Tips mempercepat proses kawin burung kenari

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Anda sedang menangkarkan kenari? Kesulitan dalam proses perkawinannya? Atau tidak juga mau kawin meski jantan betina sudah sama-sama terlihat birahi? Jangan bingung, nih ada beberapa tips untuk Anda yang Om Kicau serap dari sejumlah penangkaran burung, terutama penangkaran Mas Kuwat di kawasan Klewer Sukoharjo.

Syaratnya utamanya mudah, yakni selain kita punya kenari jantan yang siap kelamin dan akan kita jadikan pejantan, kita juga harus punya kenari jantan lainnya yang juga sudah gacor.

Tips dan langkah-langkah mengawinkan kenari

1. Tidak pernah mencampur jantan betina dalam waktu lama. Artinya, selama penjodohan hingga mau kawin, jangan pernah dicampur dalam satu sangkar.

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

2. Ketika kenari jantan sudah benar-benar gacor dalam kesehariannya, dan betina sudah matang kelamin (kloaka terlihat bengkak memerah) dan sudah menyusun sarang di sangkar lainnya, proses mengawinkan baru dimulai.

3. Jika kondisi sudah seperti yang saya sebutkan di atas, maka pilihlah waktu pagi hari setelah kita selesai bersih-bersih dan memberi pakan semua momongan, masukkan jantan kenari yang sudah siap itu ke sangkar kenari betina.

4. Jika setelah dimasukkan si kenari jantan tidak juga segera mau naik mengawini si betina, ambillah kenari gacor kita yang lainnya, dan dekatkan ke sangkar jantan-betina yang sedang akan kita kawinkan.

5. Begitu melihat pesaing datang, biasanya kenari jantan akan segera “naik” ke atas betina dan terjadilah perkawinan.

6. Biarkan jantan dan betina kenari berduaan sampai sekitar 1 jam. Dalam rentang waktu itu, biasanya terjadi 2-3 kali perkawinan atau lebih.

7. Setelah poin 6 terlampaui, pisahkan jantan dan betina kenari sehingga keduanya tidak saling lihat.

8. Ulangi kesemua langkah di atas selama 3 hari berikutnya. Nah, setelah lewat 4 hari masa perkawinan, kenari jantan dan betina tidak perlu dicampur lagi. Betina akan bertelur dan mengerami sendiri telur-telurnya.

Tips dan info lain:

1. Jika kita mengawinkan kenari jantan dan betina pada pagi hari, maka setelah sekitar 6 jam atau sore harinya, si jantan bisa untuk mengawini kenari betina yang lain, dengan proses sama dengan tips yang saya sebutkan di atas.

2. Jika kenari jantan tidak juga segera gacor merayu betina meski secara umum terlihat sehat atau kenari betina tidak juga matang kelamin meski sudah berusia di atas 7 bulan; atau telor-telor kenari tidak isi dan karenanya tidak bisa menetas, kita perlu memastikan bahwa si jantan bisa memproduksi sperma yang “berisi” dan kesehatan reproduksi betina benar-benar maksimal. Kalau kita ragu bagaimana caranya, pastikan saja kita menggunakan Bird Mature (klik saja untuk melihat profil Bird Mature).

Selama kondisi alat-alat reproduksi dalam keadaan normal, Bird Mature sudah terbukti meningkatkan kesempurnaan proses reproduksi burung-burung penangkaran. Tidak hanya kenari, tetapi semua jenis burung.

3. Jika burung-burung kenari anakan kita gampang mati, atau kakinya sering pengkor, lembek, karena daya tahan tubuh secara umum lemah, kita perlu memastikan bahwa indukannya mengonsumsi Bird Mineral. (klik saja untuk melihat profil Bird Mineral)

Bird Mineral tidak hanya bagus untuk anakan tetapi juga indukan karena Bird Mineral menjadikan bulu kuat, mulus, berkilau sehabis molting atau ngurak alias mabung; burung tidak terkena rachitis (tulang-tulang lembek, bengkok dan abnormal); bebas paralysa (lumpuh); bebas perosis (tumit bengkak); menjadikan anak burung menetas sehat; burung tidak mengalami urat keting (tendo); burung tidak terlepas sendinya, tidak tercerai (luxatio); paruh tidak meleset, tidak kekurangan darah sehingga pucat dan lemah; burung di penangkaran bisa segera bertelur, telur berisi, produktivitas tinggi, daya tetas tinggi; kematian embrio rendah.

4. Jika Anda masih bingung juga bagaimana cara menangkar kenari yang baik, bergabung saja dengan Om Kicau Hotline yang memberi layanan premium konsultasi perawatan dan penangkaran burung. Bagaimana?

Salam sehat burung Indonesia…. Om Kicau.

Tulisan terkait penangkaran:

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

Ada 203 Komentar/Pertanyaan Baru

  1. Permisi om..numpang numpang mohon pencerahannya om…saya pemula belajar menjodohkan kenari sebelum dijodohkan saya menggunakan birdmature,dan sekarang bertelur 2,pertanyaan saya 1.kenari tsb bertelur 2hari sekali,apakah itu termasuk normal?…2.jika YA apakah dalam penetasan nanti berselisih hari juga?..3.adakah tips agar bertelur 1hri 1x agar umur anakannya tidak berbeda jauh?..trmakash

  2. om saya mau tanya kenari saya sdh bertelur tp gagal menetas, setelah gagl menetas tapi indukan masih mengerami sarang yang kosong. Apakah sarang harus dibongkar? jika dibongkar apakah betinanya akan stres? tks sebelumnya

