Q-A Penangkaran LB (1), Sangkar dan Gangguan

Cari Artikel Berdasar Kategori

Anda suka kucing? Cek saja...

Sukakucing.com - Blog Referensi Para Pecinta Kucing

gambar-11gambar-23gambar-32gambar-42gambar51gambar-61

Gambar-gambar penangkaran LB milik saya, tahun 2004:
Foto: LionKing/Reggy

Tanya Jawab Penangkaran Lovebird (LB) ini adalah tanya jawab saya dengan kawan-kawan di Forum MPZ (almarhum) kemudian di-update di www.kicaumania.or.id dan saya turunkan di sini. Semoga bermanfaat.

Pertanyaan dan komentar:

Pada sangkar kenari itu,..memang ada dua pintu ya,..(kalo ga salah lihat),..maksudnya apa Mas?..Jga mo nanya,..apakah penempatan sangkar kotak besi yang ditempel rapat ke sudut pada tembok,…saat penangkaran/pengeraman,..apa gak mengundang semut,.cicak,..etc…yg akan mengganggu proses pengeraman/ meloloh piyikan..?
Piyikan LB yg ada di besek yg ditunjukan di foto itu,…memang sengaja dilepas asuh sama induknya, apa.nantinya dimasukan lg ke kotaknya..?

Upsss semangat neeh nanya terus,….kandang yang sedang dibuat (ada orangnya),..rencana mo buat nangkar apa,…?..atau kandang pembesaran piyik2 LB/ kenari…? (Syaiful)

Jawab:
Dua pintu, satu untuk jalan keluar-masuk makanan dll. Satu pintu adalah pintu kotak tempat burung nelor/bersarang. Jadi berfungsi sebagai pintu kontrol.
Nggak ada gangguan tuh meski ditempel di dinding. Semut juga terlihat, tetapi nggak mengganggu.
Anakan yang saya tunjukkan itu saya masukkan lagi ke kotak. Maunya saya loloh sendiri, tetapi kasihan melihat indukannya pada mlolor mencari anakannya, akhirnya saya masukkan lagi. Indukan tetap mau meloloh karena semua LB saya, sudah saya kondisikan untuk tidak kagetan (tipsnya menyusul).
Itu kandang yang ada orangnya, juga kandang LB. Cuma yang deretan berikutnya, ada yang kosong 5 kandang, bekas kandang jalak suren (terjual n buat beli indukan2 LB), kandang pasangan AK dan murai batu.
Orang yang ada di kandang itu sedang ngambil anakan LB kuning krem untuk dijadikan foto model dengan fotografernya Pak Reggy hehehehe.
Terima kasih. (Duto)

Komentar Om Reggy;

Saya bantu jawab ya mas Sjaiful,
Piyekan yang difoto itu sengaja dikeluarin sama mas Duto untuk difoto, kemudian dimasukkan lagi ke sangkarnya.
Kiatnya Mas Duto untuk pelihara piyikan, dari sebelum bertelur sangkar pengeraman setiap hari dibuka sama Mas Duto, setelah ada telornya, telurnya dikeluarin lalu dimasukin lagi. Begitu seterusnya sampai dengan piyikannya.
Makanya LBnya tenang2 aja walaupun sudah bau tangan manusia.
(Reggy/Lion Ling)

Tanya:
Arti keluarin telor/piyikan? Dikeluarin dari kotak/gowoknya apa benar2 dikeluarin,..(atau cuma dgn gowoknya aja dikeluarin dari sangkar hanya u/ dilihat dan ngelatih biar bau tangan ga bikin kaget si induk..! Gimana kalo kondisi telor,..kalo dipegang2 itu apa ga malah bantet/busuk,..ga bakalan netes..!! Kalo iya piyikannya aja yg dikeluarin see its Ok gpp,..biar nantinya si induk paham kalo anakannya dach bau tangan tetap diloloh juga. (Syaiful)

Jawab:
Hahaha, kayaknya Mas Syaiful penasaran nih. Ya memang benar2 saya keluarkan untuk dilihat2. Buktinya netas tuh Mas.
Soal telor kena tangan itu nggak bakalan membuat busuk kecuali bentet/lobang. Tangan basah juga gpp toh meski sedang ngeram, LB juga masih suka mandi.
Begitulah memang Mas. (Duto)

Bersambung…..

Tips dan info lain:

1. Jika burung jantan untuk penangkaran tidak juga gacor merayu betina meski secara umum terlihat sehat atau burung betina tidak juga matang kelamin meski sudah berusia di atas 7 bulan; atau telor-telor burung tidak isi dan karenanya tidak bisa menetas, kita perlu memastikan bahwa si jantan bisa memproduksi sperma yang “berisi” dan kesehatan reproduksi betina benar-benar maksimal. Kalau kita ragu bagaimana caranya, pastikan saja kita menggunakan Bird Mature (klik saja).

