dalam waktu lama ya mungkin nggak apa2 karena AM-nya jadi jadi AM yang terbiasa menghadapi ketidak-konsitenan secara konsisten (wah sulit nih membayangkannya…).
Tapi saran saya, coba baca ini: http://kicaumania.org/forums/showthread.php?t=12995

Salam,
Duto

Atiga
Mau tanya lagi om duto.
Kondisi AM saya sdh selesai mabung 2 bulan. Skrng tiap sabtu mulai dilatber. Tapi kok setengah2 telernya (mantul2) gitu lo. Padahal dulunya waow keren.
EF:
pagi jangkrk 1, apel 1/2 jemur sampe jm 10, sore jngkrk 1, malam mandi trus kasih cacing 2. Apakah ada yg salah dgn setelan ini om? Tolong sarannya om. Terima kasih

PENGIN TANYA OM KICAU? BISA DM...

IKUTI OM KICAU DI INSTAGRAM

Duto:
Sementara jangan pelit-pelit kasih jangkriknya. Pagi 3 sore 2. Nanti kalau terlalu birahi, kurangi jadi 2/1. Pepayanya mana?

Vyan:
Pagi om Duto. Sy mau tanya manfaat and efek ulat hongkong bagi AM tu apa om? Thx sebelumnya om Duto.

Duto:
Ulat hongkong bagus untuk EF, tetapi harus terukur pemberiannya karena, menurut pengalaman beberapa penghobi, bisa membuat mata burung tertentu mletis (katarak ataupun tumbuh bisul di mata). Hanya saja saya tidak berani mengatakan apa itu (membuat mata katarak) benar atau tidak sebab saya belum pernah mempunyai pengalaman punya momongan sakit mata karena UH.
Hanya berdasar pengamatan dan pengalaman saya, UH tampaknya sangat “enak” bagi burung. Buktinya, kalau saya beri EF bersamaan untuk MB misalnya, yakni 4 UH, 4 jangkrik dan sesendok makan kroto, maka yang langsung diserbu MB adalah UH-nya duluan. Begitu juga dengan pentet ketika saya masih piara burung itu.
Ya, apapun juga, kalau kebanyakan pastilah tidak baik. Saya saja kalau di meja makan ada sate kambing, sayur lodeh dan tempe bacem, pastilah yang saya serbu satenya dulu. Tetapi kalau kebanyakan?…. waduh, sakit mah saya jadi kumat di malam hari. Sedikit-sedikit “mah… bangun…mah…”, hehehehe.

Fandi_459:
(Soal tambah dan mengurangi EF) Saya tambah ef..klo kurang stabil gmn caranya ya om?? apa mandi malem solusinya??maturnuwun

Duto:
Hm, jangan bingung ya kalau saya justru menyarankan dikurangi EF-nya. Dalam perawatan burung, memang perlu coba-coba selama tidak membahayakan fisik dan mental burung. Banyak AM stabil kerja, justru dengan EF yang minim (kadang EFnya malah sehari cuma 1 ekor jangkrik). Perbanyak mandi; malam juga boleh. Coba juga diembun2kan di pagi hari (seputaran subuh sudah dikeluarkan).
Bagaimana dengan pemberian buah? Beri pisang yang benar2 matang dan lebih baik lagi kalau pepaya atau sawo yang benar2 matang.

Salam,
Duto Solo

(Bersambung – Ini adalah tanya jawab di forum MPZ, di-update di kicaumania.or.id, dan saya upload di sini dengan beberapa deting)
Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:


BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

2 Comments

  1. Sudah dpt dipastikan pak, UH pasti membuat AM katarak. ngk mungkin ngk. karena UH itu panas, n AM itu ngk kuat, jadi saran saya jangan pernah kasih UH ke AM karena resiko kaarak ygn mencapai 100%.. Bila sudah begini mau jadi apa, iya kan? jadi saran saya masih banayak EF lainnya. Buat apa pakai UH.

    Jawab:
    Apa begitu ya Om? Menurut saya masih debatable. Juga kalau iya, apa itu khusus untuk AM atau juga untuk burung lain? Kalau hanya AM, mengapa? Kalau untuk semua burung, saya kira tidak juga karena teman saya, Om Amiex's yang penangkar MB, selalu nggelontor MB2nya dengan UH dan sejauh ini aman-aman saja.
    Kalau pun ada hubugannya sepertinya memang pada burung itu sudah ada bakat (bibit) katarak sehingga UH hanya sekadar memicunya karena kandungan lemaknya yang tinggi dan sebagainya.
    Coba dilihat lagi mengenai penyebab katarak yang biasanya terjadi pada manusia seperti postingan saya yang ini.

Komentar ditutup.