  3. gan…plisss help me..
    spasang KN saya dlam proses pnjodohan….!
    KN jantan sll gacor dan sll mngejar betina…!tpi betina sll lari2…
    sblumnya kandang sdh saya taruh brdampingan..
    kapan saat yg benar tuk mnjadjikan satu dlm 1kandang gan?
    trimssssss…

  4. mlm om kicau saya mautanya saya punya babon kenari yg bertelur n netas 3 tp setelah umur 1minggu anakya mati g tau knp n setelah itu saya kondisikan selama3minggu n saya kawin kan bhinga bertelur 2 tp malah adul2 sarang terus n setelah 1 mingu telur saya terawang g ngisi terus saya buang n saya kondisi kan tp udh 3 bln up kok malah macet produksi lg napa ya om n jg saya punya kenari betina baru pertama nelur 3 tp g mau angrem trs saya buang udh 4 bln kok g mau bunderin lg knp ya om n pejantanya 5 g ada yg mau gawin pokok ya macet produksi sampe saat ini solusinya gmn ya om

  5. om aku punya kenari ce umur 9 bulan udah mbunderi tp kloaka blm merah apakah bisa langsung dikawinkan.
    trus betina ku itu bulunya ngembang trus dari kecil jadi bentuknya malah bulet padahal dulu cuma silangan f1xaf,bulunya itu bisa berubah normal ga ya om?
    makasih

  6. Om mau tanya,
    Apa kn betina yang kawin secara normal itu diam ketika di pacek atau malah jalan bahkan lari-lari ya? Soalnya kn betina Sy malah jalan bahkan lari, khawatir sperma jantannya gak masuk.
    Nb. Betina udah bikin sangkar, kloaka memerah dan membesar, sudah saling loloh, ketika betina di sangkar si jantan suka ikut nindih seperti mau kawin. Mksh

    • Lama proses penjodohannya tergantung kondisi birahi kedua calon indukan, jika keduanya sudah sama-sama birahi dalam 2-3 hari sudah jodoh om.

  7. apa kabar Om..
    gmN kbar’y oM.
    oh iya Om..
    biasanya
    indukan kenari
    kali prtama
    brtelur alias
    (prawan & prjaka)
    menetas ga ya telurnya.. trz seumpanya netas
    anaknya bsa brthan
    hdup ga om..?
    🙂
    {Matur Suwun Om}

  8. om mau nanya
    sya punya kenari betina siapan sayap sudah klemper kalau d dkatka dg kn jantan
    sudah mau menyusun sarang

    tp sa.at kn jantan mau mengawini kn betinanya owk gk mau y
    pdahal sudah suap2.an..
    hahaha ma.af om bru pemula
    tlong d jawb om..?

    • semuanya butuh proses pak ,,, setiap jalan gak selalu lurus ,,, ada yg brliku juga ,, begitu jugak denggan penjodohan kenari,,,,,intinya sabaar dan tetap berusaha,, kalo sepengalaman saya itu tiap indukan berbeda karakter nya,,,, jadi itu lah seni di dalam peternakan kenari ,,, memiliki karakter indukan yg berbeda lebih meningkatkan sensasi dalam peternakan ,, dan tentunya menambah ilmu pengetahuan kita,, tmksh

  9. Mau nanya om… mohon pencerahannya…

    Tips dan langkah-langkah mengawinkan kenari
    “””1. Tidak pernah mencampur jantan betina dalam waktu lama. Artinya, selama penjodohan hingga mau kawin, jangan pernah dicampur dalam satu sangkar.””””

    Pertanyaan:
    – alasannya kenapa pak?
    – kalo sudah jodoh, apakah juga sebaiknya tidak dicampur dlm waktu yg lama?
    thx

  10. omkicau, numpang nanya. pemula banget.
    awalnya KN jantan saya gacor tiap hari (dari subuh hingga maghrib). trus saya pikir jantannya bagus, saya carikan KN betina, trus saya jejerkan keduanya setiap hari. mandi pagi dan sore hari juga berdekatan.

    hari1 si jantan berhenti berkicau, cuman 2-3 kali sehari. trus hari ke 2,3,4, mulai terjadi peningkatan gacornya (meski ga se gacor sebelum ada betinanya). dan saat si jantan gacor saya perhatikan si betina sudah mulai mengejar hinggap di jeruji, karena saya pikir si betina udah tertarik (kloaka belum memerah/membengkak), dan si jantan udah mulai ada peningkatan gacor, saya satukan keduanya di hari ke 4.

    hari pertama setelah disatukan, keduanya terlihat malu2 kucing, sesekali mereka saling cium dan saling berbagi makanan (istilahnya loloh2an ya?). nah trus anehnya, hari kedua dan hari ketiga (hari ini), si jantan kayaknya ga suka dideketin si betina. si betina selalu mengejar si jantan. saat si jantan makan, si betina seolah minta disuapin, tapi si jantan malah matuk paruh si betina. terkadang bulu si betina juga dipatuk hingga tercabut. saya perhatikan memang keduanya tidak bertengkar, hanya saat si jantan merasa ‘terganggu’ itu saja.

    *saya juga uda siapin sarang dan bahannya tapi masih blm dirajut sama betinanya.

    pertanyaan saya:
    1. apa langkah saya menjodohkan dua kenari tersebut sudah benar?
    2. meski kloaka blm memerah, apa ada kemungkinan bisa segera birahi dan memerah?
    3. kenapa si jantan seolah jadi berubah sikap?
    4. apa yang harus saya lakukan? dipisah lagi (diulang perjodohannya) atau ganti betinanya?

    makasih banget om 🙂

  11. Om mau tnya dong. Aku punya kN jantan gacor bnget.. Tdinya mau aku coba u/ ternak & aku sdh belikan cweannya. Tp setelah aku dekatkan dg betinanya. kN jantanku diam saja/tdk gacor lagi.. Tp kalo aku pisahkan/tdk didekatkan dg betinanya,dia te2p gacor.. apa itu blm siapp kawin om? Mohon pencerahannya om.. Mksih

  12. om mau tanya,
    saya punya kenari betina yang sudah bertelur, kira-kira perlu waktu berapa hari yaa buat kenari betina siap dikawinkan lagi setelah bertelur itu??