Selama kondisi alat-alat reproduksi dalam keadaan normal, Bird Mature sudah terbukti meningkatkan kesempurnaan proses reproduksi burung-burung penangkaran. Tidak hanya kenari, tetapi semua jenis burung.

2. Jika burung-burung anakan dari penangkaran kita gampang mati, atau kakinya sering pengkor, lembek, karena daya tahan tubuh secara umum lemah, kita perlu memastikan bahwa indukannya mengonsumsi Bird Mineral (klik saja).

Bird Mineral tidak hanya bagus untuk anakan tetapi juga indukan karena Bird Mineral menjadikan bulu kuat, mulus, berkilau sehabis molting atau ngurak alias mabung; burung tidak terkena rachitis (tulang-tulang lembek, bengkok dan abnormal); bebas paralysa (lumpuh); bebas perosis (tumit bengkak); menjadikan anak burung menetas sehat; burung tidak mengalami urat keting (tendo); burung tidak terlepas sendinya, tidak tercerai (luxatio); paruh tidak meleset, tidak kekurangan darah sehingga pucat dan lemah; burung di penangkaran bisa segera bertelur, telur berisi, produktivitas tinggi, daya tetas tinggi; kematian embrio rendah.

3. Jika Anda masih bingung juga bagaimana cara menangkar burung yang baik, bergabung saja dengan Om Kicau Hotline yang memberi layanan premium konsultasi perawatan dan penangkaran burung. Bagaimana?

Salam sehat burung Indonesia…. Om Kicau.

Berita terkait

  • Q-A Penangkaran LB (2), Gangguan
  • Q-A Penangkaran LB (3), lanjutan Gangguan
  • Q-A Penangkaran LB (4), Telor Kopyor
  • Q-A Penangkaran LB (5), lanjutan Telor Kopyor
  • Q-A Penangkaran LB (6), Agar tidak kagetan
  • Q-A Penangkaran LB (7), LB tidur bareng
  • Q-A Penangkaran LB (8), Perawatan dasar
  • Q-A Penangkaran LB (9), Warna tren
  • Q-A Penangkaran LB (10), Pindah Kandang
  • Q-A Penangkaran LB (11), Pengeraman
  • Q-A Penangkaran LB (12), Sesama Jantan Akur
  • Q-A Penangkaran LB (13), Beda anakan dan dewasa
  • Q-A Penangkaran LB (14), Rangkuman
  • REKOMENDASI OM KICAU:

    1. Promosikan bisnis penangkaran burung, jual beli burung dan segala bisnis terkait hobi burung Anda secara PREMIUM di omkicau.com untuk menjangkau ribuan kicaumania di seluruh Indonesia. Cek caranya di halaman Promo Kicau. Untuk iklan jual beli burung GRATIS, tulis saja di halaman Iklan & Promo Gratis.
    2. Jika ingin bertanya masalah burung atau hal lain terkait hobi burung atau penggunaan produk Om Kicau, sampaikan melalui halaman Curhat/ Tanya Om Kicau & Tim.
    3. Selalu cek update daftar artikel berisi file MP3 audio untuk didownload di link ini (klik saja).




    Aplikasi Android omkicau.com gratis

    APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS
    SCAN SAJA ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE
    BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

    Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

    PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

    Ada 28 Komentar/Pertanyaan Baru

    1. Tadinya saya mo buat yg seperti om sarankan, tapi saya sering keluar dinas (takutnya pakan tidak terkontrol).
      Jadi saya buat sistem massal dengan tempat makan besar n tempat minum besar, sinar matahari dibuat masuk sebagian kandang.

      Pertanyaan saya, apakah sistem ini bisa berkembang seperti sistem sepasang” yg spt mas duto sampaikan ?

      Trims b4

    2. Om mau tanya neh..
      Saya berencana untuk menangkarkan LB dengan sistem massal. Ukuran kandang 4m x 4m x 4m. Kira” plus minus dari sistem massal ini apa ya ?
      Rencana dihuni oleh 5 pasang (10 ekor).

