Menangkar anis merah

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Setelah menurunkan tulisan mengenai bentuk kandang penangkaran, saya di-SMS teman yang katanya berniat menangkar anis merah. Dia tanya mengenai bagaimana memulainya. Berkaitan dengan SMS tersebut saya “megambil” tanya jawab yang pernah ada dalam psotingan terdahulu sebagai postingan baru yang saya harapkan bisa menjadi topik tersendiri mengenai penangkaran, khususnya AM.


Pertanyaan waktu itu adalah “mas, bagaimana nangkarim AM sih. Dari mulai pemilihan bibit, kandang, cara menjodohkan dll”.

Jawaban saya adalah sebagai berikut:
Terus terang saya belum berpengalama menangkar AM. Hanya saja, secara garus besarnya bisa saya sampaikan seperti ini:
1. Pemilihan induk: Cari saja AM pejantan yang punya volume tebal/keras, kaki hitam (mental biasanya lebih bagus ketimbang yang kaki putih meski pastilah hal itu tidak mutlak), cukup umur (sekitar 3 tahun); tidak cacat. Untuk betina, cari yang kaki pendek hitam, body bulat (jangan yang kecil); beli yang sudah/sedang birahi yakni ngecir-ngecir kalau ketemu AM jantan.
2. Untuk kandang, ukuran PxLxT minimal 90×90×180 cm. Buatkan kotak untuk sarang yang didekatnya dikasih pintu yang memudahkan kita mengontrolnya; wadah pakan yang dibuat sedemikian rupa sehingga tidak bisa dirambah semut; tenggeran yang cukup; ventilasi udara yang cukup; syukur-syukur dapat matahari pagi; wadah air yang besar; beri dalamnya kuali untuk kita “memelihara cacing” sekaligus pakan AM.
3. Penjodohan, prinsipnya dekatkan terus AM yang akan kita jodohkan. Setelah sekitar sepekan, coba dimandikan bareng di karamba. Kalau masih tarung, berarti belum punya bakat berjodoh. Kalau sudah tidak tarung, coba jadikan dalam satu sangkar besar. Kalau sudah tidak tarung, bisa pindahkan ke kandang penangkaran.

Nah, teman-teman yang berniat menangkar, kalau ada hal-hal yang akan ditanyakan, mangga di-share di sini. Kita diskusikan bareng.

Tips dan info lain:

1. Jika burung jantan untuk penangkaran tidak juga gacor merayu betina meski secara umum terlihat sehat atau burung betina tidak juga matang kelamin meski sudah berusia di atas 7 bulan; atau telor-telor burung tidak isi dan karenanya tidak bisa menetas, kita perlu memastikan bahwa si jantan bisa memproduksi sperma yang “berisi” dan kesehatan reproduksi betina benar-benar maksimal. Kalau kita ragu bagaimana caranya, pastikan saja kita menggunakan Bird Mature (klik saja).

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Selama kondisi alat-alat reproduksi dalam keadaan normal, Bird Mature sudah terbukti meningkatkan kesempurnaan proses reproduksi burung-burung penangkaran. Tidak hanya kenari, tetapi semua jenis burung.

2. Jika burung-burung anakan dari penangkaran kita gampang mati, atau kakinya sering pengkor, lembek, karena daya tahan tubuh secara umum lemah, kita perlu memastikan bahwa indukannya mengonsumsi Bird Mineral (klik saja).

Bird Mineral tidak hanya bagus untuk anakan tetapi juga indukan karena Bird Mineral menjadikan bulu kuat, mulus, berkilau sehabis molting atau ngurak alias mabung; burung tidak terkena rachitis (tulang-tulang lembek, bengkok dan abnormal); bebas paralysa (lumpuh); bebas perosis (tumit bengkak); menjadikan anak burung menetas sehat; burung tidak mengalami urat keting (tendo); burung tidak terlepas sendinya, tidak tercerai (luxatio); paruh tidak meleset, tidak kekurangan darah sehingga pucat dan lemah; burung di penangkaran bisa segera bertelur, telur berisi, produktivitas tinggi, daya tetas tinggi; kematian embrio rendah.

3. Jika Anda masih bingung juga bagaimana cara menangkar burung yang baik, bergabung saja dengan Om Kicau Hotline yang memberi layanan premium konsultasi perawatan dan penangkaran burung. Bagaimana?

Salam sehat burung Indonesia…. Om Kicau.

LIST TULISAN PENANGKARAN:

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

Ada 34 Komentar/Pertanyaan Baru

  1. Sore Om, kebetulan saya lokasi di Gresik, bisa minta nomor HP nya om didiks Gresik yang menangkar MB ? kalau boleh tahu lokasinya di Gresik mana ? Klo bisa tlg sms aja langsung ke saya di 081.231.653.653.
    Terima kasih om.