  13. selamat mlm om nichq pengikut baru,,,mau tanya om maslh pengkanran kenari.q punya spasang KN yg usianya skrt 7bln(cwe+cwok) qpengen nangkarkn Kn q tp da mslh waktu prss prjdhan si cwe nya msh takut kalau q campur dalm 1sangkar dngan cwo tp kalau tak pisahin si cwnya nyari2 cow dan pernah q coba kedua sangkarnya q taruh berdkatan reaksi si cewnya kyak udah berani ma si cwo tp waktu q jadikn 1 blm berani itu gimana solusinya om? byar proses prkawinanya cepat terjadi,,,tlg om kash tau/saran k q cz q lm pernh ternak om….maaf bahasanya agak rumit om.makasih banget sebelumnya.

    • kemungkinan betinanya belum birahi, naikkan birahi betinanya hingga ngleper saat ketemu kenari jantan atau sudah mbunderi sarang, berikan ef telur puyuh dan selada air setiap hari.

      • makasih om sdh bls,tp sekarang KN q ganti sicowoknya yg g berani m cweke ngejar2 trs tp waktu q ksh sarang kok malh di acak2 n low tdr mlm g mau berdekatan.tu gman solusinyA?pa da kemungknan mslh sangkarnya cz q pakai sangkar gantung tp g q gantung,q tempelin dindng,pdhal q lihat kelaminnya udh berwrna merah n lo q pish/q jauhn sma2 nyari gt,

        • beternak butuh kesabaran serta keuletan, sebaiknya satukan kedua calon indukan jika memang sudah benar2 birahi dan cukup umur.

          • makash om atas sarnya,om q mau tanya lgi nich!!!buat KN jantan blm ngaor full tp udah ngwik2 n cukp umur pa bs buat pejantan?ters biasnya Kn jantn yg udh mulai ngacor tu umur berap???dan atu lg obt tau maknan pa yg bs bt ningkatin birahi Kn jantan n betina.maksh banget seblmnya……

            • salah satu sarat mutlak untuk jadi indukan, pejantan harus gacor, birahi stabil, tujuannya untuk menarik minat betinanya. kn jantan umur 8 bulan idealnya sudah gacor serta siap diternak, namun tetap lebih bagus kalau diternak ketika usia 10 bulan. Penstabilitasan hormon reproduksi burung jantan bisa gunakan terapi Testo bird om.

  14. Om . Saya lagi coba ternak kenari di rumah .. Permasalahan nya, pertama saat penjodohan, bertelur, dan mengerami, saya tempatkan di luar rumah, tapi saat telur menetas saya pindah kan ke dalam ruangan rumah, karena kalau di taruh di luar, kalau siang hari udara panas sekali. Pas malam nya udara dingin sekali, kasihan bayi kenari yang baru menetas itu om. Makanya saya taruh di dalam ruang tamu, tapi kondisi gantangan nya percis di tempat lalu lalang keluarga dan kadang-kadang lingkungan sering bising, dan kadang ada pertemuan di ruangan menjadi sangat berisik om. Apakah kondisi seperti itu indukan akan tetap meloloh anakan yang baru menetas itu om ? Minta pencerahan nya om !

    • tergantung karakter indukannya ada yang tetap merawatan anakannya namun adapula yang enggan karena merasa terganggu, terutama indukan berkarakter sensitif. Sebaiknya om pantau dulu apakah indukan mau merawat piyikan atau tidak dan tutup 3 sisi sangkar supaya indukan lebih nyaman.

  15. Om saya mau nanya ,.. Saya punya kenari sudah bertelur tiga butir, telur sudah umur seminggu om . Apakah jantan nya bisa langsung di pisah saat telur umur seminggu, saya takut , pas kenari betina mengerami telur nya , terganggu oleh jantan nya. Apakah boleh di pisah om ?

    Tolong di jawab om ..

    Trimakasih..

  16. Om sangat aneh sekali om..
    Saya punya kenari betina, kemarin habis saya kawinkan dengan mozambik terus dia nelur empat butir langsung saya pisahkan mozambik nya dan, itu telur netas semua sampai umur dua minggu, tapi naas anakan mati semua karena semut..
    .karena itu saya buang anakan nya semua. Terus saya diam kan betina nya dikandang ternak selama tiga hari dan langsung saya satukan dengan kenari jantan tapi kok saya satukan empat hari kemudian langsung nelor lagi, kan dia belum melakukan peroses perkawinan, atau sebenar nya sudah kawin, tapi saya tidak melihat nya. Apakah telur telur tersebut bisa menetas om.

    Tolong pencerahan nya om Kicau.

  17. Selamat Malam ni Om !
    .saya mau nanya,! Kalau ternak kenari pakai sangkar gantung, dan sering di pindah-pindah sangkar nya, apakah bisa mengganggu proses perkawinan Om !
    .soal nya kalau pagi saya tempatkan di depan teras rumah, dan saat malam tiba, burung saya masukan kedalam ruangan rumah yang terang, dan tanpa di kerodong,.
    .trus kalau saya ingin mengganti makanan, minuman, EF sayur dan membersihkan sangkar juga kan harus saya turunkan sangkarnya, apakah seperti itu, dapat mengganggu proses perkawinan pada kenari itu ?

