Tips mempercepat proses kawin burung kenari

Anda sedang menangkarkan kenari? Kesulitan dalam proses perkawinannya? Atau tidak juga mau kawin meski jantan betina sudah sama-sama terlihat birahi? Jangan bingung, nih ada beberapa tips untuk Anda yang Om Kicau serap dari sejumlah penangkaran burung, terutama penangkaran Mas Kuwat di kawasan Klewer Sukoharjo.

Syaratnya utamanya mudah, yakni selain kita punya kenari jantan yang siap kelamin dan akan kita jadikan pejantan, kita juga harus punya kenari jantan lainnya yang juga sudah gacor.

Tips dan langkah-langkah mengawinkan kenari

1. Tidak pernah mencampur jantan betina dalam waktu lama. Artinya, selama penjodohan hingga mau kawin, jangan pernah dicampur dalam satu sangkar.

2. Ketika kenari jantan sudah benar-benar gacor dalam kesehariannya, dan betina sudah matang kelamin (kloaka terlihat bengkak memerah) dan sudah menyusun sarang di sangkar lainnya, proses mengawinkan baru dimulai.

3. Jika kondisi sudah seperti yang saya sebutkan di atas, maka pilihlah waktu pagi hari setelah kita selesai bersih-bersih dan memberi pakan semua momongan, masukkan jantan kenari yang sudah siap itu ke sangkar kenari betina.

4. Jika setelah dimasukkan si kenari jantan tidak juga segera mau naik mengawini si betina, ambillah kenari gacor kita yang lainnya, dan dekatkan ke sangkar jantan-betina yang sedang akan kita kawinkan.

5. Begitu melihat pesaing datang, biasanya kenari jantan akan segera “naik” ke atas betina dan terjadilah perkawinan.

6. Biarkan jantan dan betina kenari berduaan sampai sekitar 1 jam. Dalam rentang waktu itu, biasanya terjadi 2-3 kali perkawinan atau lebih.

7. Setelah poin 6 terlampaui, pisahkan jantan dan betina kenari sehingga keduanya tidak saling lihat.

8. Ulangi kesemua langkah di atas selama 3 hari berikutnya. Nah, setelah lewat 4 hari masa perkawinan, kenari jantan dan betina tidak perlu dicampur lagi. Betina akan bertelur dan mengerami sendiri telur-telurnya.

Tips dan info lain:

1. Jika kita mengawinkan kenari jantan dan betina pada pagi hari, maka setelah sekitar 6 jam atau sore harinya, si jantan bisa untuk mengawini kenari betina yang lain, dengan proses sama dengan tips yang saya sebutkan di atas.

2. Jika kenari jantan tidak juga segera gacor merayu betina meski secara umum terlihat sehat atau kenari betina tidak juga matang kelamin meski sudah berusia di atas 7 bulan; atau telor-telor kenari tidak isi dan karenanya tidak bisa menetas, kita perlu memastikan bahwa si jantan bisa memproduksi sperma yang “berisi” dan kesehatan reproduksi betina benar-benar maksimal. Kalau kita ragu bagaimana caranya, pastikan saja kita menggunakan Bird Mature (klik saja untuk melihat profil Bird Mature).

Selama kondisi alat-alat reproduksi dalam keadaan normal, Bird Mature sudah terbukti meningkatkan kesempurnaan proses reproduksi burung-burung penangkaran. Tidak hanya kenari, tetapi semua jenis burung.

3. Jika burung-burung kenari anakan kita gampang mati, atau kakinya sering pengkor, lembek, karena daya tahan tubuh secara umum lemah, kita perlu memastikan bahwa indukannya mengonsumsi Bird Mineral. (klik saja untuk melihat profil Bird Mineral)

Bird Mineral tidak hanya bagus untuk anakan tetapi juga indukan karena Bird Mineral menjadikan bulu kuat, mulus, berkilau sehabis molting atau ngurak alias mabung; burung tidak terkena rachitis (tulang-tulang lembek, bengkok dan abnormal); bebas paralysa (lumpuh); bebas perosis (tumit bengkak); menjadikan anak burung menetas sehat; burung tidak mengalami urat keting (tendo); burung tidak terlepas sendinya, tidak tercerai (luxatio); paruh tidak meleset, tidak kekurangan darah sehingga pucat dan lemah; burung di penangkaran bisa segera bertelur, telur berisi, produktivitas tinggi, daya tetas tinggi; kematian embrio rendah.

4. Jika Anda masih bingung juga bagaimana cara menangkar kenari yang baik, bergabung saja dengan Om Kicau Hotline yang memberi layanan premium konsultasi perawatan dan penangkaran burung. Bagaimana?

Salam sehat burung Indonesia…. Om Kicau.

Tulisan terkait penangkaran:

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

Cari cepat artikel di omkicau.com, silakan ketikkan kata kunci pada kolom pencarian di sini.

Cek artikel-artikel penting yang kami rekomendasikan:

Navigasi Utama:

Find us on Google+

About these ads

198 pemikiran pada “Tips mempercepat proses kawin burung kenari

    • maaf om kicau saya jawab nehh tolong di koreksi,, mas bagus gak masalah kalo semua nya udah masa birahi dan berjodohh,,, tapi kalo untuk kejar tayang itu kurang cepet ,, kita harus atur waktu nya kapan saat di gabung berdua dan di pisahh,, kalo udah tau waktunya pasti kita bisa cepet produksinya gan

  1. om saya mau tanya ni…..apa tidak masalah si jantan di pindah2 trus dari sangkar betina ke sangkar semula??mengingat proses nya harus di pisah lagi klo udah sktar 1jam berduaan di sangar si betina??
    atau ada cara lain memindahkanya selain di tangkap pke tangan??