  2. gimana klw. di dalam kandand dibuatkan sungai kecil yang airnya mengalir dengan bantuan pompa aquarium, jadi membuat suasana kandang lebih alami dan adem. piye kie mas

  3. Om…Beli indukan AM yang bagus dmna y? kasih alamtnya dunk?
    Sering kali kita maen di Jakarta, Semarang, Jogja, Solo dan Bali….alamat didaerah tersebut yg bagus untuk beli indukan? terima kasih om

  4. om duto,,,,
    aku kepengen beli anis merah trotolan yang hasil ternakan yang ada ring nya, posisi saya di bandung, dimana yah om?
    thanks before om,,,

    • Om conte
      Untuk jantannya dipisah, biasanya hanya untuk kenari Om, karena pejantannya bisa dikawinkan dengan betina lain. Kalau untuk burung kicauan lain enggak, tetap jadi satu.

  5. Ooo gt y om duto soalnya di PB ne banyak cendet yg masih trotol y jd sy ngiranya hasil bredin om
    blm lg yg dibesarin ma pemiliknya sendiri gt
    oke om duto

  6. owh gt y om duto
    om duto pa da caranya y buat mbedain brung muda hutan ma hasil breeding di pb burung ne. . .contoh : soalnya bnyak di pasar burung da bnyk cendet, pa bedain yg muda hutan kita harus msukin tagang dl ke kandangnya, klo cendetnya diem+mendekat berati hasil breeding y om, klo giras+’grabayakan’ berarti hasil nagkap dari alam, gt y om duto???klo buat cendet bagusan yg muda htan ato qta plehara dari piyik???sy denger pz liat2 d pb burung da or blg burung tangkapan gn susah bunyi mendingan burung yg hasil breeding
    oiy maksud om duto MB anakan berkualitas adalah dari kualitas indukannya y om
    Tq

    Jawab:
    Kalau cendet jarang yang hasil breeding Om.. tangkapan hutan semua…
    Untuk burung hasil breeding, umumnya juga cari di penangkaran saja kecuali yang produknya sudah massal seperti jalak suren lokal jawa… Jalak suren jawa di pasar burung memang nggak ada yang hasil hutan malah. Kalau yang tangkapan hutan ya jalak suren sumatera atau asal Malaysia…

  7. walh mzt nabung dl neh buat dapetin MB gn
    om mksdnya berkualitas gmn yah ni???pa umur muda trus da bs bunyi gt???
    klo aq liat di pasar burug selisih harga nya jauh ya om duto. . .
    maaf om trus bedain burung muda hutan sm burung hasil breeding di pasar burung gmn yah
    maap om bnyk tanya baru neh soal kicauan yang prospek
    TQ

    Jawab:
    Ya memang begitulah. Untuk membedakan burung hasil breeding sama muda hutan yang diujual di pasar ya dari perilakunya. Untuk muda hutan meski trotol akan terlihat gesit dan ogah2an disuap. Kalau hasil breeding, akan terlihat selalu membuka-buka paruh mina disuapi jika ada yang mendekat.

  8. denger2 Om Duto juga punya pengkaran MB di gresik y om ato berpartner gt yah sm om didiks??tepatnya daerah mana??pengen liat MB ring neh. . .
    klo pengen MB ring anakan ato piyik tentunya yg bkualitas biasa dibanderol brp y om???
    thanks

    Jawab:
    ENGGAAKKKK!!! Itu mah penangkarannya Om Didiks sendiri. Walah-walah… bisa-bisa Om Didiks marah deh dengar isu ini…
    Untuk anakan MB berkualitas dimulai harga 1 juta Om. Kalau biasa saja ya sekitar 600-700rb…

  9. hallo om duto,wah malah jadi pingin ternak nih,denger2 daerah klaten ada yg ternak,cuman ga tau alamate,he…he…he..om duto tau ndak alamat ternak AM yg deket2 sini,rencana mo sharing dulu nih,siapa tau trus jadi peternak AM,minta alamat yg deket sini aja om,jangan ke bali ha..ha..ha

    • Pertanyaan Om Abi Dama:
      hallo om duto,wah malah jadi pingin ternak nih,denger2 daerah klaten ada yg ternak,cuman ga tau alamate,he…he…he..om duto tau ndak alamat ternak AM yg deket2 sini,rencana mo sharing dulu nih,siapa tau trus jadi peternak AM,minta alamat yg deket sini aja om,jangan ke bali ha..ha..ha

      Jawab:
      Untuk AM di Klaten saya belum pernah dengar Om. Bisa dicoba saja. Masalah kandang, penjodohan dsb, suidah saya tulis kan. Nah dimulai saja, kalau ada kesulitan kita bahas bareng2.