    Tolong pencerahan nya om!

    Trimakasih

  18. salam kicau om …
    kenapa ya om kenari pnya saya ga keliatan kawin pdhl tiap hr saya jemur n d,rendengin dlm kandang berbeda..saya jemur pagi2 trus sore nya saya satuin tp blom bertelur udh 2 mnggu..mohon kasih ilmu nya om…sblum nya makasih

  19. Om Duto, saya baru saja mencoba berternak kenari, dan tanggal 29 Oktober 2012 sudah bertelur hingga tanggal 02 November 2012 jumlah telur 5Bh. lalu betina mulai mengerami, dan saya pisah pejantannya. tiga hari kemudian betina tidak mau mengerai telurnya (tidur di tangkringan terus) dan saya coba pejantan dan betina saya jadikan satu. dan terlihat betina mulai mengerami lagi. dan beberapa hari kemudian pejantan dan betina terlihat bertengkar dan akhirnya saya pisah lagi. tapi karna kesibukan saya karna istri saya melahirkan hingga saya tidak sempat mengamati lebih lanjut kenari saya dan pada tanggal 10 november 2012 semua telur telah pecah dimakan kenari saya.
    Nah, saya mau mencoba mengkawinkan lagi kenari saya tersebut menunggu berapa hari Om? perawatan lebih lanjut pasca kejadian ini bagaimana om?
    *Sebagai tambahan, pejantan kenari saya Red Mozaic dan Betina Red Intensive.

    Mohon Pencerahannya. Terima Kasih dan Salam Kicau Mania.

    • bisa jadi karena kurang kasih sayang plus tidak terawat selama indukan angrem, burung juga makhluk hidup yang memiliki insting om. bisa distirahatkan 3-5 hari sambil rawat rutin seperti jemur dan mandi biarkan dicepuknya saja, setelah indukan dirasa sudah siap boleh dikawinkan lagi.

  20. Kenari jantanku ko galak bngt bngt ya om, jd ktika aku campur dg betina sll ngejar2 dan ngajak brantem. Gmn solusi tuk mengatasinya om … ??

  21. Om salam kenal aq mau tanya kenari aq yang jantan udah 1thun lebih.
    trus aq jodohin sama kenari yang belum perna kawin..
    tp yang jantan kok gak kawin”ya om..knp..???

  22. Salam kenal om..numpang tanya…kenari sy sdh 2x betelur tdk menentas padahal sblmnya sllu menetas ? dimana bs beli obat2an bird mineral, bird vit, dll. posisi sy ada d krian-sidoarjo om…………..

  23. Salam kenal om saya mau tanya, saya punya kenari f1 warna putih udah 1 tahun lebih belum juga birahi malah yng ada bulu y rontok terus mohon pencerahan y om

    • kemungkinan kekurangan asupan vitamin dan mineral dalam pola rawatan hariannya, sehingga kenari tidak bisa meningkatkan birahinya.

  24. Pak, salam kenal.
    Saya mau tanya, apakah bisa dan memungkinkan dilakukan perkawinan antara jantan lokal dengan betina F2. Dengan kondisi bodinya yg betina lebih gede dari yg jantan?
    Terimakasih…

  25. nanya om, mengenai suhu sekitar kandang apa jg perlu diperhatikan om, sbb kata beberapa orang nih suhu jg berpengaruh terhadap proses perjodohan dan reproduksi kenari….salam kenal & trm ksh masukannya

  26. om ane pemain baru …mohon petujuknya om
    sy br beli sepasang kenari lokalan…dr temen…
    kl si jantan sih g ada maslah om…masalahnya pada si betinanya udah 2minggu si betina belum matang2 kelamin (kloaka belum terlihat bengkak memerah)
    sy udah kasih telur puyuh+sawi + mandi+jemur tiap pagi….mohon petunjuk om…makasih

      • kl umurnya sy gak tau pasti om…tp sblmnya emang dia indukan/babonan dan sdh beberapa kali nelur,netes smua anaknya hidup om…apa ada perlakuan saya yg keliru ya om???krn betinanya gak bgt doyan sawi…sehari aja masih sisa 3/4 yg dimakan cmn 1/4 daun sawinya om.

        • kalo memang indukan asli rawatan om sendiri serta bukan pinang dari orang lain maka harusnya om tau umur pastinya. dan bisa om telisik kebelakang waktu lancar produksi pola rawatannya bagimana dan saat ini pola rawatannya bagimana sehingga macet produksi.

  27. minta tolong om, burung saya susah d kawinkan.. Padahal burung jantanya sudah siap untuk kawin. Tapi si betinanya tidak mau, si betina malah jadi ngajakin ribut si jantan akhirnya si jantan agak takut. bagai mana cara nanganinya ? T0long d bantu ia 0m .mampir iyah .
    Terima kasih

  28. om salam kenal aq punya kenari betina karena ga tahu nelur pecah dan dikasih sarang kok belum bunderi udah 3 minggu dari nelur kemarin

    • maaf om duto bisa di koreksi nih,,
      mas setyana ,, kalo kenari udah berjodo biarin aja kandang nya blun di buletin,, karena kalo udah mau nelor dia pasti bikin sarang,, kalo masalah di acak acak sarang nya ,, biarin aja nanti juga dia bawa kembali dan rapiin sangkarnya sampai bulatt,, maaf kalo salah

  29. om saya mau tanya,saya suka banget lihat burung kenari,dan saya membeli 2 jodoh (4 ekor) burung kenari,misal saya menyampur dalam 1 kandang yg besar menjadi masalah gak om? apakah bisa tetap berkembangbiak dengan lancar

    • maaf om kicau saya jawab nehh tolong di koreksi,, mas bagus gak masalah kalo semua nya udah masa birahi dan berjodohh,,, tapi kalo untuk kejar tayang itu kurang cepet ,, kita harus atur waktu nya kapan saat di gabung berdua dan di pisahh,, kalo udah tau waktunya pasti kita bisa cepet produksinya gan

  30. om saya mau tanya ni…..apa tidak masalah si jantan di pindah2 trus dari sangkar betina ke sangkar semula??mengingat proses nya harus di pisah lagi klo udah sktar 1jam berduaan di sangar si betina??
    atau ada cara lain memindahkanya selain di tangkap pke tangan??