      Mohon pencerahannya om..
      Trims b4

    3. mas sy mau nanya nih..LB sy sdh nelor sampe 3 kali tp kok tdk ada yg neta?
      kira2 apa yg salah ya?padahal LBnya sudah kawin
      thxs atas infonya

      • Setelah dierami 21 hari dan tidak menetas, coba cek telornya. Dipecah. Kalau ada gumpalan daging merah, berarti tidak normal pengeramannya. Cek kira2 gangguan apa saja yang datang selama masa pengeraman.
        Kalau masih jernih seperti telur baru, berarti tidak ada pembuahan sel telur meski terjadi perkawinan (bisa jadi jantannya mandul/kurang matang secara seksual) dlsb.
        Kalau isinya cairan hitam menggumpal dan bau, terjadi perkawinan sempurna tetapi telur bentet/rusak.
        Kalau isinya cairan hitam encer, berarti tidak terjadi pembuahan sekaligus telurnya bentet/rusak.

    4. budisays:
      mas duto untuk jantan dan indukan yang bagus itu jenisnya apa y, untuk hsl anakan yg bagus. sekali pertanyaanlaci ni mas’ di wkt breding baiknya di beri pakan apa.

    5. om ni abi yg kmrn tlp pas gangguin om lg ada tamu,he..he.. nanya nih om. aq dah mulai ternak LB 3 Pasang yg saya tanyakan LB dah kawin itu kira2 nelurnya selang brp hari?,masa ngeram brp hari?klu yg 1 psg cewknya mata merah tpi ga kelep trus cow ijo kepala merah kuning kaca mata,jadine ntar apa?suwun

      • Kalau calon telor sudah matang dan pejantan bisa “ngisi” ya biasanya sehari-dua hari kemudian nelor.
        Mengeram untuk LB selama 21 (seperti ayam, dan bukan seperti kenari dll yang hanya 14 hari).
        Kalau soal anakan seperti apa tidak bisa dipastikan karena tergantung mana yang resesif dan mana yang dominan gennya Om.

    6. Om Duto, berarti 2 pasang LB saya sudah sama2 birahi? tinggal kesabaran dari saya aja untuk mengawinkannya…

      thanx info-nya master burung Duto
      kris

    7. mas yg baik hati..perkenalkan nama saya anton asal tasikmalaya, saya punya 6 ekor love bird, saya beli satuan di tukang burung…saya mau coba diternak….tapi ga tau mana jantan&betinanya, saya baca di agroburung untuk membedakannya dengan cara diraba, klu supitnya renggang itu betina, rapat jantan…saya udh coba diraba hasilnya semua lovebird saya supitnya renggang…apa benar LB saya betina semua..sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas imformasinya..saya tunggu ya mas

    8. Om Duta maaf nanya lagi….melanjutkan pertanyaan saya mengernai Lovebird birahi.

      Begini Om.
      say sudah coba campur LB betina dan jantan yang sama sudah berumur, sebelum saya campur, saya selalu dekatkan dulu LB ini sehingga mereka saling cumbu walaupun beda sangkar.
      kemudian saya campur 2 LB ini, setelah dimasuk dalam satu sangkar mereka berdua langsung cumbu saling membersikan bulu saling suap2an. akan tetapi setelah si jantang menaiki tubuh sibetina (mau kawin) si betin pergi dan ngacir. kemudian saling kejar2an, gak lama lagi saling cumbu lagi begitu seterusnya…..
      karena takut berantem akhirnya saya pisahkan tp tetap saya dekatkan.

      pertanyaanya, kenapa 2 LB yang mau saya kawinkan bertingkah seperti itu?
      2. apa emang salah satunya belum cukup umur?
      3. apa karena si betina kurang birahi?

      mohon penjelasannya Om Duto….
      Thanx
      kris

    9. Om duto, bagaimana untuk ningkatin birahin LB, apa hanya dikasih jagung ama biji sawi saja atau mungkin ada kiat lain?
      sebab, LB saya yang tempo hari saya ceritakn ke Om Duto, mau saya jodohkan dgn punya masku. kebutulan punya saya jantan. tp punya masku belum birani dan jika di campur LBku yang pengenya kawin aja.
      thanx Om Duto

      • Om Kris
        Secara normal kalau burung sudah masuk usia kawin, akan birahi dengan sendirinya jika sudah kecukupan pakan hariannya. Kalau belum umur, ya dipaksa2 juha tetap tidak bisa. Pastikan umur LM sudah di atas 8 bulanan.
        LN usia di atas 3 bulan (ketika warna semburat hitam yang biasa ada di paruh sudah hilang) penampilannya mirip sekali dengan LB dewasa.

    10. Sy mau tanya klo LB anakan sdh bs makan sndri usia brp bulan?trm ksih.Biar cpt dspih dan indukan brproduksi lagi.

      Jawab:
      Pertanyaan Om dan jawabannya saya pindah ke halaman Curhat Mohon dicek sana.