  10. cara mudah membedakan jatan atau betina pada anis,dapat dikenali lewat apa saja mohon penjelasannya,terima kasih

    Jawab:
    Pertanyaan saya pindah dan sudah saya jawab di halaman Curhat, <a href="https://omkicau.com” target=”_blank”>omkicau.com. Trims.

  11. mohon info alamt dan no hp om didiks from gersik,mau nayan2 tentang AM kali aja punya anakan AM ring.trims loh om atas jawabanya .

    Jawab:
    Om Didiks nggak nangkar AM Om.

  12. mohon info nya penangkar AM alamat/hp/no tlp ,saya ingin sekali memelihara AM ring,kayanya lagi booming tuh.trims loh om .

    Jawab:
    Untuk mendapatkan anakan AM penangkaran (alam) Bali, bisa kontak Om Budi Manuk di 085725175333.

  13. mas saya pemula senang pada burung kicauan. mau tanya donk mas kalo di sukabumi sudah ada yang berhasil menangkarkan AM belum? dan berapa harga yang wajar untuk anak anis merah yang masih trotolan? AM yang bagus itu dari daerah mana sih mas? em… kalo pengen dapet AM kualitas yang baik atau cukup baik dan pasti jantan dengan harga yang agak miring dimana ya mas?
    thks

    JawaB;
    Saya kurang tagu persis Om.
    Harga anak trotolan tergantung kualitas katuranggan dan juga jantan-betinanya Om. Yang ada jaminan jantan biasanya harga sudah mahal. Jadi soal harga benar2 tergantung kondisi burung saat itu.

  14. saya termasuk pemula..dlm hal AM, saya mau tanya Om..kalo AM yang betina cirinya bgm ? katanya ngicir2 terus kalo birahi…..tapi saya punya yang AM yang sudah kicaunya..keras padat…dan sudah gacor….tp pernah sekali saya liat burung AM saya itu ngicir..tp sebentar… ngomong2 saya jg punya AM yang ngicir terus..tp gak bunyi2. jd mana yang jantan dan mana yg betina Om. maaf agak bertele-tele pertanyaan saya…terimakasih sebelumnya.

    Jawab
    Seperti saya sampaikan berkali2 Om, bahwa ngecir bukan pertanda AM jantan ataupun betina. Jantan betina sama2 ngecir, cuma kalau jantan biasanya ngecri kalau kondisi pas tidak fit.
    Tentang jantan dan betina, coba disimak tulisan yang ini Om.

  15. saya ingin sekali membeli AM kwlitas bagus hasil tangkaran di daerah kajarta mungkin o m dapat membantu saya ,trimakasih om.

    Jawab:
    Saya usahakan, Sabar saja Om.

  16. Ini sekedar untuk tambahan saja om Duto. untuk umur tidak mutlak harus tua soale teman saya ada yang sukses menangkarkan punglor merah justru pada saat usianya masih belia. kuncinya punglor trotolan dipilih yang jantan dan betina tetapi bukan yang satu susuh (satu eraman) ini untuk menghindari incess. kemudian mulai dijadikan satu sangkar. klo yang jantan matuk2 yg betina bisa kemudian dipisah tetapi harus intens didekatkan. tidak sampai 2 tahun punglor merah teman saya sudah bertelur dan netas. tetapi sayang saat dipisah induknya yg jantan diterkam kucing waktu dijemur. saya pikir klo penjodohannya pada saat sudah umur ada bagusnya juga karena sudah cukup umur indukannya, tetapi alangkah sulitnya dijodohkan. yang saya tau punglor jenis burung teritori yang akan selalu mengusir burung sejenis yang masuk daerah teritorinya. maaf klo argumen saya ini salah karena saya masih awam dan masih terus belajar melihara burung dari para pakarnya.matur suwun.

    Jawab:
    Terima kasih atas masukannya.
    Memang muda itu relatif ya. Asal sudah birahi mungkin tetap bisa untuk AM. Soalnya, MB betina punya Om Didiks Gresik, usia 9 bulan malah sudah dijodohkan dan beranak. Bagus-bagus malah.
    Salam.

  17. MAS SAYA INGIN MENCOBA TERNAK BURUNG OCEHAN TAPI SAYA GA TAU GIMANA CARA-CARA YANG BENAR TOLONG DONG BANTU SAYA KASIH TAU CARA CARANYA.

    Jawab:
    Step by step aja Om. Persiapkan tempatnya dulu. Kalau sudah siap, cari indukan (tergantung mau ternak apa).,.untuk langkah berikut, kita bisa terus sharing Om…

Komentar ditutup.