  31. permisi om?? mau nanya nich!saya punya kenari 3(tiga) pasang,dan yang satu pasang udah mulai kawin terus t3(tiga) hari berturut turut,kira kira kapan ya,mulai ketahuan mulai nelornya? trims om sebelumnya.

  32. om,,,saya baru pemula bngt mau ternak kenari,,,burung saya di jodohin udah satu kandang ,,,koo jantannya setiap bunyi, agresif sama betinanya ya?,,trus kaya berantem,,smpai betinanya terpojok,,,khwatir ga jodoh,,sangkrnya di obk abrik ma betina,,mohon bantunnya om

  33. Om numpang tanya ada cara khusus ƍäª untuk mempercepat birahi kenari betina? Saya punya kenari f1 warna putih sudah 8 bulan umur y ko belum juga birahi, padahal dijemur setiap hari, kasih telor seminggu tiga kali. Tolong pencerahan y om

  34. saya suka burung kenari, dan belajar ternak, namumn masalahmya berapa standar betina da jantan siap kawin? sy msh bingung. dl sempat pernah menetas tp sy mulai baru lg

  35. salam kenal om. mau tanya om,
    kenari jantan saya sepertinya ada gangguan pernapasan om. saat mengejar-ngejar betina yang belum siap banget, biasanya nafasya terdengar seperti ngorok. sudah saya obati dengan super N tidak sembuh om, kira-kira obat yang pas apa ya om…? tlg bls ke email “dimana_2903@yahoo.com.au

  36. om kicau maniak minta di bls ke email aepsaepudin93@yahoo.co.id saya punya kenari jantan starblue , bodi gd kayanya jenis holan,, usia skitar 1thun ,, tapi ga mau birahi ya,, kenapa ya apa perlu di kasiuh obat tadi,,,, bunyi jugak jarang jarang tuh gak kaya jenis lokakl pak,, mohon arahannya

  37. Om,saya punya 2 keri 1 lokal super warna sankis dan 1nya warna kuning.yg sankis gacor banget.trus yg satu br bulai blajar bunyi.solusi apa yg bagus biar kenari kuning saya cepat bunyi.tks

  38. kenari saya telah 4 kali mengerami telur rata rata 5 butir
    perkawinan pejantan dan betina normal tapi tidak di buahi/tidak menetas tolong jawaban nya
    dari rekan rekan

  39. salam kenal om….,,gini om ,saya kok bingung dengan kenari betina saya ,permasalahan’ny waktu saya kawinkan kenapa burung kenari betina saya ngurak /menjatuhkan bulu .minta solusi’nya’ dong om…???terima kasih om sebelum’ny ,,,

  40. Halo Om,
    Saya ingin burung Lovebirds saya bernyanyi dengan hebatnya di dalam pertandingan, bagaimana yach? Apa ada obat / vitamin yang bisa membantu burung saya menyanyinya lebih hebat?
    Katanya saya bisa kasih vitamin cair vitobel, apa benar ini informasinya?
    trima kasih banyak,
    salam
    ibu yg mau tahu 😉

  41. slam kenal om, saya pemula masalah burung, saya mau tanya om,
    1. berapa bulan kenari jantan dan sudah bisa dikawinkan?
    2. kalo kn yang jantan wrna gereja, ap nggak masalah kalo di kawinkan dengan warna lain?, trims om, mohon bimbinganny…

  42. ass mas or buk…saya ada masal knpa burung ciblek cryistal saya klo d adu dia ,,kanibal alias nyakitin didinya sendiri..kasih tau penyebab n solusi nya dunkkkk

  43. salam kenal om duto, sy nguli senin sd sabtu, baiknya gmn ya kl mau kawin kan kn? sy sdh cb pagi dicampur, malam dipisah, besok paginya dicampur lg. 3 psng diperlakukan seperti itu. sdh 2 mnggu tak ada tanda2 mau bertelur. Umur sdh 8 bln. Makasih sblmnya.

  44. wah hebat om, tapi kaya saya ini rasanya mimpi ya om, untuk bisa memiliki usaha burung kenari, womg apa2 ndak gableg, yah cukup ngrasain lihat2 aja ya om, tapi yahtetap alhammdulillah dari pada tidak1 terima kasih ya om

    salam saja untuk keluarga di sini, semoga sehat2 selau1
    dari : mustofa, tumpangkrasak rt. 01/3, jati kudus

  45. Salam kenal om Duto….
    Permisi saya mau bertanya…

    Utk kandang kenari betina yg siap kawin ukuran berapa om?

    Sarangnya kotak seperti rumah2an atau sarang bundar yg dari jerami itu ??

    Trims om…
    Sukses slalu….

  46. Informasi yang bagus om kicau… baru mau belajar breeding kenari sehingga info ini sangat berguna untuk saya. pengalaman breeding saya masih sangat kurang karena selalu gagal dalam proses mengeram.

  47. om kicau sya punya indukan betina dah siap,ketika pejantan bunyi betina sudah mengepakan sayapnya tapi setelah saya jodohkan selalu bertengkar gimana solusinya trims.