    11. Mas, saya pingin juga nih pelihara LB.
      Kemarin ada teman yang nawarin LB warna putih darikepala – hingga warna biru dari sayap terus keekor. Kira2 harga seperti ini berapa yaa sepasang/per-ekornya? Terima kasih ya atas jawabannya.

      Jawab:
      Pakai klep di mata/kacamata enggak?
      Kalauiya, ya kisaran mulai dari 250rb. Kalau enggak yang dimulai 150rb, tergantung kondisi/mulus tidaknya.

    12. mas yang baik hati dan tidak sombong dan tahan lama kaya' batere….he..he..kandang ukuran 3×1,5 m tinggi 2 m untuk idealnya kasih berapa pasang parkit, kendala yang dihadapi ternak parkit dan love bird apa aja,mohon kirim ke e-mail saya Agunggraha_13@yahoo.com….matur nuwun

      Jawab:
      Untuk parkit bisa 25 pasang tuh, tergantung ketersediaan glodok juga.
      Coba baca deh serial penangkaran LB di sini. Sudah banyak dibahas. Kalau ada kendala, ditanyakan saja.

    13. O, iya mas lupa aku,
      aku mau nanya lagi ini.
      Aku nyoba nernak lovebird
      tapi kok produksinya lama. misalnya hari ini menetas, anak sampai besar ikut induk terus kira-kira 3-4 bulan baru keluar lagi anakanya.
      Normal tidak kalau kaya begini mas.
      masalah pakan : biji milet, jagung muda seminggu 2 kali kalau menetas tiap hari, kangkung dan asinan tulang sotong, kecambah kadang-kadang saja dikasih
      habis gak begitu suka.
      Mau saya ada tidak cara mempercepat produksi lovebird mas ?.

      Jawab:
      Untuk LB memang relatif lama Om. Dari nelur hingga anak besar dan nelur lagi rata-rata 3-4 bulan. Lain dengan burung lain yang anakannya kita loloh sendiri. Kalau mau cepat, kita memang perlu bersusah payah menyapih anakan dan meloloh sendiri. Cuma ini juga repot. Semua ada kekurangan dan kelebihannya Om.

    14. Mas duto, saya mau nanya
      kalau nangkar lovebird itu yang bagus :
      1. Pakai kandang besar (mis. 3 m x 4 m) tapi diisi beberapa pasang lovebird & kotak bertelurnya ya disesuaikan dengan pasangan lovebird.
      2. Pakai kandang kecil (mis. 60 cm x 60 cm x 80 cm)
      Tapi isinya sepasang.
      Kira-kira bagus yang mana ya mas.

      Jawab:
      Bagus cara yang kedua Om. Memamh sepertinya kita repot, tetapi ya itu cara paling bagus karena kita mudah mengontrolnya dan antar LB tidak saling mengganggu. Lagi pula lebih fleksibel ketika satu-dua burung terlihat kurang fit dan kita berniat menjemurnya dsb.

    15. Om aku anak umur 16 tahun, aku punya spasang burung parkit, yang jantan warna biru dan yang betina warna kuning, aku pengen bisa nernakinnya, burungnya udah aku satuin, tapi mereka malah bertengkar. Om kalo sangkar buat ternak itu ukurannya brapa, dan buat sarangnya gimana?

      Jawab:
      Untuk parkit kandang cukup ukuran sekitar 50cmx50cmx50cm. Kalau mau ternak parkit, sekalian saja sekitar 5 pasang di kandang yang sedikit lebih besar biar efisien waktunya dan cepat berkembang biak. Kalau cuma sepasang, sering tengkar karena nggak ada pilihan pasangan lain.
      Untk sarang dibikinkan glodok/kotak berlubang kecil2 (terbuat dari papan).

      ——–
      Omong-omong, tolong bantu saya denga masukan untuk perbaikan blog ini. Tolong dibaca yang ini ya.

    16. mas,bisa saya minta gambar glodoknya,soalnya saya liat lubangnya di atas.. Saya kurang paham bentuknya karna bru ini liatnya.

      Jawab:
      Coba nanti saya kirim sketnya yang jelas Om.

    17. Mas urutan harga LB dr yg mahal smpe yg murah pa ja?
      Saya blm ta.Tlg djwb donk.
      Mkch..

      Jawab:
      Harga per bulan ini:
      – LB mata kelep / kaca mata anakan sepasang antara Rp. 150.000 s/d Rp. 300.000. Kalau indukan2nya jawara, harga anakan per ekor bisa sampai 500 s/d 700ribu.
      – LB dewasa asa; bunyi, 200 s/d 350rb per ekor.
      – LB juara latbaren lomba antara Rp, 1 juta s/d tak terhingga tergantung penjual dan pembeli.
      Begitu Om…

    Komentar ditutup.