  2. permisi om?? mau nanya nich!saya punya kenari 3(tiga) pasang,dan yang satu pasang udah mulai kawin terus t3(tiga) hari berturut turut,kira kira kapan ya,mulai ketahuan mulai nelornya? trims om sebelumnya.

  3. om,,,saya baru pemula bngt mau ternak kenari,,,burung saya di jodohin udah satu kandang ,,,koo jantannya setiap bunyi, agresif sama betinanya ya?,,trus kaya berantem,,smpai betinanya terpojok,,,khwatir ga jodoh,,sangkrnya di obk abrik ma betina,,mohon bantunnya om

  4. Om numpang tanya ada cara khusus ƍäª untuk mempercepat birahi kenari betina? Saya punya kenari f1 warna putih sudah 8 bulan umur y ko belum juga birahi, padahal dijemur setiap hari, kasih telor seminggu tiga kali. Tolong pencerahan y om

  5. saya suka burung kenari, dan belajar ternak, namumn masalahmya berapa standar betina da jantan siap kawin? sy msh bingung. dl sempat pernah menetas tp sy mulai baru lg

  6. salam kenal om. mau tanya om,
    kenari jantan saya sepertinya ada gangguan pernapasan om. saat mengejar-ngejar betina yang belum siap banget, biasanya nafasya terdengar seperti ngorok. sudah saya obati dengan super N tidak sembuh om, kira-kira obat yang pas apa ya om…? tlg bls ke email “dimana_2903@yahoo.com.au

  7. om kicau maniak minta di bls ke email aepsaepudin93@yahoo.co.id saya punya kenari jantan starblue , bodi gd kayanya jenis holan,, usia skitar 1thun ,, tapi ga mau birahi ya,, kenapa ya apa perlu di kasiuh obat tadi,,,, bunyi jugak jarang jarang tuh gak kaya jenis lokakl pak,, mohon arahannya

  8. Om,saya punya 2 keri 1 lokal super warna sankis dan 1nya warna kuning.yg sankis gacor banget.trus yg satu br bulai blajar bunyi.solusi apa yg bagus biar kenari kuning saya cepat bunyi.tks

  9. kenari saya telah 4 kali mengerami telur rata rata 5 butir
    perkawinan pejantan dan betina normal tapi tidak di buahi/tidak menetas tolong jawaban nya
    dari rekan rekan

  10. salam kenal om….,,gini om ,saya kok bingung dengan kenari betina saya ,permasalahan’ny waktu saya kawinkan kenapa burung kenari betina saya ngurak /menjatuhkan bulu .minta solusi’nya’ dong om…???terima kasih om sebelum’ny ,,,

  11. Halo Om,
    Saya ingin burung Lovebirds saya bernyanyi dengan hebatnya di dalam pertandingan, bagaimana yach? Apa ada obat / vitamin yang bisa membantu burung saya menyanyinya lebih hebat?
    Katanya saya bisa kasih vitamin cair vitobel, apa benar ini informasinya?
    trima kasih banyak,
    salam
    ibu yg mau tahu ;-)

  12. slam kenal om, saya pemula masalah burung, saya mau tanya om,
    1. berapa bulan kenari jantan dan sudah bisa dikawinkan?
    2. kalo kn yang jantan wrna gereja, ap nggak masalah kalo di kawinkan dengan warna lain?, trims om, mohon bimbinganny…

  13. ass mas or buk…saya ada masal knpa burung ciblek cryistal saya klo d adu dia ,,kanibal alias nyakitin didinya sendiri..kasih tau penyebab n solusi nya dunkkkk

  14. salam kenal om duto, sy nguli senin sd sabtu, baiknya gmn ya kl mau kawin kan kn? sy sdh cb pagi dicampur, malam dipisah, besok paginya dicampur lg. 3 psng diperlakukan seperti itu. sdh 2 mnggu tak ada tanda2 mau bertelur. Umur sdh 8 bln. Makasih sblmnya.

  15. wah hebat om, tapi kaya saya ini rasanya mimpi ya om, untuk bisa memiliki usaha burung kenari, womg apa2 ndak gableg, yah cukup ngrasain lihat2 aja ya om, tapi yahtetap alhammdulillah dari pada tidak1 terima kasih ya om

    salam saja untuk keluarga di sini, semoga sehat2 selau1
    dari : mustofa, tumpangkrasak rt. 01/3, jati kudus

  16. Salam kenal om Duto….
    Permisi saya mau bertanya…

    Utk kandang kenari betina yg siap kawin ukuran berapa om?

    Sarangnya kotak seperti rumah2an atau sarang bundar yg dari jerami itu ??

    Trims om…
    Sukses slalu….

Om dan Tante, tanya masalah burung? Gunakan Halaman Curhat. Mohon maaf karena keterbatasan waktu dan ilmu jika banyak pertanyaan yang tidak/belum terjawab. Terima kasih.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s