    • Biasanya karena justru jantannya yg belum siap Om. Burung jantan bunyi gacor belum tentu birahi.
      Ada pula kemungkinannya si betina adalah tipe pilih-pilih (ada memang burung yg begini), maunya dengan pasangan yg berwarna dominan gelap, ada yang senang dengan jantan warna dominan terang/ putih/ kuning.

    • Memamg ada betina kenari yang lantas nggak mau ngerami telur jika ditinggal jantannya dan jantan masih berada di sekitar dia. Untruk betina yang begini, si jantan harus benar2 dijauhkan sampai betina tidak dengar suara jantan. Atau, mau tidak mau, tetap dicampur.

  48. Mau tanya boz..?
    Kenari ane udah bertelor 4, tu betina ane truh dlm rumah mksdnya angremnya biar tenang ga stres gt tp tiap berada dlm rumah tu betina ga mau angrem, kmrn ane cb truh luar eh lngsng angrem bgtu ane balikin dlm rmh lg tu betina lngsung trun ga mau angrem.
    Mohon solusinya boz..
    Trim’s sblmnya..?

  49. pagi smu gan…maaf numpang tny nih…!!!
    sy mau coba mjodohkan knari sy,yg jantan sih sdh siap tuh…
    cm yg betinax ini lho,,sprtix malu2 gitu…
    apa blm saatx kawin kali ya???
    trs gmn cara melihat tanda2 yg betina sdh siap utk kawin/dikawinkn???
    maklum pemula sih..mohon pencerahanx+wawsan yg benar.
    sms jg ga pa2..malah sy berharap.
    083831109479 chandra-spnjang
    makasih buuaaanyaakk semuax.

      • Bukanya kebalik om??he3…maap langsung nimbrung aja,biasanya jantan udah birahi,tapi betina belum,ini dikarenakan betina biasanya masih perawan “ting-ting”(maap om kalo salah),menurut pengalaman saya,biasanya untuk menjodohkan kenari dengan situasi seperti ini butuh waktu cukup lama om 3-4minggu bahkan lebih,coba EF nya harus rutin,terutama telur puyuh,minumnya di tambah multivitamin ombisa pake birdmature nya om duto,jika sudah tampak jodoh tapi betina belum mau kawin,coba di “embunkan” om,sekitar jam5.15 an pagi,kenari di keluarkan(jantan betina dalam satu sangkar), jika rutin dilakukan,biasanya pagi2 akan terjadi perkawinan (ini dari pengalaman saya om)….semoga membantu om,kalo ada salah mohon di koreksi(masih pemula ne om)…matur nuwun om duto…..

  50. Om lam kenal,,q Mw NNya,.q pnya kenari yg rewel,gk mw kawin,.awalnx sih lncar2 az,ud mnetas 2x,.eh tiba2 kyk strez,gk mw kwin m psngan biasanx,mlah brtngkar,.truz tlurnya dmkan sendri gk mw mengerami.,dgnti jntan laen,.te2p ae brtngkar.,gmNa solusinya om,..Matur nuwun..

  51. om… saya baru buka artikl ini dan saya tertark dngan brung knari,, dan saya mau tanya berapa mdal awal untuk mlai bddya brng knari yang sdah siap kawin… 085224233068..ni No HP saya.

  52. Mau tanya om, jantan kenari ane dlm masa perkawinan kl dicmpur sm betina ga mau bunyi pdhl kl ga dicampur bunyinya gacor..? Udah 4 hr ane jadikan satu tp betina blm bertelur tp ga pd berantem tu kenari, malah serat yang ad disarang ditumplek semua. Mhn solusinya om..?
    Terima kasih sebelumnya..!!

  53. malam om saya hanya mau titip lapak ,saya menyediakan mesin tetas untuk kenari isi 60 butir yang full otomatis hub saya 085230437283 trims ya om

  54. Om kenari betina saya sudah berumur 1thn tapi masih setatus dara,trus saya coba kawinin eh malah galak sama jagonya.Trus Om apa masih bisa bertelur …tolong penjelasannya om trimakasih.

    • Masih bisa Om. Soal galak, umumnya karena jantannya belum birahi saja. jangan dicampur2 dulu Om kalau si jantan belum benar-benar gacor. Juga, jantan dan betina tidak mesti dicampur karena kebanyakan penangkar kenari menggunakan sistem “kawin cabut”. Dicampur ketika sedang dikawinkan.

  55. salam kenal ..saya mau tanya kenari betina saya belum bertelur,padahal sudah 3minggu semenjak perkawinan.memang sijantan selama 3minggu masih satu sarang semenjak perkawinan …mohon infonya om..(puji_8886@yahoo.com)

  56. i mau tanya g mana klo kenari yg tadinya rajin bunyi tapi skarang malah macet g mana tuh solusinya, emang sih lagi mbrodol bulunya.sblum nya i banyak trim’s

  57. loha om, mau nanya ni…..
    q kan jodoin kenari n dah nelor 3 biji,.waktu pejantan na di pisah kok si betina kok gk mau ngerami telur na ya?gi mana tu solusi na om

    • salam kenal mas…
      saya coba jawab sepengalaman saya soalnya saya juga pernah mengalami seperti itu mudah-mudahan jadi solusi…
      masalah kenapa kenari betina tidak mau mengerami telurnya ketika pejantan di pisah itu wajar-wajar aja soalnya kenari betina merasa kehilangan akan pasangannya, nanti juga betina akan mengerami lagi telurnya,
      supaya betina cepat mengerami telur lagi usakan betina jangan mendengar suara kenari jantan jadi jauhkan kenari jantan untuk beberapa waktu…
      mudah-mudahan kenarinya cepat mengerami lagi
      maaf kalau salah soalnya saya juga masih belajar juga…..

  58. Lam kenal,

    Um saya pengen mencoba menangkarkan kenari, dan juga pengen nanya yang berkaitan dengan proses birahi dan juga biar cepat nelor, dan bagaimana untuk perawatan anaknya…

    makasih

  59. om nderek tangklet, kenari jaler niko siap kawin umur pinten njeh om? la ingkang wedok siap kawin umur pinten njeh om?
    matur suwun

    sugeng sonten

    • menurut saya sih body kenari yang seperti WORTEL
      yang bagus peranakannya selain itu yang lehernya padat berisi, lincah, nafsu makan bagus

  60. om saya mau tanya.
    1.Kalo betina dan jantan yang siap kawin kira-kira umurnya berapa?
    2.Kalo mengawinkan kenari,disatuin dalam satu sangkar apakah bisa? Apa bedanya bila mengawinkannya dengan cara yang di atas?

    Terima kasih.

    • Seandainya boleh saya jawab, mudah2n om duto tidak marah dan mudah2n benar :
      1. betina biasanya sudah siap kawin pada umur 8 bln itu tergantung pada kesehatan sistem produksi betina soalnya ada beberapa kasus ada betina yang sudah umur 1 tahun tapi tidak menunjukan ciri birahi (loncat kesana kemari sambil bunyi cit cit dan membawa bahan sarang ketika mndengar suara jantan atau tidak membuat sarang) itu berarti betina gagal birahi,
      2. bisa juga di satukan antara jantan dan betina sampai indukan menetaskan telur atau anakan, tetepi kendalanya :
      a. biaya yang dikeluarkan relatif besar karena setiap indukan/betina harus ada jantan andai punya betina 10 jantan pun harus 10 coba bayangkan berapa uang yang di keluarkan untuk biaya ternak 10 kandang,
      b. andai menggunakan kandang ukuran kecil kenari kurang sehat
      c. jantan dan betina tidak ada waktu istirahat untuk memulihkan kondisi tubuh setelah kawin,
      andai menggunakan sistem yang di atas menurut saya lebih bagus karena :
      a. biaya yang di keluarkan relatif sedikit
      b. kenari ada peluang untuk beristirahat walau pun itu cuma 1 atau 2 jam,
      kita aja manusia seandainya sudah melakukan perkawinan kan tubuh terasa lemas bukan apalagi burung yang pakannya kita jatah he.he.he.
      maaf seandainya kurang jelas dan maaf seandainya salah…..
      cuma itu yang saya tahu sepengalaman saya beternak kenari
      salam kicau mania….

  61. Salam kenal Om Duto……
    saya punya kenari F1 yg biasa saya pakai lomba & suaranya lumayanlah.
    saat ini pingin sy ambil keturunanya….
    Dimana saya bs beli indukanx..
    terus ciri-ciri fisik indukan yg bagus itu gimana….
    Atau dr Om Duto ada jual indukan jg….

  62. om kicau kalou bisa lebih mempermudah kami dalam mendapatkan produk om pendistribusianya d perbayak di semua wilayah terutama daerah jawa barat, bandung khususnya..
    trimakasih untuk kerja samanya

    • Maaf Om, untuk pembelian lewat transfer/kirim uang dan barang kita kirim. Jadi bisa ke seuluruh wilayah Indonesia selama ada jaringan jasa penitipan barang/kantor pos di tempat itu. Terima kasih.

  63. saya mau meminta alamat budi daya burung knari yang bertempat di kota bandung yang di tayangkan di jendela usaha tv one pada hari selasa tgl 21 desember 2010 dan no telpon nya bia dikirim kan ke no telpon aku 081912811425. terima kasih,di tunggu.

  64. salam soneta kxi,,,xi,,,, saya mu coba nernak kenari jenis tempat kandang gelap ga ada sinar matahari cuma d’bantu lampu apakah baik untuk perjodohan dn terimakasih ,,,,,,,,,,,,,saaaalan terrrrrrlaaaaaaluuu

  65. salam kenal om, saya punya kenari jantan 1 ekor,betina nya 3 ekor. sama betina yg satu alhamdulilah udah sampai beranak,tp utk ngejodoin dg yg 2 ekornya lg kok saya perhatiin malah brantem terus,pdhl si jantan bener2 gacor,apa yg mesti saya lakukan?sampe skrg saya blm ngerti ciri2 yg pasti betina sudah siap kawin.
    trims

    • mudah2an bermamfaat, saya coba jawab sepengatahuan & sepengalaman saya :
      1. sepengalaman saya ciri2 kenari betina yang siap kawin adalah yang sudah merah duburnya, setiap mendengar kenari jantan si betina salah tingkah tidak mau diam sambil cuat cuit selain itu betina suka matukin bahan untuk sarang (sabut kelapa, dll)
      2. seandainya kenari jantan & betina ketika mau d kawinkan jgn langsung d satukan satu kandang tp coba dekatkan kandang jantan & betina selama beberapa hari supaya mereka saling mengenal…. soalnya kita jg andai mengenal CW sekali masa mau langsung nembak I LOVE YOU ta mungkin kan…???? he..he..he…
      3. mudah2n jawaban saya membantu itu jg sepengalaman saya, soalnya saya jg lagi belajar ternak tp alhamdulillah berkat OM DUTO yang sangat baik mau membantu saya dg ilmunya maka itu saya bagi ilmu yang saya dapat pada yang membutuhkan.
      4. saya tak bisa menjelaskan secara merinci maaf andai masih penasaran ini telpun saya 0812 14 250 700 / FB/e-mail : wieharjo@yahoo.com
      MUDAH-MUDAHAN dapat membantu….

  66. slm knal sblumnya om!maaf saya kn blm th bnyk tntng kenari!tp sy suka dengan kenari stlh sering maen kpasr hewan beberapa minggu ini!yang ingin sy tnyakan gmn cranya bedain jantan&betina!wong saya beli ktnya jntan tp kok smp skrng tdk bunyi2!mksh.

  67. Malam Om….
    1. saya mau tanya, bagaimana cara membedakan anakan kenari (jantan/betina) ketika umur anakan baru 1 minggu….
    2. apa vent (kelamin) sudah kelihatan pada umur anak kenari 1 minggu
    terima kasih atas jawabannya….

  68. om duto yang baik….
    saya mau tanya bagaimana cara mendapatkan anakan LB dari ternaknya om DWI JOGJA,…..???
    soalnya saya suka & klo bisa mau saya ternakan…..
    makasih atas jawabannya.

  69. om saya merupakan penghobi burung yang masih baru, salam kenal sebelumnya nama saya rudi, saya mau tanya bagaimana cara mengetahui burung jantan atau betina? mohon bimbinganya. jawabanya kirim saja lewat sms, ini no saya 085257024871. saya tunggu infonya ya dan terima kasih atas perhatianya.

    • keterangannya blom lengkap om RUDI yang mau d tanya tentang burung apa soalnya stiap burung punya ciri tersendiri contoh KENARI yang jantan ma betina perbedaan yang paling menonjol dari Dubur, atau gelatik dari warna bulu d dadanya….

  70. Salam kenal Om,
    Maaf saya mau nimbrung…, saya lg belajar ternak kenari dan sudah bbrp kali bertelur
    tapi blm pernah netes, kenapa ya om ? mohon pencerahannya..

    • saya coba jawab mudah2an bermanfaat tp maaf saya jg lagi belajar ternak kenari….tp coba aja mudah2n kepakai :
      1. mungkin di antara kenari (jantan/betina) ada yang tidak sehat alat produksinya, bisa jg mandul….
      2. coba pakai prodak dari OM DUTO (BIRD MATURE, soalnya banyak yang sukses menggunakan produck itu OM,
      3. saya sendiri mncoba pakai tolor puyuh 3x seminggu,jemur -+1/2jam/hari

  71. Adakah bahan Alam yang bisa buat kenari cepat birahi om duto….? seperti contoh MB yg bs kita naikkan birahinya dgn memberi jangkrik kl untuk kenari gimana Om duto…?

  72. Salam kenal ya gan…mksh dah di kasih tahu cara memelihara kenari…saya mau tanya…saya punya kenari jantan dan betina dan sudah kawin tetapi kenapa si betina kok belum juga bertelur??

  73. salam kenal,
    om saya punya pertanyaan mengenai kenari,kenari saya tipe holland mungil masih muda,setiap di jemur bunyi terus(1 menit tdk berhenti) dan setiap di hadapkan dengan kenari betina bihari kenari saya itu, terus saya mesti bagaimana om apa sudah boleh di kawinkan? sebelumnya terima kasih atas sarannya

  74. salam kenal….
    om bisa minta nomor HP nya…. soalnya saya lagi belajar ternak kenari sementara saya jarang maen internet
    ini nomor HP saya 0812 14 250 700
    tolong SMS kan nomor om duto

  75. Om..om…nanya lg dong,,boleh ya??
    koq knari saya bkin sarangnya ditempat makanan ya?saya buatin sarang dianya gak mau,,truz klu sarang yg dtempat makanannya saya kluarin,,eh dianya malah ga mau bkin sarang,,,gimana ya mensiasatinya??
    –makasi oM–

    • coba dg cara :
      1. ganti tempat pakan burung dg yang lebih kecil,
      2. taruh tempat pakan d tempat yg lebih rendah dari sarang
      3. sarang coba di beri sedikit bahan buat sarang (serat goni/sabut kelapa)
      4. kalau masih coba kasih pakan burung dg d tabur (tidak d tempat pakan yg semestinya) untuk sementara, andai kenari sudah bikin sarang d tempat yang d harapkan kasih makanan d tempat pakan yang semestinya

  76. Om Duto..periode kmrn saya sdh mempraktekkan seperti dlm artikel diatas, tp hasilnya dari 72 telur cm menetas 14, yg saya tanyakan.. apakah sistem kawin cabut pembuahan bisa maksimal?? dan apakah penyebab dr byknya telur yg tdk menetas tsrbt?? padahal yg peride sblmya dengan sistem ambil pejantan pd waktu betina sdh telur 2-3 byk yg menetas. mohon pencerahannya??

    • sama om saya juga nyoba sistem kawin cabut seperti saran yang di atas tp kenapa banyak telor yang kosong, padahal biasanya dulu sistem ambil PEJANTAN waktu betina sudah bertelor 1-2 banyak yang netes, kenapa ya OM….
      mohon penjelasannya dari OM DUTO….
      sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih banyak om duto…..

  77. kayaknya kenari saya perlu bird mature Om.. udah dicoba berbagai cara tetep belum mau kawin.
    yang jantan kalo di gantang diluar bunyi terus, tapi kalo didekatkan sama betina cuman diem, padahal yang betina udah mbunderi. gimana menurut Om Duto..
    nuwun.

  78. Salam Kenal Bang, saya dari Rembang. Saya sudah 2 Th ini memiliki burung Kenari,Sering Bertelur & juga Di Erami tapi kenapa kog ngga pernah berhasil (Menetas).

  79. ada cara lain om.kalo aku,karena ga punya pejantan lain.kalo ga cepet2 kawin,cukup bunyiin ringtone mp3 suara burung kenari.manjur juga kok :]

Komentar ditutup.